iklan

✔ Kiprah Karyawan Pt Kai ( Kereta Api Indonesia ) + Posisi/Jabatanya

Tugas karyawan PT KAI atau kereta api indonesia berbeda sesuai dengan jabatan atau posisi bab yang menjadi tanggung jawab mereka.Saya akan menjelaskan apa yang dilakukan atau dikerjakan oleh petugas lengkap dengan jobdesk yang mereka jalankan.

Jenis atau jabatan karyawan PT KAI dan kiprah yang harus dilakukan berbeda-beda sesuai dengan posisi mereka ditempatkan atau bekerja.Baik yang berada di dalam gerbong lokomotif ataupun yang berada di area luar ( tidak ikut naik kedalam kereta ).



Jabatan atau Posisi Pekerjaan di PT KAI ( Kereta Api Indonesia )




PT Kereta Api Indonesia Persero atau yang disingkat dengan " KAI " yaitu sebuah layanan jasa transportasi darat yang diberikan oleh pemerintah dengan meanfaatkan kereta sebagai alat transportasinya.Ini yaitu tubuh perjuangan milik negara ( BUMN ),jadi apapun yang terjadi didalamnya menjadi tanggung jawab penuh pemerintah.

Dikutip dari laman wikipedia,jasa angkutan masal kereta api ini mulai dibentuk pada sekitar tahun 60-an tepatnya pada tanggal 17 uni 1864 dengan diprakarsai oleh forum yang berjulukan NIS ( netherland indische spoorweg maatschappij ).

Pada masa itu,negara kita bisa dikatakan masih " terbawa " oleh budaya belanda,dimana hampir semua forum pemerintahan mempunyai nama yang bernuansa VOC itu.Tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa mereka sangat usang menjajah negeri ini.

Itu hanya untuk intermezo saja yaa.Untuk anda yang mungkin ingin melamar pekerjaan atau hanya ingin mengetahui ihwal kiprah dan posisi kerja yang ada di dalam perusahaan ini,saya akan sedikit mengatakan penjelasanya untuk anda.


Struktur Organisasi PT KAI 


Saya akan mulai klarifikasi dari bab ini.Perusahaan kereta api indonesia mempunyai sebuah struktur organisasi atau pengelompokan jabatan dari mulai yang tertinggi/paling tinggi hingga dengan yang " dibawahnya ".

Berikut yaitu baganya :


Tugas karyawan PT KAI atau kereta api indonesia berbeda sesuai dengan jabatan atau posisi  ✔ Tugas Karyawan PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) + Posisi/Jabatanya

Diatas yaitu denah untuk jabatan " selain " yang berada didalam gerbong kereta.Hanya untuk pengetahuan anda saja dan saya tidak akan menjelaskan jobdesk atau tanggung jawab yang mereka emban.

Saya hanya akan menjelaskan kiprah dan tanggung jawab dari karyawan yang berada di bawah jabatan diatas.Sedangkan posisi atau jabatan di PT KAI yang akan saya bahas yaitu :
  • Masinis
  • Asisten masinis
  • Kondektur
  • Pramugara
  • Pramugari
  • Kepala dipo
  • Teknisi
  • Pengawas peron

Diatas merupakan bab yang fungsi atau jobdesknya saya tau.Untuk bab lain saya tidak terlalu mengerti jadi saya tidak tuliskan :) kita mulai saja :


Tugas Masinis


Masinis itu kerjaanya apa? Mereka yaitu seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan armada kereta dengan mengikuti panduan atau aba-aba dari pusat.Jadi walaupun terkesan kerjaanya mudah,tetapi tanggung jawabnya sangat besar karna mereka yaitu ujung tombak keselamatan para penumpang.

Selain itu,seorang masnis juga dituntut HARUS bisa mengikuti instruksi dan mengerti SOP pengoperasian armada dengan baik.

Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa " waahh,massnis itu yummy kerjanya,tinggal GAS sama REM doang ".Itu salah besar! Ada beban tanggung jawab dan spesifikasi pekerjaan yang jauh lebih rumit dan tidak semudah itu.


Asisten Masinis


Sesuai dengan namanya,seorang tangan kanan bertugas untuk membantu seorang juru mudi kereta dalam mengoperasikan armadanya.Walaupun namanya " tangan kanan ",tetapi kemampuan dan pengetahuanya dituntut setara dengan seorang juru kemudi kereta.

Hal itu diberlakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,contohnya menyerupai : Jika ditegah perjalanan sang juru mudi sakit perut atau ada urusan lain,seorang asistenlah yang akan menggantikan jobdesknya.

Bayangkan jikalau seorang tangan kanan tidak mengerti apa yang harus dilakukan,kemudian tiba-tiba masnisnya pingsan ditengah jalan,bisa acak-acakan nanti.Jadi bisa dikaakan bahwa seorang tangan kanan yaitu " masinis ke2 " didalam sebuah gerbong kereta.


Kondektur


Kondektur kereta api itu apa sih? Tukang nagih uang? Kan sudah bayar karcis diawal? Mungkin ada sebagian anda yang bertanya menyerupai itu,akan saya jelaskan.

Kondektur yaitu seseorang yang bertugas untuk menilik tiket penumpang apakah sesuai dengan database atau tidak.Selain itu,jabatan ini juga mempunyai tanggung jawab untuk mengkoordinir pekerjaan/tugas dari karyawan lain yang ada didalam armada.

Jika tiket yang anda berikan tidak sesuai atau anda bermain curang ketika menjadi seorang penumpang,maka anda akan bertatap muka dengan seorang kondektur dan mereka tidak akan segan untuk menurunkan anda ditengah perjalanan.

Maksudnya diturunkan ditengah perjalanan bukan dilempar keluar jendela dikala keretanya berjalan yaa,melainkan anda akan diturunkan paksa ketika hingga pada titik pemberhentian terdekat.


Pramugara dan Pramugari


Tidak hanya dipesawat saja,sekarang di kereta api juga ada jabatan untuk posisi ini.Jika anda pernah naik kereta,kemudian ditengah perjalanan ada yang memperlihatkan masakan dan minuman ( bayar sendiri ya ) siapa mereka? itulah yang disebut dengan pramugara dan pramugari.

Tugas mereka yaitu untuk mengatakan pelayanan kepada seluruh penumpang,bukan hanya memperlihatkan masakan dan minuman,jika anda ada hambatan atau permasalahan ketiak didalam gerbong,anda bisa mengadukanya kepada mereka.

Anda juga bisa menanyakan banyak sekali hal yang berkaitan dengan perjalanan anda kepada mereka,tetapi tetap jaga kesopanan dan watak yaa.Bahkan jikalau anda tidak tau dimana kamar kecil,anda bisa minta tolong mereka untuk mengambarkan tempatnya,sangat luar biasa pelayanan yang mereka berikan.


Kepala Dipo


Kepala dipo mempunyai beberapa bab menyerupai : kepala dipo traksi ( kdt ),kepala dipo lokomotif ( kdl ),kepala dipo kereta ( kdk ) dan kepala dipo gerbong ( kdg ).Tetapi hampir semua bab tersebut mempunyai kiprah pekerjaan " yang hampir sama ",yaitu :

Mengatur atau mengorganisir serta melaksanakan perawatan armada semoga bisa layak jalan dan tidak membahayakan keselamatan penumpang dikala beroperasi nanti.

Mereka juga menyiapkan segala bentuk keperluan yang berkaitan dengan armada kereta yang berada di wilayah atau lingkup kerja yang ditentukan.Jadi seorang kepala dipo hanya melaksanakan jobdesknya sesuai dengan wilayah yang ditentukan saja,tidak satu kepala dipo bertanggung jawab untuk seluruh armada yang berada di indonesia.


Teknisi


Teknis kereta api ( TKA ) yaitu seseorang yang bertugas untuk melaksanakan peebaikan jikalau ada kerusakaan di armada kereta.Semua kemudahan yang ada di armada,jika rusak,maka merekalah yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

Seorang teknis kereta dituntut harus menguasai dan mengerti semua bab gerbong kereta.Jadi tidak absurd jikalau ada lowongan recruitment pekerjaan untuk posisi atau jabatan ini,biasanya diberikan untuk mereka yang mempunyai pengalaman atau mempnyai akta khusus ( walaupun tidak selalu ).

Dulu,posisi atau jabatan ini dibagi menjadi 2,yaitu : PLKA dan R.AC dmana tuganya juga dibagi-bagi.PLKA untuk bab rangka dan mesin,sedangkan R.AC untuk urusan genset dan seperangkatnya.

Tetapi kini sudah menjadi 1 dan disebut dengan TKA.Jangan sepelekan profesi ini,karena jikalau ini tidak ada dan AC dikereta mati,anda akan sedikit kerepotan alasannya yaitu sepanjang jalan anda akan kipas-kipas saja,hehe.


Pengawas Peron


Apa itu peron? peron yaitu batas pinggir antara kereta dengan jalur pejalan kaki di area kereta api.Bahasa gampangnya itu,jalur yang dipakai untuk pejalan kaki dipinggir rel kereta,ada kan batas disebelah pinggir rel biasanya dengan garis putus-putus berwarna kuning mencolok.

Peron sediri dibagi menjadi beberapa jenis,antara lain :
  • Peron tinggi
  • Peron rendah
  • Peron sedang
Sedangkan petugas pengawas peron bertugas untuk menjaga keselamatan para pejalan kaki dipinggir rel dan mengatur jalanya perjalanan kereta khususnya ketika akan berangkat dan gres hingga di titik pemberhentian.

Posisi atau jabatan ini hanya akan anda temui ketika berada dan masuk kedalam daerah stasiun,diluar stasiun tidak akan ada pengawas peron.

Tapi saya sering lihat ada yang " menyerupai peron " terbengkalai yang ada di pinggir ketika kereta berjalan,kok tidak ada petugasnya?

Walaupun itu bisa dikatakan " peron ",tapi itu kan TIDAK berada di daerah stasiun atau titik pemberhentian,selain itu biasanya disekitar itu akan ada peringatan tidak boleh melintas dan beraktivitas alasannya yaitu area berbahaya.

Mungkin itu bekas stasiun yang sudah tidak aktif atau mungkin bekas bangunan warga atau bangunan yang lainya.Jadi anda tidak perlu merisaukan problem ini,bukan tidak ada pengawasnya tetapi memang itu bukan bab dari tanggung jawab seorang petugas pengawasan peron.


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan untuk anda.Selain dari posisi yang saya jelaskan,tolong jangan anda tanyakan yaa,karena saya tidak terlalu mengerti untuk bab selain yang saya sebutkan diatas.

BACA :




Demikian pembahasan ihwal kiprah atau jobdesk dan jebatan atau posisi pekerjaan yang ada di PT kereta api indonesia ( KAI ) serta tanggung jawab yang harus dilakukan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kiprah Karyawan Pt Kai ( Kereta Api Indonesia ) + Posisi/Jabatanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel