iklan

✔ Ciri-Ciri Lowongan Kerja Orisinil Dan Palsu Di Internet ( Awas Tertipu )

Ketika anda sedang mencari loker pekerjaan di situs atau website internet yang ada banyak di google ada hal yang sangat penting untuk anda perhatikan yaitu ciri-ciri lowongan kerja orisinil dan yang palsu.Hal ini sangat penting untuk anda ketahui supaya selain anda terhindar dari banyak sekali praktek penipuan,paling tidak lamaran yang anda kirimkan tidak menjadi hal yang sia-sia.

Ciri-ciri lowongan kerja yang orisinil dan palsu khususnya untuk loker yang ada di internet akan saya bahas secara detail untuk anda pada artikel saya kali ini.Silahkan anda simak baik-baik biar anda mengerti mana loker yang benar dan mana yan tidak.



Lowongan Kerja Asli dan Palsu




Ketika anda sedang mencari loker pekerjaan di situs atau website internet yang ada banyak  ✔ Ciri-Ciri Lowongan Kerja Asli dan Palsu di Internet ( AWAS TERTIPU )






Lowongan kerja merupakan sebuah kesempatan untuk berkarir yang dibuka sebuah daerah kerja entah itu perusahaan,PT atau pabrik dan sejenisnya.Bisa dikatakan bahwa ini merupakan " pintu awal " untuk seseorang ketika ingin bekerja di sebuah perusahaan.

Ketika seseorang sedang mencari loker,hal pertama yang mereka buka ialah : Situs atau website lowongan pekerjaan yang ada di google.Selain ini ialah hasil terbentuknya perkembangan teknologi yang semakin canggih,langkah ini merupakan langkah yang paling simpel dan simple.


Lowongan di Internet itu Asli atau Palsu?


Tetapi taukah anda bahwa " TIDAK SEMUA SITUS/WEBSITE LOKER di GOOGLE ITU ASLI ".Banyak loker abal-abal yang tersebar disana,jadi anda harus extra hati-hati ketika memakai cara yang super simpel ini.

Memang banyak yang VALID,tetapi tidak sedikit juga yang hanya " asal-asalan " saja,dalam artian mereka hanya menuliskan artikel loker tanpa ada VALIDASI dari perusahaan yang bersangkutan.Maksudya begini :

- Untuk loker yang valid : Biasanya dari pihak website sudah berafiliasi atau paling tidak,mereka memang mengetahui bahwa perusahaan yang mereka jadikan referensi sedang membuka loker.Dalam dunia bisnis menyerupai kini ini,banyak perusahaan atau daerah kerja yang " menjalin kerjasama " dengan beberapa situs/website pencarian kerja diluaran sana.

Kalaupun sebuah website TIDAK berafiliasi dengan pihak perusahaan,tidak sanggup juga dikatakan abal-abal.Bisa jadi mereka memang mendapat informasi ( yang sanggup dipertanggung jawabkan ) dan menuliskanya untuk anda.

- Untuk loker yang tidak valid : Mereka-mereka para pengurus situs/website yang HANYA MENGEJAR PEMBACA saja.Jadi,entah darimana mereka mendapat informasi itu TETAPI eksklusif dituliskan di artikel mereka.

Kita tidak sanggup menyalahkan sepenuhnya si pemilik situs,kenapa? Karena mungkin saja ada niatan baik untuk membantu anda.Kita semua yang harus SELEKTIF dalam menentukan dan memilah website loker mana yang terpercaya mana yang tidak.


Kenapa Kalau Melamar Pekerjaan di Internet ( Website/Situs ) tidak Pernah Diproses?


Mungkin dilema ini banyak sekali dialami untuk anda yang suka melamar kerja lewat internet.Setelah anda mengirimkan ajuan lamaran,anda tunggu berminggu-mnggu bahkan berbulan-bulan tida kunjung ada panggilan atau direspon.

Ada banyak penyebab untuk permasalahan ini,antara lain :

  • Website/Situs loker yang anda gunakan PALSU atau abal-abal
  • Perusahaan yang bersangkutan sudah TUTUP lokernya
  • Proposal yang anda kirimkan tidak sesuai kriteria
  • Anda terkena penipuan
Berbagai alasannya ialah diatas ialah faktor utama lamaran yang anda kirimkan tidak ada kelanjutanya.Agak sulit memang untuk mendeteksi dilema yang mana yang gotong royong menimpa anda,tetapi saya aka sedikit menawarkan penjelasanya untuk anda.


Ciri-Ciri Lowongan Kerja yang Asli


Yang pertama akan saya bahas ialah untuk loker yang memang valid.Ada beberapa hal yang sanggup anda jadikan referensi evaluasi jikalau melihat dan ingin melamar memakai sebuah website yang ada di internet google,antara lain :


- Ada Kesesuaian dengan Perusahaan Bersangkutan ( infonya sinkron )

Maksudnya begini : Jika anda mendapati sebuah informasi loker,silahkan anda cek eksklusif dengan mengirimkan e-mail atau menelpon ke pihak perusahaan dan tanyakan apakah memang sedang membuka lokernya atau tidak.

Anda juga sanggup mendatangi eksklusif dan bertanya ke pihak HRD atau karyawan yang ada di perusahaan tersebut.Ini merupakan langkah PALING AKURAT yang sanggup anda lakukan untuk melaksanakan pengecekan terhadap sebuah loker.

Jangan anggap hal ini merepotkan atau bahkan menciptakan malas lantaran ini menyangkut masa depan anda nanti.Jika anda tetap nekad untuk asal saja,silahkan tanggung sendiri resikonya.


- Alamat yang Tertera Valid ( memang alamat perusahaan )

Yang saya maksudkan alamat disini ialah alamat lokasi dan e-mail.Disalam info yang anda baca,pastinya akan ada sebuah alamat baik lokasi ataupun emailnya bukan? Silahkan anda cek keaslianya.

Jika alamatnya asli,kemungkinan besar lokernya juga orisinil ( tapi belum tentu benar kalau tidak sinkron ).Untuk melaksanakan pengecekan alamat,anda sanggup mengeceknya dengan meacaknya via google atau menanyakanya di banyak sekali lembaga media umum menyerupai FB atau sebagainya.

Sedangkan untuk pengecekan alamata email sedikit susah,tetapi anda sanggup mencoba trik simple berikut ini :
  • Jika ada panggilan kerja,pasti alamat yang diberikan untuk anda datangi ialah alamat perusahaan,bukan ruko atau daerah mencurigakan lainya
Hanya itu saja cara untuk mengetahuinya.


- Gratis ( tidak ada pungutan biaya apapun )

Salah satu ciri yang paling kentara sebuah penipuan loker online ialah adanya biaya " asing " yang harus dibayarkan oleh pelamar entah itu biaya akomodasi,travel perjalanan ataupun yang lainya.Jika dialam informasi yang anda baca ada biaya menyerupai ini,kemungkinan besar itu ialah panipuan.

Sebuah perusahaan tidak akan membebankan biaya kepada pelamar jikalau memang pihak mereka membutuhkan seorang karyawan.Kalaupun anda harus membayar,biasanya proses itu disampaikan eksklusif oleh HRD dengan bertatap muka eksklusif dengan anda.

Itupun berlangsung didalam perusahaan,bukan ditempat lain menyerupai ruko atau apapun itu.


- Informasinya Jelas

Jelas disini berarti tertulis dengan gamblang menyerupai :
  • Posisi yang diharapkan apa
  • Persyaratan yang harus anda berikan apa saja
  • Tanggal pembukaanya kapan
  • Tutupnya kapan
  • Prosesnya bagaimana
Dan informasi lainya mengenai loker yang pihak perusahaan buka.Jika didalam informasi yang anda baca HANYA BERISI ALAMAT saja,silahkan lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri.


Ciri-Ciri Lowongan Kerja yang Palsu


Setelah anda mengetahui yang orisinil bagaimana,sekarang klarifikasi untuk yang paslu.Bagian ini tolong anda baca dengan secama,karena hingga dikala ini,saya masih sangat sering mandapati kasus penipuan yang menimpa teman-teman diluaran sana.

Adapun beberapa cirinya antara lain :


- Informasinya Tidak Sinkron

Setelah anda membaca sebuah informasi lalu anda mengecek keaslianya dan ternayata pihak perusahaan tidak membuka loker tersebut,bisa DIPASTIKAN bahwa informasi itu palsu.Jika anda memaksakan untuk mendaftarkan diri,ada beberapa konsekuensi yang harus anda tanggung,yaitu :
  • Lamaran yang anda kirimkan akan tidak diproses ( siapa yang proses wong itu abal-abal kok )
  • Anda akan terkena penipuan
  • Membuang-buang waktu,biaya dan tenaga
  • Berkas yang anda kirimkan sanggup disalah gunakan oleh pihak penipu
Makara sekali lagi saya tekankan kepada anda,SELALU LAKUKAN PENGECEKAN jikalau mendapati sebuah informasi loker.

Setelah itu,silahkan catat nama situs atau website yang mengembangkan isu hoax tersebut supaya anda tidak tergoda isu sari sana dikemudian hari.


- Alamatnya Meragukan

Tanda-tanda kepalsuan loker yang lain ialah alamat yang tertera disana biasanya sangat meragukan.Sangat sering saya membaca sebuah nformasi yang ternyata lokasi yang diberikan ialah lokasi " ngawur " alias bukan lokasi perusahaan yang dimaksud.

Biasanya berupa ruko atau kantor pribadi yang tidak terperinci keabsahanya.Sedangkan alamat email,saya sendiri sering mendapati yang tidak sesuai.

Saya sering melaksanakan registrasi dengan mengirimkan via e-mail,tetapi biasanya saya sangat extra hati-hati dalam melakukanya.Terlebih jikalau alamat e-mailnya terlihat kaku atau terlihat tidak meyakinkan.


- Ada Biaya yang Harus Dibayarkan

Anda pernah tidak melaksanakan registrasi ke perusahaan berkelas menyerupai chevron,pertamina,maskapai penerbangan seperi garuda indonesia dan sebagainya? Kemudian anda diberikan akhir e-mail untuk tiba ke sebuah daerah dengan membayar sejumlah uang travel atau perjalanan.

Percayalah,itu semua PENIPUAN!.Perusahaan sekelas dan sebesar itu,dalam melaksanakan proses recruitment biasanya memakai media yang terperinci menyerupai sebuah fakultas/universitas ataupun lembaga resmi menyerupai disnakertrans.


- Informasinya Tidak Jelas

Mulai dari tanggal yang berlaku hingga kapan,kemudian posisinya apa dan informasinya tidak jelas.Hanya ada alamat  dan berkas persayaratan saja.

Jika anda mendapati informasi menyerupai itu,silahkan hubungi pihak pengelola websitenya dan tanyakan apakah itu loker benar atau tidak.Jangan hingga uang dan waktu yang anda habiskan terbuang sia-sia lantaran ternayata info lokernya salah.


Tips Melamar Pekerjaan Via Internet Supaya Tidak Tertipu


Setelah semua informasi diatas anda fahami dengan baik,untuk mendapat sebuah info yang akurat tajam dan terpercaya ):,silahkan anda lakukan tips dari saya berikut ini :
  • Pastikan situs/website yang anda gunakan ialah web yang bagus
  • Pastikan keaslian lokernya ( sanggup menghubungi admin atau menanyakanya di situs media umum )
Intinya anda harus extra hati-hati dan waspada ketika ingin melamar pekerjaan dimanapun itu berada.Karena dikala ini,pengguran di indonesia sudah sangat memperihatinkan,dan moment ini sedang dimanfaatkan oleh sebagian oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup laba semata.


Apakah ada situs/website lowongan kerja terpercaya yang direkomendasikan?

Sebenarnya ada banyak sekali situs loker yang ada di google,tetapi saya sendiri masih sering menagalami lamaran yang saya kirimkan tidak di proses entah itu kesalahanya diamana.Saya tidak mau berburuk sangka,mungkin saja,saya tidak masuk kriteria yang diharapkan perusahaan.

Anda sanggup memakai tips yang sudah saya tuliskan diatas untuk mencobanya.Semakin banyak penagalaman yang anda alami,maka anda akan semakin jeli untuk mengidentifikasi sebuah loker orisinil ataupun palsu.

BACA :





Demikian pembahasan perihal ciri-ciri lowongan pekerjaan yang orisinil dan palsu yang ada di internet google.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Ciri-Ciri Lowongan Kerja Orisinil Dan Palsu Di Internet ( Awas Tertipu )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel