iklan

Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Mudah

Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah - Pada laptop dan komputer pada umumnya, dua jenis sistem bit sanggup dipakai oleh pengguna komputer, antara sistem 32-bit dan sistem 64-bit. Kedua angka ini menawarkan lebar atau jumlah maksimum data yang sanggup diolah oleh sistem komputer. Biasanya, sistem 32-bit berarti membutuhkan prosesor yang mempunyai bit 32-bit atau 64-bit.

Sedangkan untuk sistem operasi 64-bit, ia hanya sanggup berjalan di komputer dengan prosesor tipe 64-bit alasannya yaitu prosesor 32-bit tidak sanggup memahami isyarat atau perintah yang dimiliki oleh agenda dengan tipe sistem 64-bit. 

Oleh alasannya yaitu itu Anda harus tahu cara mengetahui bit laptop sebelum menjalankan aplikasi atau menginstal aplikasi yang membutuhkan beberapa jenis bit komputer, meski Anda sanggup mengganti prosesor dengan mengupgrade prosesor laptop sehingga Anda sanggup mempunyai prosesor 64 bit.

Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah

 dua jenis sistem bit sanggup dipakai oleh pengguna komputer Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah
Bit

Dibawah ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui bit laptop yang anda miliki. Perhatikan bahwa cara berikut sanggup diterapkan pada sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Sementara pada sistem operasi lain mungkin sedikit berbeda menyerupai contohnya pada sistem operasi MacOS, atau Linux .

1. Menggunakan aplikasi SecurAble
Cara pertama untuk mengetahui berapa banyak bit dari sistem komputer yang Anda miliki, yaitu dengan mengetahui info perihal prosesor yang terdapat di komputer Anda. Anda sanggup melaksanakan ini dengan memakai proteksi aplikasi tertentu. Salah satunya yaitu dengan aplikasi SecurAble. 

Aplikasi ini meliputi aplikasi gratis yang sanggup Anda dapatkan dari internet. Anda tinggal mend0wnl0ad aplikasi ini kemudian menginstalnya, kemudian jalankan untuk mengetahui jenis prosesor apa yang ada di komputer Anda, apakah prosesor 32 bit atau prosesor 64 bit. 


Melalui aplikasi ini kita sanggup mengetahui bit laptop dari banyak sekali jenis prosesor AMD, atau Intel meski ada perbedaan antara Intel dan AMD salah satunya pada jenis socket processor yang digunakan.

2. Menggunakan System Properties
Alternatif selanjutnya bagi Anda yang ingin mengetahui jenis bit komputer Anda yaitu dengan memakai fitur Windows System Properties. Untuk mengakses fitur ini, baik pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 kurang lebih berikut;

Pertama anda harus buka sajian start atau klik icon Windows, kemudian klik kanan pada icon komputer atau biasanya "My Computer", kemudian dari sajian yang muncul pilih saja "Properties".

 dua jenis sistem bit sanggup dipakai oleh pengguna komputer Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah
Klik Properties

Di jendela gres yang muncul, akan ada sajian atau tab "System" yang berisi "System type". Pada tab itu Anda sanggup melihat sistem operasi Windows mana yang dipakai baik pada Windows 32 bit atau 64-bit.
 dua jenis sistem bit sanggup dipakai oleh pengguna komputer Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah
System Type


3. Menggunakan Informasi Sistem
Selain memakai fitur built-in atau aplikasi di Windows menyerupai di atas, Anda juga sanggup memanfaatkan aplikasi built-in lainnya di Windows yang merupakan Informasi Sistem. Aplikasi ini sanggup menawarkan banyak hal, mulai dari tipe prosesor, versi Windows dan sebagainya. 

Cara mengakses fitur ini juga cukup mudah. Anda cukup menentukan ikon start sajian atau ikon windows, kemudian pilih "All Programs", kemudian buka sajian "Accessories", kemudian "System Tools", dan dari pilihan yang muncul Anda akan melihat "System Information".

Buka aplikasi dan di jendela yang muncul Anda sanggup melihat jenis sistem yang Anda miliki dan fungsi prosesor apa yang Anda miliki, bila yang muncul yaitu "x86", maka sistem komputer Anda yaitu sistem komputer 32-bit, sedangkan bila muncul yaitu "x64" maka sistem anda tipe 64-bit. 

Bila sudah terang jenis prosesor dan laptop Anda, Anda sanggup mulai menginstal CD sesuai dengan cara menginstal driver tanpa CD dan mengikuti keadaan dengan versi prosesor laptop Anda.

4. Menggunakan Sistem
Dalam versi Windows XP atau versi Windows yang lebih tua, terdapat jendela warta sistem yang cukup lengkap dan sanggup menawarkan jenis bit sistem operasi yang kita miliki. 

Cara mengaksesnya cukup sederhana. Anda sanggup memakai kotak pencarian dengan mengklik sajian "Start", kemudian pada tab pencarian atau "Search Box", Anda sanggup menulis sistem yang menciptakan aplikasi Windows Anda "System".

 dua jenis sistem bit sanggup dipakai oleh pengguna komputer Cara Mengetahui Bit Laptop dengan Mudah
PC Info

Jika warta 32-bit atau x86 muncul di jendela Anda, sistem Anda 32 bit, sementara bila muncul x64 atau 64-bit, maka sistem komputer Anda (OS) yaitu 64 bit. Dari aplikasi ini Anda juga sanggup melihat versi lengkap prosesor Anda, contohnya melihat perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo dan beberapa perbedaan lainnya.

5. Memanfaatkan "Sistem Summary"
Cara mengetahui bit laptop berikutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur "System Summary" yang terdapat pada Windows 2000, Windows Server dan pada beberapa jenis versi Windows sebelumnya. 

Cara mengakses fitur ini juga cukup mudah, Anda cukup menekan tombol Win + R, kemudian di jendela run yang muncul, ketik sysdm.cpl dan klik OK atau enter. Kemudian sebuah jendela akan tampak menyerupai dengan System Information.

Jika yang muncul di jendela PC berbasis X86, maka sistem operasi Anda 32 bit, sedangkan bila dilihat EM64T, maka sistem operasi yang Anda miliki yaitu sistem operasi dan sistem komputer 64 bit.

Kesimpulan
Itulah beberapa cara untuk mengetahui bit laptop mana yang sanggup Anda gunakan dengan mudah. Semoga dengan beberapa tutorial singkat diatas anda sanggup mengetahui bagaimana cara mengetahui sedikit laptop dengan gampang dan cepat.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel