iklan

Dampak Faktual Dan Efek Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak positif dan dampak negatif pembangunan ekonomi | Setelah membaca artikel ini, harapannya teman pembaca bisa mengerti wacana pengertian pembangunan ekonomi, dampak positif pembangunan ekonomi contohnya, adanya peningkatan pada sumberdaya manusia, memperluas lapangan pekerjaan dan sebagainya.

Kemudian dampak negatif dari pembangunan ekonomi, contohnya: terjadi kerusakan lingkungan, kurangnya lahan pertanian dan masih banyak lagi.

Nah, sebelum kita mengetahui kedua hal tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pembangunan ekonomi.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Tahukah kamu?
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang mengakibatkan bertambahnya pendapatan perkapita dan pendapatan total suatu penduduk dalam masyarakat dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan adanya perubahan mendasar dalam struktur ekonomi suatu negara dan masyarakatnya, yaitu perubahan baik segi teknologi, kelembagaan maupun pola pikir masyarakatnya.

Pembangunan ekonomi akan mendorong dalam tumbuhnya ekonomi suatu negara. Begitupun sebaliknya, pertumbuhan ekonomi akan memperlancar proses pembangunan ekonomi. Itulah sebabnya pembangunan ekonomi suatu negara sangat bergantung pada pertumbuhan ekonomi negara tersebut. (Baca : Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi )

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses bertambahnya kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk bertambahnya pendapatan nasional suatu negara tersebut.

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi

Perbedaan antara pembangunan ekonomi dengan pertumubuhan ekonomi bisa kita lihat dari hasilnya, pembangunan ekonomi memilki hasil yang bersifat kuantitatif yaitu kenaikan dalam tingkat output produksi yang dihasilkan dan kenaikan standar pendapatan.

Sedangkan pertumubuhan ekonomi mempunyai hasil yang bersifat kualtitatif yaitu  bukan hanya dalam hal pertambahan produksi, melainkan juga terdapat perubahan-perubahan dalam alokasi input dan struktur produksi pada semua sektor perekonomian menyerupai lembaga, teknik, sosial dan pengetahuan.

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

Dibawah ini merupakan dampak positif dari pembangunan ekonomi disuatu negara yakni sebagai berikut :

  1. Dengan adanya pembangunan ekonomi, pelaksanaan acara perekonomian suatu negara akan semakin lancar dan lebih baik dan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat suatu negara. Misalnya akan lebih banyaknya infrastruktur, perusahaan semakin banyak, teknologi semakin meningkat dan taraf pendidikan semakin tinggi.
  2. Pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga pada hal ini, ilmu pengetahuan dan ilmuteknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan menambah kesejahteraan masyarakat.
  3. Dengan adanya pembangunan ekonomi akan memperluas lapangan pekerjaan yang dibuthakan oleh masyarakat sehingga akan menguarngi jumlah pengangguran dalam negara tersebut.
  4. Adanya pembangunan ekonomi akan berdampak pada acara perekonomian yang dilakukan oleh suatu negara akan lebih dinamis dan bermacam-macam menyerupai perubahan perekonomian suatu negara dari ekonomi agraris menjadi ekonomi industri.
  5. Terciptanya lapangan pekerjaan akhir adanya pembangunan ekonomi secara pribadi akan berdampak pada pendapatan nasional yang baik.
  6. Lingkungan hidup dalam masyarakat akan lebih nyaman dan indah lantaran selalu diadakan perbaikan dinegara tersebut.
  7. Fasilitas umum dalam masyarakat akan bertambah dan terpenuhi lantaran selalu ditingkatkan.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Dibawah ini merupakan dampak negatif dari pembangunan ekonomi disuatu negara yakni sebagai berikut :

  1. Dengan adanya pembangunan ekonomi akan menjadikan adanya kerusakan lingkungan hidup dalam masyarakat apabila pembangunan ekonomi tersebut tidak berkala dengan baik. Misalnya dengan adanya pabrik-pabrik industri akan mengakibatkan pencemaran udara, air, dan lain sebagainya.
  2. Industrialisasi akan menjadikan kurangnya lahan pertanian dalam masyarakat. Banyaknya lahan-lahan yang dipakai untuk industri maka akan mengurangi lahan pertanian.
  3. Hilangnya habitat alam baik habitat hayati maupun hewani. Karena kurangnya lahan pertanian maka habitat hayati menyerupai tumbuh-tumbuhan dan hewani akan berkurang.

Pada halnya pembangunan ekonomi yakni suatu tindakan yang baik, jadi lebih banyak dampak positifnya dibandingkan dampak negatifnya. Pembangunan ekonomi sangatlah penting dalam suatu negara. Pembangunan ekonomi diharap bisa meningkat sepanjang tahun untuk sanggup menjadi Negara maju. Terpenting dalam hal pembangunan ekonomi yang terus lancar dan semakin baik dari tahun ketahun.

Suatu perekonomian negara sanggup dinyatakan berkembang apabila pendapatan perkapita negara tersebut meningkat dari tahun ketahun. Pembangunan ekonomi merupakan acara aktif yang wajib dilakukan oleh setiap negara.

Pembangunan ekonomi terjadi lantaran beberapa fakto-faktor tertentu, namun intinya faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi dua yaitu faktor ekonomi dan faktor non ekonomi. Diantaranya faktor ekonomi yang mempengaruhi pembangunan ekonomi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), keahlian dan kewirausahaan, serta sumber daya modal.

Sumber daya alam menyerupai tanah, cuaca, iklim, tambang, hasil maritim sangat mempengaruhi acara industri disuatu negara, terutama dalam hal acara produksi industri tersebut. sementara itu, kewirausahaan dan keahlian dipakai dalam mengolah materi mentah dari alam menjadi suatu produk atau barang yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Selain itu, sumber daya insan juga sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan ekonomi disuatu negara menyerupai kualitas dan jumlah penduduk. Kualitas penduduk merupakan petunjuk untuk memilih produktivitas yang ada dan jumlah penduduk yang tinggi merupakan salah satu potensial untuk memasarkan barang hasil produksi.

Sumber daya modal sangat diharapkan seseorang untuk mengolah materi mentah tersebut. investasi serta pembentukan modal dipakai untuk mengolah dan menggali kekayaan. Sumber daya modal juga merupakan salah satu hal yang penting bagi kelancaran dan perkembangan pembangunan ekonomi disuatu negara, lantaran sumber daya modal tersebut sanggup meningkatkan jumlah produktivitas barang atau produk.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi. Semoga artikel ini akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi kalian yang membacanya. Jangan lupa like and share^^

 Kunjungi artikel terkait:

  1.  6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara
  2.  Motif Ekonomi [Pengertian, Jenis dan Macam-Macamnya]
  3. 3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
  4. 7 Permasalahan Ekonomi Makro dan Mikro + Contohnya
  5. 10 Prinsip Dasar Ekonomi Syariah

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Faktual Dan Efek Negatif Pembangunan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel