iklan

✔ Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Semoga Cepat Sampai

Cara mengirim surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan via kantor pos indonesia atau lewat jasa lainya harus dilakukan dengan benar supaya cepat sampai.Jika anda hingga salah atau hanya asal saja ketika pengirimanya,maka yang anda kirimkan dapat saja tidak terkirim.

Tatacara mengirim surat lamaran kerja lewat kantor pos yang baik dan benar tidak hanya berfokus pada penulisanya saja,melainkan pemilihan hari juga berpengaruh.Saya akan memperlihatkan panduanya untuk anda supaya dapat lebih faham.


Panduan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Kantor Pos




Cara mengirim surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan via kantor pos indonesia atau le ✔ Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Agar Cepat Sampai






Pos Indonesia yakni sebuah tubuh perjuangan milik negara ( BUMN ) yang berfungsi sebagai jasa pengiriman barang.Barang yang dapat dikirimkan memakai jasa expedisi ada banyak tidak hanya surat saja melainkan barang pun dapat dikirimkan disini.

Untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar ke sebuah perusahaan,jasa expedisi inilah yang paling sering digunakan.Bukan alasannya yakni tidak ada jasa lain,melainkan biasanya sebuah perusahaan " mengharuskan " memakai jasa ini.

Mungkin alasannya yakni ini yakni perusahaan milik negara,jadi keabsahan sangat terpercaya.Saya yakin anda pernah membaca ada lowongan pekerjaan yang tertulis menyerupai ini " Kirimkan surat lamaran memakai pos indonesia ".

Instruksi tersebut secata tidak pribadi memberitahukan kepada anda supaya " harus " mengirimkanya memakai jasa POS INDONESIA.


Alur atau perjalan paket kiriman memakai jasa pos indonesai

Saya akan memulai klarifikasi ini dari point ini.Ketika anda mengirimkan sebuah bekas atau barang memakai jasa expedisi ini,berkas tersebut akan melalui sebuah proses,jadi tidak pribadi dikirimkan ke alamat,melainkan ada alurnya.

Untuk alur/perjalanan berkas anda urang lebih menyerupai ini :



Pengirim -> Kantor Pos -> Entri Data -> Proses pegiriman ( dalam proses pengiriman inilah yang biasanya menjadi sedikit usang ) ->Penerima


Saya akan menjelaskan untuk proses pegiriman oleh kurir kenapa terkadang dapat sangat lama.Ketika kurir mengirimkan paketnya,mereka tidak dapat pribadi menuju alamat alasannya yakni selain mungkin jaraknya terlalu jauh,dalam sebuah pengiriman biasanya digabungkan dengan alamat yang lainya.

Supaya lebih terorganisir dengan baik,biasanya pihak POS akan " menitipkan " paket tersebut ke kantor cabang terdekat,barulah petugas dari kantor cabang terdekat mengirimkanya ke alamat tujuan.

Kaprikornus anda tidak perlu heran kalau anda mengirimkan paket/berkas ke jawa barat misalnya,paketynya terkadang terlacak sedang ada di jawa tengah atau kawasan lainya.Ini alasannya yakni " proses penitipan " yang saya maksudkan diatas,supaya lebih terorganisir.

Inilah salah satu alasan kenapa pengiriman memakai jasa expedisi pos indonesia terkadang sangat lama.


Apa yang perlu dipersiapkan ketika ingin mengirimkan surat lamaran pekerjaan via kantor pos indonesia?


Diatas yakni sedikit klarifikasi mengenai prose perjalanan berkas anda.Selanjutnya,jika anda ingin menentukan jasa expedisi ini,siapkanlah beberapa hal berikut :

  • Berkas persyaratan yang lengap
  • Alamat tujuan
  • Pemilihan paket pengiriman yang benar
Saya akan menjelaskan satu-persatu untuk anda.


1. Menyiapkan berkas/dokumen/berkas yang baik dan benar


Point pertama yang perlu anda persiapkan tentu saja dokumen persyaratan.Sedangkan dokumen yang benar ketika mengirimkan surat lamaran kerja via pos yakni menyerupai berikut ini :
  • Sesuai dengan apa yang tertulis di info lowonganya ( dihentikan ada yang terlewat )
  • Perhatikan semua tanggal kadaluarsa berkas yang anda kirimkam
  • Sebisa mungkin mengirimkan berkas/dokumen yang sudah " dilegalisir/ada cap stempelnya" ( walaupun itu fotokopian,wajib ada stempel aslinya alias fotokopianya di stempel ulang )
  • Tidak menyertakan dokumen yang tidak penting
Point diatas yakni point yang harus anda perhatikan ketika menyiapkan berkas dokumenya.Jadi anda dihentikan asal dalam mengumpulkan persyaratanya.Masih bingung?

Secara umum,berkas yang biasanya ada didalam amplop lamaran kerja itu sebagai berikut :
  • Surat lamaran kerja ( kalau dapat yang tulis tangan )
  • Fotokopi Ijasah
  • Fotokopi SKHUN
  • Fotokopi SKCK/kartu kelakukan baik dari kepolisian
  • Fotokopi KTP
  • Forokopi kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja ( AK1 )
  • Daftar riwayat hidup ( dapat membeli yang sudah jadi,atau menuliskanya manual )
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi akta pengalaman kerja
Itulah berkas yang umumnya dimasukan kedalam amplop dan dikirimkan.Anda dapat menyesuaikan dengan apa yang tertulis di informasi lowongan kerjanya,atau jikalau tidak ada isyarat untuk mengirimkan berkas apa saja,silahkan kirimkan berkas diatas.

Legalisir dan tanggal kadaluarsa

Ada point suplemen selain kelengkapan dokumen yaitu : Tanggal kadaluarsa berkas dan legalisir dokumen.Untuk tanggal kadaluarsa,silahkan anda lihat pada SEMUA berkas atau dokumen yang anda masukan.

Jika dalam dokumen TIDAK ADA tangal kadaluarsanya,maka tidak perlu diperbarui,tetapi jikalau ada tanggalnya dan sudah HABIS,maka perbarui berkasnya.Kalau masih berlaku,ya kirimkan saja.Jika sudah hampir habis,maka saran saya lakukan pembaruan sekitar 1 atau 2 ahad sebelum tanggalnya berahir.

Sedangkan untuk legalisir,usahakan SEMUA berkas fotokopian anda di legalisir kecuali akta pengalaman kerja,karena paklaring tersebut sedikit sulit mengurusnya.Tetapi untuk dokumen lainya,usahakan ada legalisirnya.


2. Alamat Tujuan


Pastikan alamat perusahaan yang anda tuju itu BENAR dan VALID.Kalau alamat yang anda kirimkan salah,maka lamaran anda tidak akan hingga tujuan.Ok,saya anggap alamar yang anda miliki kini dalah alamat yang VALID.

Bagaimana cara menuliskan alamat perusahaan tujuan yang baik dan benar ketika mengirimkan surat lamaran kerja atau lainya memakai pos indonesia begaimana?

Untuk penulisan yang manis menyerupai ini :
  • Tuliskan alamat perusahaan yang anda tuju di surat lamaran kerja tulis tangan ( tepatnya dibawah kolom " kepada YTH "
  • Tuliskan di amplop ( tepatnya di cuilan muka amplop dan sebelah KIRI ATAS,untuk alamat anda ulis di sebelah KANAN BAWAH ),bagian muka amplop yakni cuilan yang TIDAK ADA tali ikatanya

Setelah semua berkasnya lengkap dan persiapan amplop sudah OK,sekarang waktunya mengirimkanya.Ingat yaa,sampai disini saya asumsikan isi amplop lamaran anda sudah manis ( sudah mengikuti panduan yang saya berikan diatas ).


Tatacara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Via Kantor Pos Indonesia


Setelah semuanya lengkap,silahkan menuju kantor posnya.Anda cukup membawa sejumlah uang untuk membayarnya.Tidak perlu membawa materai atau apapun,hanya sejumlah uang saja untuk membayar biayanya.

Prosesnya kurang lebih menyerupai ini :


1. Ambil nomor antrian


Biasanya,didalam ruangan kantornya,anda harus mengambil kartu antrian terlebih dahulu.Jika anda bingung,silahkan tanyakan kepada satpam yang sedang bertugas.Jika nomor antrianya TIDAK ADA,anda dapat alngsung menuju meja petugas.

Biasanya sih ambil nomor antrian dulu,kemudian menunggu nomornya dipanggil,tetapi tidak semuanya menyerupai itu.Bisa saja rosedurnya lai di wilayah yang berbeda.


2. Serahkan berkas dan pilih jenis paket pengiriman


Setelah nomor anda dipanggil,anda akan tanyai beberapa pertanyaan oleh petugas menyerupai :
  • Isi amplop apa
  • Apakah penulisan alamat sudah benar semua ( baik alamat tujuan ataupun alamat anda )
  • Ingin memakai paket apa
Saran saya,GUNAKAN PAKET PALING CEPAT.Ada beberapa jenis paket pengiriman yang ada di pos indonesia yatu :
  • Express
  • Pos kilat khusus
  • Paketpos
  • Dan sebagainya
Anda dapat menentukan lenis layanan " EXPRESS " alasannya yakni inilah yang paling cepat sampainya.Tetapi anda perlu tau bahwa TIDAK SEMUA WILAYAH dapat memakai jenis layanan ini.

Katakan saja " saya ingin yang paling cepat hingga " nanti petugas akan faham maksud anda dan memilihkan jenis layanan untuk anda.Seteleh itu,anda hanya tinggal pulang saja dan memantau posisi dokumen anda hingga dimana memakai nomor resi yang diberikan.


Cara Supaya Surat Lamaran Kerja yang Dikirim Lewat Pos Bisa Cepat Sampai


Dari klarifikasi diatas dapat disimpulkan bahwa,agar supaya surat yang dikirmkan dapat cepat sampai,anda perlu mempertimbangkan hal berikut :
  • Pastikan penulisan alamat lengkap dan terang ( khususnya pada cuilan amplop coklatnya )
  • Pilihlah jenis pengiriman paket yang paling cepat ( biasanya dibarengi dengan biaya yang lebih mahal )
  • Pilih " HARI YANG PAS " untuk mengirimkanya
Khusus untuk peilihan hari,usahakan mengirimkanya pada " AWAL MINGGU PERTAMA " antara hari senin atau selasa,kenapa?

Dengan hari itu,berkas yang anda kirimkan akan terus diproses tanpa ada jeda waktu alasannya yakni hari libur.Jika anda mengirimkan pada hari jumat,ada kemungkinan paket anda akan tertunda alasannya yakni hari libur ( tetapi biasanya untuk pengiriman,tidak ada liburnya ).

Untuk berjaga-jaga saja,pilihlah hari diawal minggu.Mungkin beberapa artikel berikut dapat membantu anda :

BACA :





Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan via pos indonesia supaya cepat sampai.Semoga dapat membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Semoga Cepat Sampai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel