iklan

Tips Merawat Mesin Kendaraan Beroda Empat Bekas Yang Berusia Tua

TIPS MERAWAT MESIN MOBIL – Bagi kalangan yang berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah, kendaraan beroda empat bekas selalu menarik perhatian mereka. Namun rata-rata belum tahu cara merawat mesin kendaraan beroda empat bekas biar bertahan lama. Soalnya rata-rata komponen kendaraan beroda empat sudah berusia tak muda lagi.


Mengenai harganya, kendaraan beroda empat bekas bahkan dapat seperempatnya kendaraan beroda empat baru. Itulah kenapa banyak yang meminati kendaraan beroda empat bekas. Terutama yang mau menggunakannya untuk kepentingan usaha. Lantas, bagaimana cara merawat kendaraan beroda empat bekas? Simak tips-tips ini.




Rutin-Rutin Mengganti Oli


Kalau diibaratkan, oli itu mirip darah pada manusia. Ketika insan kurang darah, badan akan lemas, gampang terserang penyakit, dan sebagainya. Begitu pula yang terjadi pada kendaraan beroda empat bekas yang olinya jarang diganti.


Ketika mesin kendaraan beroda empat bekerja, akan terjadi banyak sekali macam goresan antar komponennya. Penggantian oli wajib dilakukan ketika Anda hendak melaksanakan perjalanan jauh. Bagaimanapun, acara komponen pada mesin dikala berada di perjalanan sangat tinggi.


Maka, amat diperlukan tenaga yang prima biar dapat melalui perjalanan dengan baik. Sementara untuk sehari-hari, jika tidak terlalu sering pakai, dapat diganti 3 kali dalam seminggu. Tapi usahakan jangan hingga kering.


Rajin-Rajin Memacu Mobil


Mobil bekas harus rajin-rajin dibawa ke jalanan biar komponen di dalamnya terus aktif. Dengan menginjak gas dikala jalan-jalan, maka kerak pada mesin dapat keluar lewat jalan masuk knalpot. Soalnya kondisi kendaraan beroda empat yang usang tak dijalankan hampir niscaya menghasilkan kerak.


Kerak itu jika tidak dibersihkan dapat menjadikan acara kendaraan beroda empat macet. Ketika kendaraan beroda empat sudah usang tidak digunakan, pada waktu pertama dioperasikan barangkali terasa berat. Selow saja waktu memacunya. Jangan terlalu berpengaruh biar aman.


Rajin-Rajin Memeriksa Radiatornya


Fungsi radiator selama ini ialah untuk mendinginkan mesin kendaraan. Radiator yang disfungsi, tips merawat mesin kendaraan beroda empat bekas Anda jadi lebih ribet lagi. Selain itu, kondisi kendaraan beroda empat dapat gampang panas. Kalau suda begitu, jalannya pun lemot atau tidak lancar.


Dalam jangka waktu tertentu, lakukan pergantian sebelum terjadi kebocoran pada radiatornya. Biasanya jika sudah bocor, efeknya dapat merambat ke banyak sekali komponen mesinnya.


Air yang biasa mengisi radiator juga perlu diperhatikan. Mobil bekas maupun baru, radiatornya harus terisi air penuh. Tujuannya biar kendaraan beroda empat dapat bekerja sesuai dengan fungsi seharusnya. Terutama pada waktu kendaraan beroda empat mengalami peningkatan suhu yang signifikan.


Rutin Memeriksa Tiap Komponen Mesinnya


Kalau Anda tidak dapat memahami fungsi dan nama komponen mobil, dapat minta tolong ke orang yang lebih tahu. Bisa teman maupun orang yang bekerja di bengkel. Tidak harus dicek setiap hari. Seminggu sekali bergotong-royong sudah cukup.


Apa saja yang harus dicek? Bisa dimulai dari bab bawah, alias kaki mobil, mirip siil, rem, sok, ban, dan lainnya. Kemudian pada bab depan atau komponen mesin utama pelopor mobilnya. Lakukan serutin mungkin biar terhindar dari kesulitan.


Rutin Memeriksa Kondisi Wiper


Sebagai salah satu bab dari mesin pembantu yang cukup penting. Tanpa adanya wiper, mungkin Anda tidak akan dapat berkendara dikala hujan mengguyur. Bagian beling depan secara otomatis akan tertutupi oleh air dan penglihatan pun menjadi kabur.


Pada bab karet wiper harus dalam kondisi yang baik. Tidak boleh ada butiran yang mengganggu pergerakannya. Soalnya antara karet dengan beling itu sebaiknya harus bersinggungan secara ketat biar hasil sibakannya jernih.


Terapkan tips merawat mesin kendaraan beroda empat di atas secara cermat. Memiliki kendaraan beroda empat renta bukan berarti ketinggalan zaman. Kalau dimodifikasi dengan baik bahkan dapat tampil menjadi kendaraan beroda empat keren dan antik. Tugas selanjutnya tinggal merawatnya serutin mungkin.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Merawat Mesin Kendaraan Beroda Empat Bekas Yang Berusia Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel