iklan

✔ Kiprah Operator Produksi Pt Showa Indonesia Dan Bagianya

PT Showa Indonesia Manufacturing yang terletak di cikarang jawa barat merupakan sebuah perusahaan atau pabrik yang mempunyai ribuan operator produksi dengan kepingan atau jenis pekerjaan yang berbeda serta kiprah atau jobdesk yang beda pula.Jadi setiap karyawan mengendalikan mesin sendiri-sendiri dengan fungsi yang tidak sama.

Tugas operator produksi di PT showa indonesia manufacturing berbeda-beda sesuai dengan kepingan atau line masing-masing.Saya akan menjelaskanya untuk anda biar bila anda ingin melamar pekerjaan di pabrik sowa nanti,paling tidak anda sudah mengerti sedikit wacana ibarat apa tanggung jawab anda nanti.


Operator Produksi PT Showa Indonesia Manufacturing




PT Showa Indonesia Manufacturing yang terletak di cikarang jawa barat merupakan sebuah per ✔ Tugas Operator Produksi PT Showa Indonesia dan Bagianya



Showa Indonesia yaitu sebuah perusahaan atau pabrik yang memproduksi shockbreaker/sokbeker sepeda motor khusus brand honda.Selain brand tersebut,PT ini tidak membuatnya sebab memang mereka masih satu keluarga dengan ASTRA HONDA GROUP.

Lowongan kerja menjadi operator di PT Showa indonesia manufacturing sanggup dikatakan sebagai loker yang paling banyak dibuka.Pasalnya,di pabrik ini memang mempunyai ribuan karyawan yang hampir setengahnya yaitu opertor.

Jika anda ingin melamar pekerjaan disana,ada beberapa kepingan ( khususnya untuk opertornya ) yang perlu anda ketahui.Saya akan menjelasknya untuk anda :


1. Die Casting atau Peleburan


Bagian yang pertama dalah kepingan die casting atau lebih dikenal dengan sebutan " peleburan ".Di line ini,mereka yang menjadi karyawanya bertugas untuk melaksanakan proses peleburan besi/bahan mentah menjadi bentuk cair ( besi yang meleleh ).

Setelah menjadi lelehan,kemudian dicetak atau dituangkan kedalam wadah cetakan khusus biar berbentuk sockbreaker.Bentuknya bantu-membantu sudah berupa sokbeker,tetapi masih garang dan belum mempunyai lubang-lubang yang sempurna.

Jika anda akan ditempatkan di line ini,kondisi di line ini sedikit kurang erat sebab :
  • Suhu di line ini sangat panas
Tetapi anda tidak perlu khawatir sebab safety atau keselamatan di perusahaan ini menjadi hal utama.Anda akan diberikan " seragam khusus " yang berbeda dengan seragam line lainya,selain itu sepatunya juga khusus.

Jadi,dengan seragam khusus itu,anda tidak perlu merasa takut lagi sebab keselamatan anda menjadi priorotas yang sangat diperhatikan.


2. Machining


Setelah proses diatas,bahan pembuatan yang setengah jadi akan diteruskan ke line yang berjulukan " machining ".Didalam line ini terdapat kurang lebih 3 orang dengan memegang mesin yang berbeda-beda.Nama mesinya itu kalau tidak salah BTA kemudian Drilling dan lainya saya lupa.

Tiap-tiap mesin mempunyai fungsi yang berbeda juga,dimana mesin pertama gunanya untuk melubangi lubang besar,mesin kedua menghaluskan lubang besar,mesin ketiga melubangi lubang kecil dan terahir yaitu untuk menghaluskan semua lubangnya.

Kaprikornus di line ini terdapat beberapa man power atau karyawan yang tugasnya itu untuk menunjukkan lubang di komponen sokbekernya.Jika anda teliti sokbeker anda,lubang yang terdapat disana dibentuk di line ini.


3. Deburing/Penghalusan Menyeluruh


Setelah komponen mempunyai semua lubang,kemudian dilanjutkan ke line penghalusan menyeluruh ini.Line ini mempunyai fungsi untuk " penghalusan total " mulai dari kepingan atas ataupun samping sebab bila dipegang dengan tangan kosong,masih ada bekas peleburan yang sanggup melukai tangan.

Di line ini sanggup dikatakan sedikit " berdebu " dan debunya itu sangat gatal kalau terkena kulit ( bila tidak percaya,silahkan tanyakan ke karaywan disana ).Tetapi anda yang mungkin akan dtempatkan disini,biasanya akan diberikan sepasang " manset " atau pengganti lengan panjang.

Itu diberikan sebab seragam line ini memakai lengan pendek,jadi untuk mencegah abu yang gatal itu terkena kulit,biasanya mereka memakai manset.Selain itu,mereka juga diharuskan memakai " semacam clemek khusus " untuk melindungi badan mereka terkena debunya.

Selain itu,masker juga diberikan dengan kodel yang khusus biar pernafasan anda terlindungi.Keluhan yang paling sering terjadi di line ini yaitu kulit mereka menjadi kemerahan dan gatal yang sangat mengganggu.


4. Painting/Pengecatan


Sebenarnya,sebelum hingga ke tahapan painting,komponen akan di basuh dengan cairan khusus untuk membuang sisa-sisa kotoran yang menempel.Setelah di basuh bersih,masih harus melalui tahapan pengecekan visual oleh pihak QC.

Setelah komponen dinytakan OK ( higienis dan halus ) serta ukuranya sesuai SOP,barulah komponen diteruskan ke tahapan painting atau pengecatan.Line ini mempunyai kiprah untuk menunjukkan warna ke komonen sokbeker yang akan dirakit.

Warnanya majemuk tidak hanya silver.Silver itu warna umum untuk sepeda motor sehari-hari yang sering anda lihat.Tetapi untuk sepeda motor sport atau model tertentu,warnanya tidak silver,bisa hitam atau yang lainya.

Proses pengecatanya memakai mesin,jadi tidak menual ibarat tukang cat yang biasanya.Anda hanya bertugas untuk mengatur mesinya saja dan sedikit menahan " amis " yang sedikit menusuk hidung.


5. Assembling/Perakitan


Sebelum masuk line ini bantu-membantu masih ada beberapa tahapan lainya ibarat pengecekan visual terhadap hasil pengecata dan lain sebagainya,saya persingkat saja.Setelah komponen masuk line ini,mereka yang bertugas didalamnya akan melaksanakan proses perakitan.

Line asembling ini sanggup dikatakan line yang sedikit " lezat " sebab cuek ber AC.Suasana yang cuek ibarat ini BUKAN untuk memanjakan karyawanya yaa,malinkan untuk menjaga suhu biar tetap sejuk dan mencegah komponen menjadi rusak.

Mungkin bila anda sudah sering bekerja di banyak sekali perusahaan,bagian assembling ini kebanyakan memang memakai AC untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk ( walaupun tidak semua perusahaan ibarat itu ).


Proses kerja di assembling itu bagaimana dan ibarat apa?

Anda jangan dulu menilai kalau line ini sangat nayaman yaa.Walaupun ruanganya dingin,tetapi proses kerjanya sanggup dikatakan ibarat " kerja rodi ",kenapa?

Karena didalam tahapan ini,proses peraitanya memakai " conviyer/meja berjalan ".Tahukah anda apa kepingan paling menyulitkan untuk proses yang memakai convyer ibarat ini? :
  • Jika anda ingin ke kamar mandi,HARUS menunggu anda yang mengantikanya ( sebab meja berjalanya TIDAK BOLEH tidak boleh sesuka hati selain instirahat dan keadaan mendesak )
  • Tidak ada kata " istirahat sebentar/pelan sedikit dan sebagainya " alias pokoknya libas saja,anda capek anda keteteran masa bodo
  • Banyak karyawan di line ini yang terkena sakit typus,kenapa? Karena suhunya cuek jadi mereka tidak merasa haus,sedangkan badan bantu-membantu sudah sangat butuh cairan.
Biasanya,leader akan menginstruksikan untuk " banyak minum air putih " kepada karyawan gres yang masuk ke line ini.Dan mungkin nanti anda tidak akan merasa haus ketika didalam ruanganya,tetapi saya sarankan untuk meminum banyak air putih.


6. Ware House/PPIC/Gudang


Yang terahir akan saya bahas yaitu kepingan warehouse.Mereka yang berada di line ini mempunyai kiprah untuk melaksanakan pendataan produk yang masuk ( sebagai materi baku ) dan produk yang eluar ( sebagai hasil yang akan dipasarkan ).

Terlihat sepele memang,tapi kerjaanya menuntut untuk mengemban tanggung jawab yang besar.Bayangkan bila hingga salah dalam melaksanakan penulisan data,yang terkirim 1.000 unit tapi yang tertulis hanya 100 unit,maka perusahaan akan rugi 900 unit.

Selain itu,line ini juga bertugas untuk memantau hasil produksi tamat apakah sesuai dengan data dari masing-masing line atau tidak.Jadi antara data di line dengan produk yang jadi itu sanggup compare/sinkron/pas.

Sebenarnya masih banyak kepingan yang lain,tetapi mungkin akan saya jelaskan di artikel saya berikutnya.Mohon maaf bila ada yang salah,silahkan anda koreksi lewat form komentar dibawah.

BACA :




Demikian klarifikasi wacana kiprah dan kepingan operator produksi yang ada di PT showa indonesia manufactur.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kiprah Operator Produksi Pt Showa Indonesia Dan Bagianya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel