iklan

Inilah Sistem Sederhana Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Cara menanam hidroponik dengan media air – Lahan sempit sering menjadi hambatan bagi Anda yang ingin melaksanakan acara bercocok tanam. Pertumbuhan pembangunan gedung yang sangat pesat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyempitan lahan untuk bercocok tanam. Hal ini banyak terjadi di perkotaan dan itu bukan merupakan sesuatu yang gila bahwa hampir diseluruh perkotaan setiap sudutnya tidak ada lagi lahan yang bisa dipakai untuk bercocok tanam.


Dari situasi diatas muncul sebuah wangsit untuk melaksanakan acara bercocok tanam tanpa membutuhkan lahan yang luas. Kegiatan tersebut ialah hidroponik. Berdasarkan dari namanya hidroponik ialah teknik penanaman yang memakai air. Hidroponik berasal dari bahasa yunani yaitu “hydro” yang artinya air dan “ponics” yang artinya daya.


Cara menanam hidroponik dengan media air menjadi sangat terkenal dikalangan masyarakat perkotaan yang ingin atau yang gemar berkegiatan bercocok tanam. Hanya bermodalkan lahan sempit atau bermodalkan beberapa jengkal lahan saja tumbuhan hidroponik sanggup tumbuh dengan baik. Cara menanam hidroponik dengan media air ini sanggup Anda aplikasikan juga pada banyak sekali tempat, misalnya saja ruang tamu ataupun didalam ruang dapur Anda.


Jenis tumbuhan yang bisa Anda aplikasikan pada cara menanam hidroponik dengan air ini sangat beragam. Mulai dari tumbuhan sayur dan buah. Contohnya ialah tumbuhan sayur, sebab mudahnya pengaplikasian dan gampang diletakkan dimana saja mengakibatkan tumbuhan sayur menjadi tumbuhan yang paling banyak ditanam memakai teknik hidroponik.


Walaupun hidroponik memakai air sebagai media pemenuhan nutrisi bagi tumbuhan hidroponik, bukan berarti teknik ini tidak membutuhkan media tanam. Media tanam yang dipakai dalam cara menanam hidroponik dengan media air ini sangat beragam. Media tanam hidroponik tidak mengandung unsur hara tetapi hanya sebagai penyangga akar tumbuhan sehingga bisa berdiri dengan baik.


Berikut beberapa media tanam yang bisa Anda gunakan dalam cara menanam hidroponik dengan media air



  • Batu apung

  • Sabut kelapa

  • Rockwool atau bebatuan yang dilebur menjadi serat

  • Arang sekam

  • Hidroton

  • Kerikil, dll


artikel terkait: Cara Membuat Media Tanam Hidroponik, Baca Disini


Cara menanam hidroponik dengan media air sanggup Anda lakukan dengan beberapa hidroponik sistem. Namun hidroponik sistem yang paling gampang dan paling terkenal ialah sistem NFT dan sistem sumbu/wick.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air Sistem NFT


Hidroponik sistem NFT ialah cara menanam hdiroponik dengan media air yang paling terkenal dipakai oleh sebagian besar pecinta hidroponik. Teknik ini memiliki konsep dasar menanam flora dengan akar tumbuhan berada diatas larutan nutrisi. Selain itu sistem ini bisa menjaga sirkulasi semoga tumbuhan mendapat oksigen, nutrisi dan air dengan baik.


Cara menanam hidroponik dengan media air  Inilah Sistem Sederhana Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air
Hidroponik dengan sistem NFT

Bagi Anda yang ingin menerapkan cara menanam hidroponik dengan media air sistem NFT ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan. Peralatan tersebut antara lain daerah penampung air atau nutrisi, talang, pipa dan pompa aquarium. Untuk merangkai sistem NFT ini potong pipa dan talang dengan ukuran sama panjang. Beri lubang pada belahan atas dengan jarak 20 – 30 cm antar lubang. Lubang ini nantinya akan dipakai sebagai daerah tanaman. Letakkan kolam penampung atau daerah penampung nutrisi pada daerah yang lebih rendah. Setelah itu pasang pompa semoga air sanggup mengalir mengairi talang.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air Sistem Wick


Hidroponik sistem wick ini ialah cara menanam hidroponik dengan media air yang tidak kalah terkenal dengan sistem NFT. Hal ini dikarenakan pengaplikasian sistem wick sangat gampang dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan bagi Anda yang pemula dalam bidang hidroponik.


Untuk peralatan yang perlu Anda persiapkan pada teknik cara menanam hidroponik denga media air ini ialah botol mineral bekas, alat potong, alat untuk melubangi botol dan sumbu dari kain flanel. Cara pembuatan sistem wick ini ialah sebagai berikut:



  • Potonglah botol pada belahan tengah sehingga botol menjadi dua bagian. Berilah lubang pada belahan tutup botol.

  • Langkah selanjutnya ialah pasang sumbu dari kain flanel pada belahan yang telah dilubangi pada tutup botol. Pastikan kain flanel yang dipakai sebagai sumbu menyentuh belahan paling bawah botol semoga sumbu sanggup menyerap nutrisi secara maksimal.

  • Isilah botol belahan bawah dengan nutrisi

  • Gabungkan kedua belahan botol, botol bawah dan botol atas. Setelah itu letakkan tumbuhan pada belahan atas botol.


Cara menanam hidroponik dengan media air  Inilah Sistem Sederhana Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air
Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick

Demikian cara menanam hidroponik dengan media air yang mungkin Anda bisa praktekkan sendiri di rumah. Semoga warta yang kami berikan sanggup bermanfaat untuk Anda.


artikel terkait: Ini Dia Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol


Catatan tambahan:


Kelebihan Tanaman Hidroponik



  • Tanaman hidroponik tidak kotor terkena tanah

  • Pemberian nutrisi lebih efisien

  • Tidak menghasilkan polusi lingkungan

  • Memberikan hasil dengan jumlah yang banyak

  • Proses pemanenan sangat mudah, steril dan bersih

  • Bebas dari gulma atau flora pengganggu

  • Pertumbuhan tumbuhan hidroponik lebih cepat

  • Perawatan sangat gampang untuk dilakukan


 


sumber gambar: iderumahku, mediahidroponik, blogumy


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Sistem Sederhana Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel