iklan

Filosofi Dan Cara Memulai Pemrograman Python

Sebelum memulai pemrograman Python, pengguna perlu melaksanakan instalasi Python pada perangkat yang digunakan. Setelah itu barulah bahasa pemrograman Python sanggup dijalankan baik memakai terminal atau IDE.

Artikel terkait: Cara Install Python di Windows Linux dan Mac OS


A. Filosofi Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman Python ditujukan untuk menghasilkan bahasa pemrograman sederhana yang bisa menawarkan fitur-fitur dari bahasa pemrograman lain termasuk C++, C, dan Java. Sehingga Python bisa menawarkan cita rasa pemrograman yang cepat, pembelajaran yang mudah, serta mempermudah pengembangan software.

Baca juga: Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Python menjadi bahasa pemrograman open source terbesar. Setiap orang sanggup berkontribusi untuk membangun program-program yang sanggup dipakai oleh orang lain dalam programnya. Hal ini disebut dengan package atau module. Tercatat untuk tahun 2018, terdapat 117.181 module yang dibentuk oleh seluruh developer dan dibagikan sebagai repository Python.

Filosofi Python ialah sebagai bahasa pemrograman multipurpose, portable, object-oriented, dan high level programming yang menawarkan lingkungan interaktif untuk menulis isyarat secara minimalis

Berikut hal-hal dasar yang perlu diketahui pada bahasa pemrograman Python,
  1. Multipurpose

    Python merupakan bahasa pemrograman multi guna (multipurpose). Terdapat banyak modul yang mempermudah banyak sekali disiplin ilmu contohnya scientific computation, statistic, networking, cryptography, game development, GUI, machine learning, image processing, plotting, database, HTML/XML parsing, natural language processing, dan testing.

  2. High Level Language

    Python merupakan high level programming language atau bahasa pemrograman tinggi. Dalam hal pemrograman secara umum, dikenal bahasa pemrograman rendah dan bahasa pemrograman tinggi. Bahasa pemrograman rendah melaksanakan komunikasi pribadi memakai bahasa mesin untuk berkomunikasi dengan hardware. Sedangkan bahasa pemrograman tinggi memakai library untuk melaksanakan komunikasi dengan hardware. Library ini berfungsi untuk melaksanakan terjemahan bahasa tinggi ke bahasa mesin.

  3. Object Oriented Programming

    Python memakai mendasar pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming. Bahasa pemrograman tradisional melaksanakan komputasi secara natural, dalam artian semua harus didefinisikan terlebih dahulu untuk dilakukan proses secara runut. Dalam perkembangan selanjutnya, dikenal object oriented programming (OOP). Fundamental ini membagi isyarat menjadi blok-blok yang dihukum secara paralel sebagai tread pemrosesan yang disebut dengan object. Dalam hal ini metode OOP akan melaksanakan sanksi dengan berorientasi pada object. Object sanggup berupa function dan class.

  4. Interactive Environtment

    Syntax pemrograman pada Python merupakan turunan dari syntax yang dipakai bahasa C dan UNIX. Sebagian besar syntax Python memiliki kesamaan dengan bahasa pemrograman C. Dengan mengadopsi lingkungan UNIX, bahasa pemrograman Python sanggup dijalan dalam mode console. Ditambah dengan syntax-syntax yang dibentuk untuk mempermudah pembelajaran menyerupai help() menciptakan Python menjadi bahasa pemrograman interaktif.

  5. Minimalistic Design

    Struktur isyarat yang minimalis menciptakan bahasa pemrograman Python memiliki tingkat keterbacaan yang jauh lebih gampang dari bahasa pemrograman lainnya. Seperti penggunaan tabulasi atau indent sebagai pembatas struktur. Filosofi terkait meminimalkan syntax terdapat pada dokumen yang diterbitkan Tim Peters yang berjudul The Zen of Python.

  6. Portability

    Python didukung oleh komunitas open source-nya. Hal ini menciptakan Python sanggup berjalan di banyak sekali platform. Termasuk Linux, Microsoft Windows, Solaris, Macintosh, dan SonyPlaystation.

  7. Extensibilty

    Python memiliki ratusan ribu modul yang sanggup dipakai untuk mempermudah pengembangan suatu software atau riset. Misalnya modul untuk menghitung integral, pengguna sanggup menciptakan aktivitas tanpa harus menciptakan syntax yang sanggup menghitung integral.


B. Memulai Pemrograman Python

Untuk memulai pemrograman python sanggup dilakukan melalui IDE. Pada artikel ini dipakai IDE Spyder. Syntax sanggup dihukum melalui console (misalnya IPython) maupun dalam bentuk file melalui editor. File syntax python disimpan dalam format (.py).

 pengguna perlu melaksanakan instalasi Python pada perangkat yang dipakai Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python

  1. Buka IDE yang anda gunakan
  2. Membuat Program Sederhana
    Program Hello World
    print("Hello World")

     pengguna perlu melaksanakan instalasi Python pada perangkat yang dipakai Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python

  3. Simpan dan Jalankan

    Misalnya save nama aktivitas dengan nama (hello_world.py). Selanjutnya aktivitas sanggup dijalankan dan output dihasilkan pada console.

     pengguna perlu melaksanakan instalasi Python pada perangkat yang dipakai Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Filosofi Dan Cara Memulai Pemrograman Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel