iklan

Beda Abis! Ini Loh Perbedaan Prinsip Bisnis B2b Dan B2c

Apakah Anda merasa familiar dengan konsep bisnis B2B dan B2C?


Konsep tersebut memang masih terdengar abnormal bagi masyarakat awam. Namun, pengetahuan perihal B2B dan B2C sangat penting dalam ruang lingkup bisnis. Bila Anda sudah bisa membedakannya, berarti Anda sanggup mengklasifikasikan bisnis Anda secara akurat. Jadi, mari mempelajari kedua konsep tersebut melalui pemahaman sederhana berikut ini!


Apa Itu B2B?


B2B merupakan abreviasi dari istilah Business To Business. Artinya, bisnis Anda menyiapkan produk atau jasa untuk kebutuhan bisnis lainnya. Misalnya, bisnis catering yang fokus untuk kebutuhan konsumsi di perusahaan-perusahaan besar.


Atau bisnis pengolahan pipa plastik yang menjadi supplier untuk toko-toko materi bangunan. Omset bisnis berkonsep B2B memang relatif besar lantaran bisnis lain membutuhkan produk atau jasanya dalam jumlah banyak.


Apa Itu B2C?


Hampir sama ibarat B2B, B2C yaitu abreviasi dari istilah Business To Customer. Para pebisnis yang menganut konsep ini biasanya eksklusif berfokus kepada para pelanggan. Contohnya, pebisnis makanan yang memproduksi kudapan eksklusif membidik pelanggan sebagai target.


Ada pula toko-toko retail yang menjual produk secara eceran. Atau bisnis laundry kiloan yang menyediakan jasa basuh dan setrika pakaian. Jika dibandingkan dengan B2B, jumlah bisnis berkonsep B2C tentu jauh lebih banyak. Karena biasanya bisnis di tingkat rumah tangga dan UMKM menentukan konsep yang satu ini.


Prinsip Marketing yang Tepat untuk B2B


Bisnis berkonsep B2B harus menjalankan taktik marketing yang sempurna untuk mencapai omset bisnis fantastis. Loyalitas pelanggan setia menjadi salah satu hal penting bagi bisnis B2B. Karena bukan tidak mungkin bila pelanggan yang puas akan membantu mempromosikan bisnis Anda kepada para pelaku bisnis lainnya.


Apakah Anda merasa familiar dengan konsep bisnis B Beda Abis! Ini Loh Perbedaan Prinsip Bisnis B2B dan B2C


Di samping itu, pelayanan terhadap para pelanggan besar juga bisa menjadi testimoni Anda. Pasti gembira sekali kan bila bisnis Anda sanggup menyuplai kebutuhan perusahaan-perusahaan korporat besar dalam kurun waktu lama. Butuh waktu usang untuk membangun personal branding yang besar lengan berkuasa sebagai pelaku bisnis B2B. Namun, jadinya tentu akan memuaskan jika Anda membangun secara konsisten.


Lain Pula Halnya dengan Prinsip Marketing B2C


Prinsip marketing B2B memang menjadi salah satu pecahan penting dalam B2C. Karena loyalitas pelanggan juga menjadi tujuan utama setiap bisnis. Namun, prinsip marketing B2C juga membutuhkan upaya promosi besar-besaran untuk menarik calon pelanggan.


Menyiapkan konten visual dan audio visual, memakai media sosial, dan mencetak banner yaitu pecahan penting dari prinsip marketing B2C. Sebab pelanggan bisnis B2C cenderung lebih aktif membandingkan harga dan kualitas produk sejenis.


Anda harus bisa mengatakan bahwa produk Anda lebih menonjol dan berkualitas dibandingkan produk kompetitor. Berusahalah untuk menjalankan persaingan sehat tanpa menjatuhkan reputasi produk-produk lain. Banyak sekali pelanggan setia bisnis B2C yang berawal dari ketertarikan terhadap promosi.


Meskipun konsep bisnis B2B dan B2C mempunyai banyak perbedaan, urusan finansialnya tetaplah sama. Kedua konsep bisnis tersebut harus mengelola finansial secara akurat dan sistematis. Oleh alasannya yaitu itu, bisnis B2B dan B2C modern senantiasa mengandalkan Accurate Online. Software laporan keuangan berbahasa Indonesia tersebut dijalankan dengan sistem cloud. Sehingga Anda tak perlu khawatir kehilangan data-data penting saat server sedang bermasalah.


Bila memakai Accurate Online, Anda akan leluasa menciptakan laporan modul besar, mengurus persediaan barang, aset bisnis, dan urusan finansial lainnya. Membuat, mencetak, dan mengirim faktur pun bisa dilakukan dengan mudah. Karena Accurate Online juga sanggup diintegrasikan dengan sistem aplikasi lainnya. Bahkan, Anda juga bisa menghitung dan membayar pajak melalui software keuangan tersebut.


Penggunaan software keuangan berkualitas yaitu investasi berharga bagi bisnis B2B dan B2C. Karena pengelolaan finansial yang baik menjadi salah satu pondasi penting dalam berbisnis. Yuk, memakai Accurate Online untuk sistem laporan keuangan bisnis yang lebih baik.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beda Abis! Ini Loh Perbedaan Prinsip Bisnis B2b Dan B2c"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel