iklan

Komponen, Faktor, Serta Teladan Analisis Swot Dan Penjelasannya

 Setiap perusahaan tentu saja memakai analisis SWOT Komponen, Faktor, serta Contoh Analisis SWOT dan Penjelasannya

Analisis SWOT [komponen, faktor, serta contoh] | Setiap perusahaan tentu saja memakai analisis SWOT. Apakah anda tahu istilah analisis SWOT dalam perusahaan? SWOT yaitu abreviasi dari kata Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.

Tahukah kamu?
Jadi analisis SWOT yaitu suatu teknik yang digunakan dalam proses perencanaan suatu taktik yang akan digunakan dalam menganalisis dan mengoreksi segala kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities) serta bahaya (threats) yang ada dalam perusahaan tersebut secara detail dan tereperinci dimana tujuan ini semoga perusahaan sanggup berkembang maju. 

Komponen Analisis SWOT

Berikut ini merupkan komponen-komponen dasar yang terdapat dalam analisis SWOT yakni:

1. Strength (S) atau Kekuatan

Strength merupakan komponen yang menjadi suatu bentuk karakteristik atas suatu perusahaan atau organisasi dimana bisa menawarkan keuntungan.

2. Weakness (W) atau kelemahan

weakness yaitu komponen yang menjadi ciri suatu kelemahan yang terdapat di suatu perusahaan atau organisasi dibandingkan dengan yang lain.

3. Opportunities (O) atau peluang

Opportunities yaitu macam-macam peluang yang sanggup dimanfaatkan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk sanggup berkembang di masa depan.

4. Threats (T) atu ancaman

Threats yaitu komponen yang berbentuk bahaya dimana kemungkinan besar akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang jadinya sanggup menghambat laju perkembangan suatu perusahaan atau organisasi tersebut.

Baca juga:

  1. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  2. 10 Usaha Yang Paling Laris Di Kampung/Desa
  3. Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Dalam melaksanakan analisis SWOT perlu menciptakan beberapa pertanyaan dan tanggapan terlebih dahulu dimana harus sesuai dengan kondisi perusahaan. Berikut ini merupakan pola pertanyaannya yaitu:

 

Strength (S) atau Kekuatan Weakness (W) atau Kelemahan
Kelebihan apa yang terdapat dalam perusahaan ini? Apa saja yang perlu ditingkatkan dalam perusahaan ini?
Apa sajakah hal-hal yang bisa menciptakan perusahaan ini menjadi lebih baik dibandingkan perusahaan lain? Apa sajakah hal-hal yang perlu dihindari oleh perusahaan ini?
Apa sajakah kelebihan yang telah dirasakan oleh konsumen dari perusahaan ini? Apa sajakah kelemahan yang dirasakan oleh konsumen di perusahaan ini?
Apa sajakah faktor yang menjadi pendorong atas meningkatnya penjualan pada perusahaan ini? Apa sajakah faktor yang menjadi penyebab atas turunnya tingkat penjualan pada perusahaan ini?
Apa yang menjadi ciri khas dan keunikan pada perusahaan ini? Hal apa sajakah yang telah dilakukan oleh perusahaan lain sehingga perusahaan tersebit menjadi lebih baik dibandingkan dengan perusahaan ini?
Opportunities (O) atau Peluang Threats (T) atau Ancaman
Peluang apa saja yang terdapat dalam perusahaan ini? Apa sajakah hal yang menjadi penghambat di perusahaan?
Apa saja demam isu yang sedang berlangsung dikala ini dan sanggup dijadikan acuan di perusahaan ini? Apa sajakah hal dan progress yang dilakukan oleh perusahaan lain?
Apa yang menjadi sebuah bahaya dalam perkembangan prusahaan ini?

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Dalam penyusunan taktik memakai analisis SWOT ini tentu saja terdapat faktor yang sanggup menghipnotis komponen analisis SWOT. Berikut ini faktor-faktor tersebut:

1. Faktor Internal (Strength dan Weakness)

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan dimana terdiri dari dua komponen yaitu kekuatan dan kelemahan. Kedua komponen tersebut berdampak pada lebih baiknya sebuah penelitian apabila kekuatan yang dimiliki lebih besar dari pada kelemahannya.

Maka dari itu apabilakekuatan internal erusahaan ini menjadi maksimum terang akan bisa menawarkan hasil penelitian yang jauh lebih baik. Berikut ini merupakan faktor internal perusahaan yang menghipnotis analisis SWOT yaitu:

  1. Sumber daya yang dimiliki
  2. Keuangan atau finansial yang dimiliki perusahaan
  3. Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
  4. Pengalaman-pengalaman yang pernah dialami perusahaan sebelumnya baik yang berhasil maupun yang gagal.

2. Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)

Dalam faktor eksternal ini apa yang diteliti tidak secara pribadi terlibat, faktor eksternal ini terbagi dalam 2 komponen yaitu bahaya dan peluang. Adanya kedua komponen tersebut maka akan sanggup menawarkan data yang perlu dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga akan menghasilkan taktik untuk menghadapinya. Berikut ini merupakan faktor eksternal yang menghipnotis analisis SWOT yaitu:

  1. Trend
  2. Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
  3. Sumber-sumber permodalan
  4. Peraturan pemerintah
  5. Perkembangan teknologi
  6. Peristiwa-peristiwa yang terjadi
  7. Lingkungan

Contoh Analisis SWOT

Berikut ini merupakan pola dari analisis SWOT yaitu:

Strength (S) atau Kekuatan

Weakness (W) atau Kelemahan

Reputasi yang dimiliki perusahaan ini sanggup disebut baik. Kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki karyawan perusahaan ini sanggup dikatakan rendah.
Perusahaan ini termasuk perusahaan yang sangat fleksibel dalam menghadapi kasus dan ajakan dari konsumen. Perusahaan ini mempunyai modal yang terbatas.
Biaya overhead yang dimiliki perusahaan ini tergolong rendah, jadi harga yang ditawarkan tentunya lebih murah dibandingkan yang lain. Arus kas perusahaan ini berjalan tidak lancar.
Dalam hal menawarkan respon atas ajakan pelanggan perusahaan ini tergolong cepat dan tidak melalu proses birokrasi yang panjang. Lokasi perusahaan ini termasuk kategori kurang strategis.

Opportunities (O) atau Peluang

Threats (T) atau Ancaman

Perusahaan ini mempunyai santunan dari pemerintah. Dalam pembiayaan industri perusahaan ini cenderung kurang mempunyai minat dalam perbankan.
Sektor atau bidang yang dijalani dalama perusahaan ini mengalami peningkatan. Sering terjadinya perubahaan srategi dari pesaing sehingga sanggup menjadi suatu bahaya terhadap posisi perusahaan ini di pasar.
Perkembangan teknologi yang terlalu cepat sehingga berdampak pada keterlambatan perusahaan ini dalam mengadopsinya.

Demikianlah klarifikasi mengenai Analisis SWOT [Komponen, Faktor, serta Contoh]. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Pengertian, Ciri-ciri dan Tujuan Konsumsi + Contoh
  2. Teori Perilaku Produsen [Pengertian, Tujuan dan Analisis]
  3.  [Contoh-Contoh] Kegiatan Produksi, Konsumsi dan Distribusi
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  5. [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komponen, Faktor, Serta Teladan Analisis Swot Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel