iklan

4 Wacana Penting Biaya Produksi Demi Efektivitas Produksi Bagi Ukm

Biaya produksi ialah salah satu poin penting dalam bisnis. Dengan adanya perhitungan yang tepat, Anda akan mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dalam setiap produksi. Sehingga Anda sanggup menghitung harga jual secara sempurna dan akurat


Ketika memulai bisnis, terutama bisnis yang membuat produk, Anda harus sanggup memikirkan modal yang sudah dikeluarkan. Ini penting bagi para pengusaha UMKM untuk sanggup mengetahui berapa harga jual yang sempurna untuk produk mereka. Perhitungan modal yang sempurna ini akan membuat Anda lebih gampang dalam menghitung jumlah keuntungan.


Dari modal tersebut, Anda akan mengetahui berapa banyak cost of production yang sudah dikeluarkan. Mengapa ini penting? Sebab Anda akan menghitung berapa modal yang Anda keluarkan. Ini penting, sebab Anda akan memasukan biaya produksi dalam laporan keuntungan rugi yang akan Anda buat, di setiap tamat periode.


Mengapa Biaya Produksi Penting bagi UKM ?


Banyak pengusaha yang menganggap ketika mereka sudah memproduksi produk, kiprah mereka sudah selesai. Produk sudah ada, tinggal memikirkan bagaimana produk ini laku. Masalah harga masih sanggup dipikirkan dan diubahsuaikan dengan minat pasar.


Sering sekali para pengusaha, mungkin diri Anda sendiri, dikala mulai memproduksi barang atau jasa penentuan harga jual hanya dengan menebak dan kira-kira saja. Dalam ilmu akuntansi penentuan harga jual sanggup ditentukan dengan menghitung berapa ongkos yang dikeluarkan selama produksi. Inilah pentingnya mengetahui mengenai biaya produksi.


Dengan penentuan biaya produksi, Anda sanggup menghitung lebih efisien setiap proses produksi. Efisien bukan berarti harus mengurangkan kualitas dari produk yang Anda produksi yah. Ada beberapa faktor yang harus diketahui dalam memilih biaya produksi.


Faktor-Faktor dalam Biaya Produksi


Pasti Anda sebagai pengusaha bertanya-tanya apa saja faktor-faktor yang ada pada ongkos produksi. Seperti yang dijelaskan oleh Charles T. Horngren :


Biaya Material


Biaya material merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli materi baku secara fisik atau materi mentah sebelum di mulainya proses produksi. Biaya ini harus Anda catat berapa banyak modal yang dikeluarkan. Contohnya Anda mempunyai perjuangan bakso, jadi materi baku yang wajib Anda beli ialah terigu, daging, bumbu, mie, dan lainnya.


Biaya Tenaga Kerja


Bila perjuangan yang Anda jalankan belum begitu besar dan produksi yang dilakukan masih Anda lakukan sendiri, Anda tidak perlu menghitung biaya tenaga kerja yang memproduksi produk atau jasa yang Anda miliki.


Tetapi kalau Anda memakai tenaga seseorang untuk memproduksi, Anda wajib untuk menghitung biaya tenaga kerja yang sudah Anda keluarkan. Sehingga Anda mengetahui berapa biaya dalam satu hari, satu minggu, ataupun satu bulan yang dibayarkan untuk biaya tenaga kerja.


Biaya Overhead


Biaya Overhead ini sanggup dikatakan sebagai biaya tak terduga selama jalannya produksi. Disebut juga sebagai biaya yang tidak eksklusif berkaitan dalam acara produksi yang Anda lakukan. Ada beberapa pola biaya overhead yang harus Anda ketahui dalam unsur-unsur biaya produksi yang harus Anda ketahui.


Bahan Material Tidak Langsung


Seperti yang dijelaskan di atas tadi. Biaya overhead ialah biaya yang sulit untuk di deteksi dan tidak berkaitan eksklusif dengan proses produksi. Misal pembelian pembersih untuk membersihkan pabrik, minyak, dan bahan-bahan untuk membantu jalannya produksi. Biaya ini sangat sulit dilacak.


Tenaga Kerja Tidak Langsung


Dalam memilih ongkos produksi, Anda dilarang melupakan tenaga kerja tidak langsung. Jika Anda menjual makanan, Anda tidak melibatkan orang lain dalam proses produksi. Tetapi Anda mempekerjakan seorang staff untuk belahan kasir. Maka Anda harus menghitung biaya tenaga kerja tersebut.


Setelah kesemua faktor tersebut sudah Anda ketahui. Sekarang saatnya Anda menyusun sebuah laporan biaya produksi. Laporan ini penting, sebab akan di masukan dalam laporan keuntungan rugi perjuangan yang Anda jalankan. Sehingga Anda sanggup mengetahui berapa keuntungan yang Anda peroleh dari produksi yang Anda lakukan.


Membuat Laporan Biaya Produksi


Biaya produksi ialah salah satu poin penting dalam bisnis 4 Ihwal Penting Biaya Produksi Demi Efektivitas Produksi Bagi UKM

Contoh Laporan Biaya Produksi, Foto: Slideshare.net


Ada cukup banyak faktor dalam proses produksi suatu barang mentah menjadi barang jadi. Dalam proses tersebut, Anda pun harus mengeluarkan banyak biaya yang harus Anda hitung dengan baik dan cermat. Proses ini memang terbilang sulit.


SolusiUKM akan menunjukkan tahapan-tahapan menghitung biaya produksi yang sudah terjadi dalam proses produksi yang Anda lakukan.


Tahap Pertama


Catat secara teliti berapa biaya yang sudah dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan produksi.


Tahap Kedua


Jangan lupa menghitung biaya tenaga kerja (jika ada). Jangan hingga ini terlewatkan.


Tahap Ketiga


Hitung semua biaya overhead yang Anda peroleh dari setiap catatan keuangan yang detail dan rinci.


Tahap Keempat


Setelah semua tahapan di atas sudah dilakukan. Anda akan mendapat citra seluruh biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi yang Anda lakukan. Jangan hingga lupa, Anda juga harus menghitung berapa biaya yang dikeluarkan dalam proses distribusi produk dari Anda ke para agen hingga biaya ke konsumen.


Sehingga Anda sanggup mengetahui berapa harga yang sempurna mengenai produk atau jasa yang Anda berikan tersebut. Ketika Anda totalkan seluruh biaya produksi yang sudah terjadi, Anda sebagai pemilik perjuangan sanggup mengetahui berapa Harga Pokok Penjualan (Cost of Goods Sold) yang sesuai dengan produk yang Anda miliki.


Apa Manfaat Mengetahui Biaya Produksi?


Pasti Anda sebagai pengusaha, terutama pengusaha pemula bertanya-tanya apa sih manfaat dari mengetahui biaya produksi. Daripada Anda penasaran, SolusiUKM sudah menyiapkan manfaat mengetahui biaya produksi suatu produk.


Pengendalian Ongkos Produksi Secara Cermat


Dengan mencatat dan menghitung ongkos produksi yang cermat, Anda akan gampang dalam mengawasi dan mengendalikan semua biaya yang sudah dikeluarkan sepanjang proses produksi berlangsung.


Menentukan Harga Produk


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa memilih harga sebuah produk yang akan diberikan kepada konsumen ialah dengan mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi produk tersebut. Disinilah pentingnya menghitung berapa biaya selama produksi. Sehingga sanggup dengan gampang dalam memilih harga jual.


Menghitung Laba dan Rugi


Ketika Anda menghitung keuntungan dan rugi perjuangan yang Anda jalankan. Anda harus menghitung semua biaya yang sudah Anda keluarkan. Termasuk biaya produksi. Dari hasil produksi, apakah Anda mendapat keuntungan atau malah rugi?


Disinilah mengapa Anda harus mengetahui berapa ongkos produksi yang Anda keluarkan. Apakah sudah efisien dan efektif? Dari sini akan terlihat, apakah dalam proses produksi harga produk yang ditawarkan sanggup menutup biaya produksi yang sudah terjadi. Makara Anda sanggup mengetahui apakah biayanya untung atau rugi.


Tak ada salahnya kalau Anda menghitung biaya produksi dengan tepat. Sebab dengan mengetahui berapa biaya produksi, Anda sanggup mengetahui berapa banyak biaya yang Anda keluarkan. Dan Anda juga sanggup mengetahui berapa banyak keuntungan yang Anda peroleh.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Wacana Penting Biaya Produksi Demi Efektivitas Produksi Bagi Ukm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel