iklan

5 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba - Kartu memori merupakan salah satu media penyimpan data yang penting dan sering dipakai oleh banyak sekali orang untuk melaksanakan penyimpanan data. Saat ini, kapasitas memori kendaraan beroda empat semakin besar dan sanggup bersaing dengan kapasitas yang dimiliki oleh lampu kilat.

Karena itu, kebanyakan orang mulai memakai kartu memori untuk menjadi salah satu media penyimpan data utama disamping flashdisk.

Dengan demikian, bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali harus diketahui sebagai bentuk antisipasi sehingga kalau kartu memori yang dimiliki tiba-tiba tidak dibaca sama sekali, kita sanggup mengatasinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki kartu memori yang tidak gampang dibaca sama sekali. Yang pertama terkait dengan penyebab kesalahan kartu memori itu sendiri. Terkadang ada kartu memori yang mempunyai error dan tidak sanggup diperbaiki lagi lantaran kartu memori fisik sudah rusak.

Bila itu terjadi, maka cara memperbaiki kartu memori yang belum dibaca tidak sanggup dilakukan sama sekali. Kartu memori juga berbeda dengan SSD, menyerupai perbedaan antara RAM dan Hardisk.

Yang kedua terkait dengan kemungkinan data disimpan. Probabilitas bahwa data sanggup diselamatkan dengan tepat kemungkinan akan lebih kecil lantaran semakin jelek dengan kartu memori yang Anda miliki.

Karena itu, alangkah baiknya mengetahui cara mengatasi kartu memori yang tiba-tiba eror, Anda juga rutin melaksanakan backup pada kartu memori yang Anda miliki sebagai bentuk antisipasi kalau data yang ada di kartu memori Anda tidak sanggup lagi dipulihkan.

 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba 5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba
5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

Lalu, bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang tidak sanggup dibaca sama sekali? Bagi anda yang ingin tau dan eksklusif penasaran, berikut beberapa cara di antaranya.

1. Mencoba komputer lain
Langkah pertama untuk memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali yakni memastikan kartu memori Anda masih berfungsi.

Caranya sangat sederhana, yaitu untuk melihat apakah kartu memori yang Anda miliki sanggup dibaca di komputer selain komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk mengakses kartu memori.

Jika kartu memori masih terbaca, kemungkinan besar kartu memori yang Anda miliki tidak mempunyai problem signifikan.

Namun, kalau kartu memori tidak gampang dibaca hanya di komputer lain juga, maka ada baiknya untuk memastikan apakah kondisi fisik kartu memori Anda bermasalah.

Coba lepaskan dan masukkan kembali kartu memori yang Anda miliki ke port kartu memori di komputer Anda dan beberapa komputer lain untuk memastikan komputer Anda tidak bermasalah.

2. Pastikan format partisi sanggup dibaca oleh sistem operasi yang anda miliki
Langkah kedua dalam memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali yakni untuk memastikan bahwa kartu memori yang Anda gunakan mempunyai format partisi yang sanggup dibaca oleh komputer yang Anda gunakan.

Misalnya kalau kartu memori Anda mempunyai format partisi ext4, pastikan partisi tersebut sanggup dibaca oleh sistem operasi yang Anda instal di laptop Anda. Tidak semua sistem operasi mendukung semua jenis file partisi.

Oleh lantaran itu kemungkinan besar hal itu akan terjadi kalau Anda membuka kartu memori Anda di laptop atau sistem operasi yang tidak mendukung file partisi kartu memori, maka yang terjadi yakni kartu memori yang Anda miliki tidak sanggup dibaca sama sekali.

Bila kartu memori Anda tidak sanggup dibaca sama sekali lantaran problem file partisi, Anda sanggup memindahkan data di laptop Anda melalui komputer atau sistem operasi lain yang mendukung partisi kartu memori Anda, kemudian memformat ulang kartu memori Anda biar mempunyai jenis partisi tersebut. sanggup didukung oleh sistem operasi yang Anda gunakan.

Jika ternyata problem partisi ini disebabkan oleh virus, maka Anda sanggup mencoba cara menghapus virus pada laptop Windows 7 yang juga sanggup diaplikasikan di Windows lain.

3. Membersihkan dengan penghapus karet
Ada kalanya kartu memori Anda tidak sanggup dibaca sama sekali lantaran problem kotoran melekat pada belahan perangkat keras untuk menghubungkan antara kartu memori dengan pembaca kartu memori di laptop Anda.

Karena itu, salah satu cara Anda sanggup memperbaiki kartu memori yang tidak sanggup dibaca sama sekali yakni dengan membersihkan belahan perangkat keras kartu memori Anda sekaligus di komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk membaca kartu memori.

Jika penyebab dari kartu memori yang belum dibaca yang Anda miliki benar-benar lantaran problem yang kotor dan semacamnya, maka kartu memori Anda akan sanggup membaca kembali kalau telah dibersihkan dengan memakai penghapus karet yang sanggup dibeli dengan harga murah di toko alat tulis, atau dengan memakai karet gelang.

4. Mengganti Card Reader
Jika Anda telah berhasil memastikan bahwa kartu memori Anda baik-baik saja alias tidak mempunyai problem tertentu, maka ada baiknya mengganti card reader yang Anda gunakan di laptop atau komputer yang Anda miliki.

Jika dalam hal ini kartu memori tidak sanggup dibaca di ponsel Anda, dan Anda telah memastikan bahwa file partisi yang dimiliki oleh kartu memori Anda sanggup dibaca oleh sistem operasi yang dipakai di handphone Anda, maka Anda sanggup mulai berpikir untuk mengganti pembaca kartu di ponsel Anda

Pembaca kartu yang rusak sanggup menjadikan kartu memori Anda tidak terbaca, dan lantaran itulah terkadang kartu memori Anda tidak sanggup dibaca sama sekali.

Tentunya mengganti card reader membutuhkan uang dan waktu tidak kecil, meski lantaran itu manis kalau anda menganggapnya baik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelas kartu SD yang Anda miliki biar sanggup dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya yakni mengenal kelas di SD Card.

5. Format ulang
Cara yang satu ini cukup berisiko, lantaran kalau Anda tidak mempunyai data penting cadangan yang terdapat dalam kartu memori Anda, kemungkinan besar data dalam kartu memori tidak sanggup dipulihkan dengan sempurna.

Membentuk ulang kartu memori Anda sanggup dipakai untuk mengatasi problem kartu memori yang tidak sanggup dibaca sama sekali lantaran partisi master yang rusak pada partisi kartu memori Anda.

Dengan memformat ulang, Anda sanggup memperbaiki partisi master, tentunya dengan resiko data yang Anda miliki akan hilang lantaran dengan format ulang, itu juga berarti data partisi usang akan terhapus.

Jika Anda tidak ingin melaksanakan ini, maka Anda sanggup melaksanakan cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.

Anda sanggup memakai perangkat lunak untuk memulihkan data, namun tingkat pengembalian data belum tentu sempurna.

Dengan demikian, lakukan cara ini kalau Anda yakin data di kartu memori Anda sudah back-up atau tidak terlalu penting kalau hilang dan tidak sanggup dipulihkan lagi. Jika memakai Android, Anda sanggup memakai format kartu memori di Android.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak sanggup dibaca sama sekali. Semoga dengan beberapa cara diatas anda sanggup mengatasi problem kartu memori anda yang tidak gampang dibaca sama sekali ya.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel