iklan

7 Cara Supaya Menjadi (Dan Tetap) Kreatif

Setuju nggak, bila kita bilang bahwa untuk tetap survive di segala bidang itu tergantung pada kemampuan kita untuk tetap kreatif? Meski kita nggak kerja di bidang industri kreatif pun, kita harus tetap kreatif. Meski kita bukan termasuk di dalam divisi kreatif pun dalam struktur sebuah perusahaan, kita juga harus kreatif.

Kalau enggak?

Ya, barangkali kita akan jadi menyerupai robot. Harus diprogram untuk melaksanakan sesuatu, dan sudah. Padahal, mungkin dengan menjadi kreatif, kita bisa lebih baik lagi dalam menuntaskan tugas-tugas kita lho.

Sebenarnya, apa sih arti kreatif itu?

Kreatif berdasarkan saya yakni proses insan untuk menemukan cara sehingga bisa memecahkan satu duduk kasus atau kasus dengan berhasil guna dan berdaya guna. Kreatif bukan berarti harus selalu menemukan hal yang gres lho, tapi bila saya bilang sih, lebih ke ‘berhasil memecahkan kasus yang timbul apa enggak dengan tepat’. Kayak di desain misalnya, desain yang baik nggak melulu soal anggun apa enggak, tapi berhasil memecahkan permasalahan yang terjadi apa enggak.

Dan, ini nggak cuma berhenti di desain, tapi di semua aspek kehidupan kita. Sebagai orangtua? Ya, kita harus kreatif dalam mendidik anak. Sebagai entrepreneur? Ya, harus kreatif membaca peluang membuatkan bisnis. Sebagai karyawan? Ya, harus kreatif membuatkan diri dan menuntaskan kiprah kita.

Baca juga:  Anda Gila Belanja? Coba Berhemat 20 Persen dengan Kartu Kredit yang Tepat

Lalu, bagaimana cara biar bisa menjadi dan tetap kreatif? Ada 7 cara.

#1 Bawa Buku Catatan

Mengapa? Karena inspirasi bisa tiba di mana pun. Nggak harus berwujud buku juga sih, kita bisa mencatat ide-ide yang tiba-tiba muncul itu di hape, smartphone atau gadget kamu. Pilihlah yang paling nyaman kita gunakan.

#2 Bernyanyi di Kamar Mandi

Yep, nyanyilah dengan keras di kamar mandi, kemudian berimprovisasilah. Sing like noone hears you. Ganti liriknya, ganti nadanya. Hahaha. Bukan, pada dasarnya bergotong-royong bukan pada kegiatan menyanyinya sih. Tapi lebih pada ‘berimprovisasi’. Kadang kita menghadapi hal-hal yang di luar planning atau di luar kendali kita, dan cara kita mengatasinya yakni dengan berimprovisasi. Dan tahu nggak sih, proses inilah justru yang menjadi inti dari ‘kreatif’. Yep, improvisasi.

Dengan menyanyi di kamar mandi, dan mengganti lirik dan nadanya bisa melatih kau untuk berimprovisasi. Mengapa menyanyi? Di kamar mandi lagi. Karena yah, banyak lho yang punya hobi nyanyi di kamar mandi. Haha. Kamu juga?

Kalau suka menggambar, kita juga bisa menimbulkan acara menggambar sebagai latihan improvisasi. Temukan latihan versi kita sendiri, dan mulai berimprovisasi.

#3 Surround Yourself with Creative People

Yes, lingkungan sudah niscaya sanggup memengaruhi. Jadi, pastikan kkita berada di lingkungan yang tepat. Pengin kreatif? Ya, berkumpullah bersama orang-orang kreatif. Please, no drama. Kemudian ajaklah mereka berkolaborasi, minta feedback atas karya kita atau hasil yang sudah kita peroleh sebelumnya. Percayalah, kritik dan saran tak sesadis kedengarannya. Kita selalu bisa mengambil manfaat dari kritik dan saran, sepedas apa pun itu.

#4 Let Yourself Make Mistakes

Kita berguru dari kesalahan. Setuju? Asal nggak salah terus aja. Kalau masih saja jatuh ke lubang yang sama, ya sama aja bohong, kita nggak berguru berarti J So, lihat kesempatan, ambil risiko. Orang-orang yang sukses itu barangkali untung sama ruginya juga 50-50 kok. Hanya kemudian mereka memperhitungkan manfaatnya untuk kemudian bisa menutup kerugiannya.

#5 Stop Trying to be Someone Else

Yang satu ini gampang-gampang susah ya. Saya sendiri bila lihat orang lain sukses terus pengin jadi kayak orang itu. Hahaha. Tapi kita bisa belajar. Belajar dengan mengamati orang tersebut, kemudian caranya yang kita ambil, dan sesuaikan dengan kondisi kita. Jangan juga terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Just be you.

#6 Bersihkan Area Kerja

Area kerja yang higienis dan rapi akan menciptakan pikiran juga hening dan jernih lho. Coba aja. Barangkali kita yakni tipe orang yang bila kerja semua tumplek brek di atas meja. Ya nggak apa-apa juga. Tapi setelahnya, harus segera beresin. Sehingga pas besoknya kita mau bekerja lagi, pikiran nggak kusut duluan lihat meja kerja yang berantakan. Barangkali hal ini akan sulit buat beberapa orang, tapi bisa kok dicoba. Nggak ada salahnya kan mengubah kebiasaan menjadi lebih baik?

Baca juga5 Strategi Menabung Untuk Kamu Yang Boros!

#7 Have Fun and Finish it!

Yes, yang penting kita harus fun dikala melakukannya, dan kemudian selesaikan yang sudah kita mulai. Apa artinya menjadi kreatif, bila nggak ada yang selesai. Iya nggak? Apa artinya menjadi kreatif, bila kita nggak sambil senang-senang ngerjainnya. Setuju kan? Bangun suasana yang menyenangkan, dikala sudah terlalu jenuh just get away for awhile. Piknik! Lalu kembali lagi untuk menuntaskan hal yang sudah dimulai tersebut.

Semoga saran-saran di atas bisa bermanfaat ya.

Salam kreatif!

Artikel Tamu Ditulis oleh Carolina Ratri (Blog: www.RedCarra.com); Twitter: @RedCarra


Sumber https://duwitmu.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Supaya Menjadi (Dan Tetap) Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel