iklan

Cara Kerja Short Message Service (Sms)

 Kali ini mimin akan membahas bagaimana sih prosedur dari system kerja SMS Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Hallo semuanya..!!
Kali ini mimin akan membahas bagaimana sih prosedur dari system kerja SMS. Nah menyerupai yang sudah mimin pernah bahas di artikel sebelumnya, perihal Short Message Service tau yang biasa kita kenal dengan kata SMS itu merupakan layanan dasar telekomunikasi seluler, yang tersedia baik di jaringan GSM maupun CDMA.

Sebagai layanan dasar, service sms sanggup dipakai pada semua jenis handphone (HP) ataupun perangkat yang memakai teknologi ini didalamnya. Hampir semua SIM card selalu sanggup dipakai untuk SMS sehabis diaktifkan dari operator. Sedangkan Mekanisme SMS dikirim ke suatu nomer tertentu, dan SMS yang dikirim tidak akan pribadi dikirimkan ke nomer  tersebut, akan tetapi  akan masuk terlebih dahulu ke SMS CENTER (SMSC) Operator telepon yang anda gunakan.

SMS CENTER ini sanggup di artikan sendiri sebagai sebuah server yang bertanggung  jawab pada proses pengiriman SMS dalam sebuah operator. Dan disini mimin akan menjelaskan suplemen SMS Gateway itu menyerupai apa sih.

PENGERTIAN SMS GATEWAY

SMS Gateway merupakan sebuah kegiatan aplikasi yang menghubungkan antara semua SMS yang diterima maupun dikirim ke sebuah PC dengan memakai jaringan GSM. Dan bab ini berfungsi membaca SMS dari MS dan mengembalikan SMS balasan.

Dalam operator GSM setiap SMSC akan selalu berbeda dengan yang lainnya. SMS Gateway ialah penghubung antara handphone yang memakai kemudahan SMS dengan komputer. SMS Gateway bekerja dengan cara menghubungkan handphone yang mempunyai kemudahan SMS dan komputer selaku operator otomatisnya.
Kaprikornus menurut hasil kesimpulan di atas  Secara garis besar prosedur kerja SMS sanggup menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Pengiriman SMS melalui Satu Operator. (Intra-Operator SMS)

Gambar prosedur pengiriman SMS ini sanggup Anda lihat pada gambar dibawah ini.

 Kali ini mimin akan membahas bagaimana sih prosedur dari system kerja SMS Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Dari gambar diatas,SMS yang dikirimkan oleh nomor pengirim akan dimasukkan   terlebih dahulu kedalam SMSC operator nomor pengiriman,kemudian SMSC tersebut akan mengirimkan ke nomor yang dituju secara langsung,Nomor peserta kemudian akan mengirinkan sebuah Delivery report yang menyatakan bahwa SMS telah diterima Ke SMSC.SMSC kemudian meneruskan report tersebut ke nomor pengirim SMS,disertai status Report dari proses pengiriman dari SMS tersebut.

2. Pengiriman SMS antar Operator yang berbeda 

Pada prosedur ini, SMS yang dikirimkan akan melalui dua buah SMSC. Perhatikan gambar dibawah ini.

 Kali ini mimin akan membahas bagaimana sih prosedur dari system kerja SMS Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)


Pada gambar diatas, SMS yang dikirimkan akan diteruskan oleh SMSC operator pengirim,ke SMSC operator peserta SMS,kemudian gres diteruskan ke nomor tujuan.Delivery report yang dihasilkan pun akan melalui jalur tersebut,agar sanggup hingga ke nomor pengirim SMS.

3. Pengiriman SMS dari Operator Suatu Negara ke Negara lain.

Proses pengiriman SMS pada prosedur ini sering disebut  dengan istilah SMS Internasional.mekanisme yang terjadi tidak jauh berbeda denga prosedur pada inter operator SMS.Perbedaannya hanya ada pada SMSC  nomor penerima,yang tentu saja ialah SMSC operator luar negeri,dan penambahan isyarat negara pada nomor tentunya.


Dan semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih.






Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Kerja Short Message Service (Sms)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel