iklan

3 Hambatan Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui

Pemasaran produk pertanian – Dalam menjalankan sebuah bisnis, tugas pemasaran sangat strategis dalam mendukung kesuksesan perjuangan yang Anda jalankan. Tidak terkecuali dalam bisnis agribisnis. Anda sebagai petani membutuhkan beberapa taktik jitu sehingga hasil panen bisa laris keras di pasaran dengan harga yang cukup tinggi dan bisa menembus pasar nasional maupun pasar internasional.


Walaupun intinya taktik pemasaran produk pertanian tidak berbeda dengan cara pemasaran produk lainnya, akan tetapi masih banyak para petani yang masih disulitkan dengan beberapa hambatan yang menghambat sistem pemasaran produknya. Sehingga sangat tidak mengherankan bila dikala ini pemasaran produk pertanian belum semuanya bisa berjalan dengan maksimal dan masih mengalami kesulitan untuk menembus ketatnya persaingan di pasar luar negeri atau mancanegara.


 tugas pemasaran sangat strategis dalam mendukung kesuksesan perjuangan yang Anda jalankan 3 Kendala Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui
Hasil penen kobis siap dipasarkan

Banyak sekali hambatan yang dihadapi oleh para petani di Indonesia untuk memasarkan produk pertaniannya. Seperti apa saja hambatan yang dihadapi oleh para petani di Indonesia? Berikut akan kami coba ulas permasalahan tersebut supaya bisa menjadikan perhatian bagi Anda atau pun bisa dipakai sebagai materi pertimbangan Anda.


pemasaran produk jamur: Pemasaran Usaha Budidaya Jamur Dengan Media Online


Ketersedian Barang Yang Masih Bersifat Musiman


Sangat disayangkan selama ini para petani di Indonesia masih mengandalkan teknologi sederhana dalam perjuangan untuk membuatkan produk pertaniannya. Tentu saja hal ini akan menghipnotis komoditas panen yang nantinya akan dihasilkan dan balasannya persediaan barang akan bersifat musiman atau belum stabil untuk memenuhi usul pasar. Ketika panen raya terjadi maka stok barang akan menjadi sangat melimpah ruah dan menimbulkan harga jualnya bisa terjun bebas dengan nilai yang sangat rendah. Sedangkan pada dikala belum musimnya, ketersediaan barang akan sangat sulit dicari dan stoknya bisa sangat terbatas dan akan menimbulkan harga jual yang ada akan melambung sangat tinggi.


Keberadaan produk yang kurang stabil inilah yang menjadi faktor atau menjadi salah satu hambatan besar bagi para pelaku perjuangan untuk melaksanakan pemasaran produk pertanian. Akibat yang ditimbulkan yaitu para petani belum bisa untuk memenuhi usul pasar ekspor secara berkelanjutan pada produk pertanian agribisnis.


Adanya Rantai Pemasaran Yang Panjang


Terkadang dengan panjangnya rantai pemasaran produk pertanian pada bidang agribisnis bisa mengakibatkan biaya operasional akan menjadi sangat besar. Dengan biaya operasional yang membengkak tentunya akan menghipnotis dari laba yang akan didapat oleh para pelaku bisnis produk agribisnis ini. Dengan semakin banyaknya rantai atau mediator yang dilalui untuk sebuah pemasaran produk pertanian, maka menimbulkan semakin kecilnya harga tawar dari produk tersebut.


Maka sangat masuk akal bila kadang harga yang ditawarkan oleh para tengkulak kepada para petani atau para pelaku bisnis terkadang sangat tidak sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan nilainya lebih rendah bila dibandingkan dengan harga jual normal yang ada di pasaran ( harga simpulan yang berlaku dikalangan konsumen simpulan ).


Minimnya Informasi Jaringan Pasar


Hingga dikala ini masih berbagai para petani di kawasan yang terpencil masih sangat minim dalam pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis pasar. Bahkan hampir sebagian dari petani tersebut belum bisa mendapat informasi perihal calon konsumen yang potensial itu menyerupai apa dan bagaimana cara mendapat konsumen potensial tersebut. Maka sangat tidak mengherankan bila pada dikala ini banyak petani yang masih kebingungan dalam melaksanakan pemasaran produk pertanian. Akibat minimnya perencanaan untuk menjalankan perjuangan agribisnis serta masih kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para petani di Indonesia mengakibatkan pemasaran produk pertanian di Indonesia masih belum sangat maksimal dan banyak ditemui hambatan ditengah jalan.


Untuk itu dibutuhkan solusi kerjasama antara dari pihak pemerintah ataupun swasta. Hingga nantinya kualitas pemasaran produk pertanian di Indonesia bisa memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Dengan adanya peningkatan yang signifikan dibutuhkan produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan pasar yang diluar sana masih terbuka lebar.


 tugas pemasaran sangat strategis dalam mendukung kesuksesan perjuangan yang Anda jalankan 3 Kendala Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui
Hasil dari produk pertanian di Indonesia

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagi perihal hambatan pemasaran produk pertanian. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda pada pembaca dan semoga pula sanggup memperlihatkan semangat gres bagi Anda para pelaku dibidang perjuangan agribisnis sehingga bisa lebih melebarkan sayap sampai pasar internasional. Langkah kecil Anda akan memilih menyerupai apa kesuksesan yang akan Anda dapatkan kedepannya. Terima kasih.


pemasaran hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: berdesa, merdeka




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Hambatan Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel