iklan

Daftar Harga Burung Betet Terbaru

Harga Burung Betet – Halo, selamat tiba kicau mania ke blog sederhana yang membahas seputar dunia budidaya binatang dan flora ini.


Selain membahas seputar tips ternak dan budidaya, web ini juga akan membahas seputar harga ternak, flora dan pakan.


Nah, kali ini Sentrabudidaya akan membuatkan info seputar harga burung betet terbaru.


Burung betet merupakan salah satu jenis unggas yang digemari banyak orang. Ada banyak sekali peminat burung betet ini, sehingga menciptakan harganya di pasaran cukup tinggi. 


Burung betet mempunyai rupa yang indah dan juga mempunyai kecerdasan di atas burung pada umumnya. Bentuknya yang sangat indah niscaya menciptakan siapa saja yang melihat burung ini ingin segera memilikinya.


Namun, sekali lagi lantaran jumlahnya yang terbatas serta harga yang cukup tinggi tentu membuat tidak semua orang bisa mempunyai burung betet ini. 


Burung betet sendiri mempunyai kelebihan berupa bunyi yang merdu, gampang di didik dan gampang menyesuaikan diri dengan pemiliknya. Anda bisa melatih burung betet ini untuk banyak sekali keperluan seperti pertunjukan ataupun melatih suaranya biar semakin merdu, banyak pecinta burung yang tertarik untuk melatih betet miliknya biar tidak ibarat burung pada umumnya.


 selamat tiba kicau mania ke blog sederhana yang membahas seputar dunia budidaya binatang d Daftar Harga Burung Betet Terbaru
Burung Betet


Burung yang mempunyai paruh menukik ini dihargai sekitar Rp 400.000 untuk anakan. Sementara untuk yang sudah cukup umur dan terlatih tentu saja harganya lebih tinggi, tergantung dari kualitas burung tersebut. 


Makanan Burung Betet


Burung yang berparuh bengkok ini masakan utamanya adalah biji-bijian, serangga kecil dan lain sebagainya. Saat ini populasi burung betet masih cukup kondusif sehingga tidak tergolong sebagai binatang yang hampir punah, kendati demikian peminat yang cukup tinggi juga harus memperhatikan beberapa aspek biar populasi dari burung betet tidak habis di alam liarnya.


Jenis Burung Betet


Perlu sama-sama kita ketahui bahwa burung betet ini sendiri memiliki 328 spesies burung betet di seluruh dunia ada 78 spesies yang tersebar di Indonesia terutama potongan timur ibarat Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Halmahera. Yang paling banyak diminati yaitu burung betet jawa, burung betet kalimantan, burung betet sumatra dan burung betet sulawesi.


Asal Muasal Burung Betet atau Psittacula alexandri


Meskipun burung ini banyak tersebar di wilayah Indonesia, namun burung betet ini konon berasal dari Tiongkok Selatan lalu populasinya terus bertambah dan balasannya menyebar ke seluruh Asia, jadi tidak mengherankan kalau di Indonesia dan beberapa negara tetangga lain burung betet bisa anda jumpai dengan cukup mudah.


Walaupun bukan tergolong sebagai binatang yang hampir punah namun burung betet menjadi salah satu binatang yang dilindungi di Indonesia sehingga sangat dihentikan sekali memperjualbelikan burung ini tanpa izin, sedangkan habitat utama dari burung betet yaitu hutan belantara, hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan dengan pohon-pohon tinggi, perkebunan dan hutan sekunder. 


Populasi Burung Betet Paruh Bengkok


Karena jumlah semakin hari semakin berkurang, burung betet termasuk dalam jenis burung yang dilindungi. Penurunan populasi ini disebabkan lantaran habitatnya yang terus berkurang bahkan hilang. Serta banyaknya perburuan liar bahkan burung betet yang seharusnya dilindungi menjadi burung yang diperjual belikan tanpa izin.  


Burung bêtet jenis paruh bengkok mempunyai beberapa jenis spesies di antaranya yaitu, Nuri Bayan atau Eclectus roratus, Serindit Sulawesi atau Loriculus stigmata, Derindit Sangihe atau Psittirichas fulgidus, serindit paruh merah atau L. exili, dan Betet berkepala punggung biru atau Tanygnatus Sumateranus.


Burung Betet Ekor Panjang


Burung betet ekor panjang ini juga dinamai burung betet pipi merah. Adapun nama ilmiah burung ini yaitu Psittacula longicauda yang merupakan salah satu dari 85 jenis burung paruh bengkok. Betet ekor panjang mempunyai ukuran 40 cm, mempunyai warna dada hijau, dan ekor panjang bertahap. Pada jantan mempunyai mahkota berwarna hijau, sisi-sisi kepala merah dan ada garis hitam tebal ibarat kumis, ekor berujung kuning dan mempunyai sayap kebiruan.


Sedang pada burung betina mempunyai bulu badan yang lebih buram, kumis kehijauan. Saat burung betina ini terbang akan terlihat sayap bawah yang kuning, pada badan potongan bawah berwarna hijau, dan pada sisi-sisi kepala berwarna merah, kaki berwarna abu-abu, dan paruh identik dengan warna merah.


Habitat Burung Betet Ekor Panjang


Untuk habitat burung ini sendiri biasanya dijumpai di tempat pesisir dan dataran rendah, terutama pada hutan terbuka, hutan mangrove, perkebunan, hutan hujan tropis, pohon-pohon tinggi, dan hutan sekunder. 


Perilaku Burung Betet Ekor Panjang


Kita perlu mengetahui sikap burung betet ini. Perilaku burung ini seperti berkemampuan terbang yang cukup cepat dalam kelompok besar yang beranggotakan sekitar 20 ekor, hidup secara nomaden atau berpindah, melaksanakan migrasi musiman.


Mereka bisa bergerak cepat dari cabang pohon satu ke pohon yang lain. Aktivitas mencari makan dilakukan sesudah matahari terbit. Mereka sanggup ditemui di siang hari pada pohon-pohon tinggi, sedang pada sore hari dihabiskan untuk mencari makan sebelum kembali ke sangkar.


Musim Kawin Betet Ekor Panjang


Perlu juga diketahui bahwa burung betet mempunyai masa kawin pada waktu-waktu tertentu seperti pada bulan februari hingga juni. Sarang-sarang mereka terdapat pada cabang –cabang pohon berlubang atau pohon-pohon mati, hanya adakala saja menciptakan kandang di pohon hidup. Sarang dipenuhi makanan, dan kadang mengunyah kulit kayu. Saat masa kawin, burung ini hanya bisa bertelur antara 2 hingga 3 butir dengan masa inkubasi 23 hari.


Anatomi Betet Paruh Bengkok


Secara fisik burung ini mempunyai badan yang panjang dari kepala hingga ekor sekitar 34 cm. Paruh bengkok dengan ukuran kepala yang besar, mempunyai bulu yang lebat, warna bulu cerah dan mempunyai kaki yang kecil. Memiliki pengecap yang sama ibarat burung kakak tua, namun lebih berpengaruh dari burung Nuri. Sedangkan perbedaan antara burung betet dengan kakak renta yaitu tidak adanya jambul yang bisa ditegakkan di potongan kepala.


Daftar Harga Burung Betet Terbaru


 selamat tiba kicau mania ke blog sederhana yang membahas seputar dunia budidaya binatang d Daftar Harga Burung Betet Terbaru
Harga Burung Betet

Berikut ini daftar burung betet menurut jenis dan usianya yang bisa anda jadikan patokan sebelum membeli burung betet dari penangkaran atau penjualnya:


1. Harga Betet Anakan Rp. 400.000

2. Harga Betet Lulut Rp. 500.000

3. Harga Betet Lolohan Sepasang Rp. 250.000

4. Harga Betet Jawa Jinak Rp. 600.000

5. Harga Betet Ternate Rp. 700.000

6. Harga Betet Usia Remaja Rp. 900.000


*Harga bisa saja berbeda setiap daerahnya


Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin mempunyai satu saja dari burung ini? Tunggu apa lagi jangan ragu-ragu lagi kalau ada yang ingin melepasnya, pribadi sambar saja. Demikian saja info seputar harga burung betet yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.


 


Simak juga 5 Jenis dan Kisaran Harga Burung Alap Alap di Pasaran Terbaru



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar Harga Burung Betet Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel