iklan

Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal

Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan BawalIndonesia memang diberkahi peluang bisnis agro atau agribisnis yang sangat besar. Beragam jenis perjuangan tanaman, peternakan dan perikanan sanggup berkembang dengan baik di Indonesia. Dan inilah alasan agribisnis akan selalu menjadi pilihan perjuangan dengan modal kecil  yang sangat potensial untuk Anda jalankan.


Salah satu yang menarik untuk Anda jalankan yakni perjuangan budidaya ikan bawal. Dari sisi investasi bisnis perikanan cenderung sangat memikat. Usaha ini tidak membutuhkan banyak perjuangan untuk proses produksinya. Namun demikian sanggup memberi Anda hasil yang berkali lipat dari modal awalnya yang juga relatif ringan.


Meskipun sebagian besar perjuangan jenis agribisnis merupakan perjuangan yang cocok dijalankan di pedesaan, namun Anda di perkotaan tetap sanggup menjalankannya. Anda sanggup mempelajari perjuangan di pedesaan dengan mengusut Contoh Dan Jenis  Usaha Yang Cocok Di Pedesaan. Dengan lahan yang tidak seluas di pedesaan, perjuangan budidaya ikan bawal sanggup dijalankan dengan memakai bak terpal.


Jenis perjuangan budidaya ikan bawal memang tidak sepopuler ikan lele, ikan mas atau ikan gurame. Pasarnya tidak seluas jenis ikan yang lain, tetapi belakangan mulai mempunyai daerah di pasaran. Ikan ini dianggap mempunyai rasa mendekati gurame dengan harga yang lebih miring. Ukuran ikan juga sanggup lebih kecil sehingga cocok untuk sajian perporsi, berbeda dengan gurame yang cenderung lebih besar sehingga disajikan dalam sajian kelompok.


Dengan ikan bawal menjadi jenis substitusi di pasar, menciptakan undangan atas ikan jenis ini mulai perlahan menanjak. Apalagi ikan bawal ini juga mempunyai sejumlah kelebihan bila dibandingkan dengan jenis ikan lain sehingga akan cukup menarik untuk Anda kembangkan sebagai perjuangan budidaya, kelebihan ikan bawal tersebut antara lain :



  • Lebih cepat tumbuh besar sehingga masa panen juga berlangsung dalam periode yang lebih pendek.

  • Jenis ikan yang lebih badung dan tahan terhadap penyakit lebih baik, termasuk terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik.

  • Merupakan jenis omnivora atau jenis pemakan segalanya. Memiliki nafsu makan yang hingga ikan bawal sanggup mencapai berat yang sempurna dikala dipanen nantinya.

  • Rasa daging gurih dengan tesktur cukup lembut, cenderung hampir setara dengan kualitas ikan gurame.


Cara Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal


Lalu bagaimana cara perjuangan dengan modal kecil  dalam budidaya ikan bawal? Mari kita mulai dari perjuangan 1 bak untuk budidaya ikan bawal. 1 bak ukuran besar sanggup Anda tebarkan bibit hingga 1000 ekor. Dari proses penebaran benih ini Anda nantinya sanggup panen hingga kisaran 120 kg kurang lebih.


Bibit sendiri biasanya dijual seharga Rp 20 ribuan per kilonya atau sama dengan kisaran 1000 ekor. Sedang nantinya pasca panen, 1 kilo ikan bawal sanggup dibandrol hingga Rp 20 ribuan perkilo. Yang artinya sanggup mencapai kisaran omset Rp 2,4 juta.


Untuk sanggup melaksanakan panen dengan hasil sesuai harapan. Anda hanya harus memastikan bak sudah siap untuk disebarkan benih. Untuk itu bak sebaiknya dibersihkan dulu sehabis panen sebelumnya. Dikeringkan setidaknya sekitar 5 hari untuk kemudian Anda isi air dan diamkan selama 5 hari. Masa 5 hari kedua ini akan emmbantu mengembalikan biota dalam air untuk membantu tumbuh kembang ikan kecil menjadi besar.


Biasanya para pelaku perjuangan perikanan nantinya akan menawarkan pakan pada ikan bawal berupa limbah rumah tangga, teri rencah, udang kecil dan pelet ikan. Semakin baik asupan protein yang Anda berikan semakin baik kualitas dan bobot ikan nantinya.


Beberapa pelaku perjuangan perikanan juga memakai asupan dedaunan jenis tertentu menyerupai talas dan kangkung cincang untuk menambah bobot bawal di masa menjelang panen. Konon dedaunan ini membantu ikan membentuk lebih banyak massa otot. Masa pemeliharaan ini biasanya akan memakan waktu sekitar 3 bulanan.


Lalu bagaimana sehabis masa panen? Adakah cara untuk memastikan ikan terjual dengan optimal?


Tentu saja ada, Anda hanya harus melaksanakan promosi atau kerjasama untuk membantu memastikan ikan siap tertampung begitu Anda panen. Misalkan dengan bekerja sama dengan pihak produsen makanan dengan materi bawal. Anda sanggup pilih restoran hingga kaki lima. Kadang pandangan gres mencari pengepul ikan juga bukan pandangan gres buruk. Atau Anda juga sanggup bekerja sama dengan beberapa penjaja ikan tawar di pasar-pasar tradisional.


Anda sanggup menerapkan Strategi Dan Cara Pemasaran Ikan Lele yang terbukti jitu. Silakan klik tautan tersebut untuk mempelajarinya.


Satu catatan penting dikala Anda mulai menjajal perjuangan modal kecil satu dengan budidaya ikan bawal ini. Jangan hingga ikan yang Anda panen belum siap tertampung oleh pasar. Karena ikan jenis yang gampang rusak dan membusuk, jadi kepastikan ikan sudah siap ditampung akan membantu Anda memastikan perjuangan dengan modal kecil Anda tidak jatuh merugi.


sumber gambar: ragambudidaya.blogspot.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel