iklan

✔ Syarat Fisik Kerja Di Korea Selatan ( Bekas Tato Dan Tindik )

Syarat fisik kerja di korea selatan bersama-sama tidak serumit persyaratan mendaftar atau melamar pekerjaan menyerupai yang banyak dibayangkan orang-orang.Bahkan,peraturan wacana kondisi tubuh ini lebih ringan daripada bekerja ke negara lain,seperti jepang contohnya.

Persyaratan fisik bekerja di korea selatan mencakup beberapa hal salah satunya membahas wacana peraturan bekas tato dan tindik.Saya akan menjelaskan secara lengkap untuk anda agar jikalau anda mengalami salah satu yang tidak diperbolehkan,anda sanggup segera mengatasinya.



Kondisi Fisik untuk Bekerja di Korea Selatan




 
Syarat fisik kerja di korea selatan bersama-sama tidak serumit persyaratan mendaftar atau me ✔ Syarat Fisik Kerja di Korea Selatan ( Bekas Tato dan Tindik )


Kerja ke korea selatan ialah sebuah pilihan tepat bagi anda yang ingin mencari tempat bekerja yanng gajinya masuk kategori sangat besar.Tetapi untuk sanggup mendapat pekerjaan di korsel,anda harus lulu/lolos beberapa tahapan terlebih dahulu,seperti :
  • Lulus tes seleksi berkas
  • Lolos tes ujian soal ( CBT atau eps topik )
  • Ujian skill dan ketrampilan
  • Wawancara/interview
  • Medical chekp up
  • Training atau prelim
Dari serangkaian tahapan seleksi diatas,semuanya harus anda hadapi dan anda harus lulus di semua tahapanya tanpa terkecuali.

Salah satu tahapan yang paling sering menciptakan akseptor " was-was " ialah pada thapan MCU atau tes kesehatan,kenapa? Karena dalam tes ini,banyak hal atau point yang menjadi evaluasi kelayakan,apakah anda akan lolos atau tidak.


Tes medical chek up korea selatan bagaimana?

Ini ialah tahapa dimana kondisi tubuh anda akan diperiksa secara menyeluruh SESUAI dengan peraturan atau standart kelayakan yang diberikan oleh pihak korsel.Jadi ini bukan pemerintah indonesia yang membuatnya yaa,melainkan ajakan dari sana nya.

Tahapan ini dilaksanakan sesudah anda dinyatakan lulus tahapan interview,tetapi mungkin saja urutanya berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Pada tahapan ini,bagian tubuh yang diperiksa ialah :
  • Bagian tubuh yang sanggup dilihat dengan mata
  • Bagian organ dalam
Kaprikornus tidak hanya luar saja,melainkan bab dalam tubuh anda ( organ tubuh ) juga diperiksa.


Dimana proses investigasi kesehatanya?

Proses investigasi kesehatan ini dilakukan oleh orang-orang yang memang berkompeten di bidangnya ( dokter ) dan dilakukan pada rumah sakit yang sudah ditunjuk pihak BNP2TKI.

Jadi,setiap kawasan sudah disediakan tempat atau lokasi berlangsungnya tes kesehatan ini.Anda tidak boleh semabarangan dan asal saja dalam melaksanakan tes kesehatan ini,harus sesuai dengan apa yang dianjurkan BNP2.

Jika anda ngeyel melaksanakan tes kesehatan di semabarang tempat,maka surat yang dikeluarkan biasanya akan dianggap TIDAK SAH dan anda sanggup gagal.


Bagaimana proses memeriksaanya?

Proses pemeriksaanya hampir sama ketika anda melamar pekerjaan di perusahaan pada umumnya.Menggunakan alat khusus menyerupai snellen chart,isihara tes dan lain sebagainya.

Bahkan investigasi organ dalam pun dilakukan hampir sama persis menyerupai dikala anda mendaftar kerja di PT atau pabrik.


Syarat Fisik Bekerja di Korea Selatan


Bagi anda yang mungkin ingin memutuskan untuk bekerja di korsel,ada beberapa kondisi tubuh atau tubuh yang " DILARANG " atau tidak diperbolehkan untuk melamar kesana,antara lain :


1. Buta Warna


Hal pertama yang paling tidak boleh ialah jikalau seorang pelamar mengidap penyakit buta warna atau tidak sanggup membedakan warna.Hal ini akan terlihat dikala anda menjalani tes kesehatan mata memakai ishihara test ( buku untuk tes buta warna ).

Untuk klarifikasi detail kenapa pihak korsel melarang hal ini,saya tidak mendapat balasan niscaya dari pihak BNP2TKI.Hanya balasan " peraturan dari sananya " yang saya dapatkan.

Tetapi,berdasarkan pengalaman saya bekerja beberapa tahun lalu,buta warna memang sangat tidak boleh untuk bekerja pada perusahaan,karena akan sangat berbahaya alasannya ialah banyak tombol mesin yang memakai banyak sekali jenis warna,kalau hingga salah tekan,akan ancaman nanti.


Kalau minus atau plus bagaimana? Menggunakan kacamata bagaimana?

Kabar baiknya,bagi anda yang matanya minus,plus atau bahkan mengenakan kacamata,masih DIPERBOLEHKAN,asalkan tidak terlalu parah.Untuk kejelasan boleh tidaknya hingga batas berapa,ada baiknya anda menanyakan ke pihak rumah sakit yang biasanya ditunjuk oleh BNP2TKI sesuai kawasan masing-masing.


2. Usia Minimal 18 Tahun dan Maksimal 39 Tahun


Peraturan pematasan usia bagi perusahaan korsel sangat " lega ",dimana batas umur maksimalnya ialah 39 tahun.Kenapa saya katakan demikian,karena untuk negara lain ( yang gajinya besar ),jarang sekali mau memperkerjakan usia sebanyak itu.

Tidak bermaksud lancang,tetapi untuk negara kita indonesia,usia 39 tahun itu sudah sangat susah mencari pekerjaan yang gajinya lumayan,apalagi untuk hanya lulusan SMP/SMA.Kalau korsel,masih banyak yang mau,hehe.


3. Cacat Tangan dan Kaki


Selanjutnya,mohon maaf sekali bagi anda yang mungkin mendapat cobaan dari TUHAN berupa kekurangan dibagian tangan dan kaki,ini tidak bisa.Mungkin kalau sekedar " jari bengkok,atau yang ringan-ringan " masih bisa.

Tapi jikalau hingga anggota tubuh bab tersebut ada yang kurang atau akhir amput*si,maka hal tersebut tidak diperbolehkan.

Kawan,TUHAN ialah zat paling tepat yang sanggup mengubah semuanya.Tetaplah berjuang dan optimis,tenang saja,kebahagiaan itu niscaya diberikan untuk semua orang ( kalau tak sanggup didunia,maka akan sanggup di akherat nanti ),yakin saja.


4. Flek Paru-Paru


Biasanya,untuk orang yang mempunyai riwayat T-B-C,paru-parunya akan mempunyai flek atau bekas guratan menyerupai parutan ketika di rontgen/ronsen memakai sinar X.Bahkan,yang tidak punya riwayat itupun sanggup mengalami duduk kasus menyerupai ini.

Bagi anda yang mungkin menagalaminya,maka ini masuk kedalam point yang tidak diperbolehkan.Tapi hening saja,mungkin artikel berikut ini sanggup membantu anda.


BACA :




5. Penyakit Berbahaya


Terahir ialah berkaitan dengan kenis penyakit menular menyerupai H*V atau bahkan penyakit berbahaya menyerupai jantung dan sebagainya.

Saat anda menjalani tes darah dan ur*ne ( air se*i ),jenis penyakit ini akan terlihat dan terdeteksi.Ketika anda memang positif mengidapnya,maka anda tidak diperkenankan untuk bekerja di korsel.


Hal yang Masih Diperbolehkan


Setelah anda mengetahui hal yang dilarang,sekarang saya akan menjelaskan point yang mungkin bagi perusahaan lain dilarang,tetapi untuk korsel,masih diperbolehkan,contohnya :


1. Tatto dan Tindik


Banyak yang bertanya kepada saya perihak tato dan tindik apakah diperbolehkan atau tidak.Tenang saja,hal ini MASIH DITERIMA dan anda yang mempunyai bekas ini boleh untuk mendaftar,asalkan dengan catatan :
  • Jika tato sanggup dihapus,maka sebaiknya dihapus saja ( tidak apa-apa ada bekasnya,yang penting sudah hilang )
  • Jika tidak sanggup dihapus,paling tidak tatonya TERTUTUP baju lengan pendek dan celana lengan pendek
  • Sebisa dan harus sanggup untuk menghapus tatonya ( pekerjaan lebih penting bukan? )
  • Bekas tindik tidak masalah,asalkan dikala tes seleksi nanti,tindiknya JANGAN DIPAKAI
Hanya menyerupai itu saja klarifikasi perihal tatto dan bekas tindikan.


2. Bekas Patah Tulang


Mungkin untuk negara JEPANG,hal ini TIDAK BOLEH.Tetapi untuk korsel,masih diperbolehkan,tapi ada catatan khususnya juga,yaitu :
  • Pen untuk penyambungan tulang SUDAH DILEPAS ( kalau masih ada pen nya,tidak boleh,tunggu hingga dilepas dulu )
  • Masih sanggup dipakai untuk bekerja ( ada beberapa kasus,setelah patah tulang,bagian tersebut jadi tidak berfungsi normal,jika menyerupai ini,maka tidak boleh )
Untuk bekas operasinya masih boleh,kalau sanggup si diminimalkan bekasnya,tapi tidakpun tidak masalah.yang penting PENnya sudah dilepas,itu saja.


3. Kekurangan Akibat Bawaan Genetik


Maksudnya menyerupai ini : Mungkin anda pernah melihat ( mohon maaf ),orang yang telinganya kecil sebelah atau mungkin matanya sedikit juling dan sebagainya.Beruntung bagi anda,karena selama hal tersebut tidak mengganggu kinerja pekerjaan,masih besar kemungkinan untuk diterima.

Tapi,hal ini hanya untuk yang " sepele " saja yaa,kalau menyerupai tanganya ada 4 cabang misalnya,itu terang tidak diperbolehkan yaa.


Saya rasa hanya itu saja yang mungkin sanggup saya sampaikan perihal kondisi tubuh yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan untuk mendaftar atau melamar pekerjaan ko kores selatan.Jika anda ada pertanyaan,silahkan tanayakan di komentar bawah.


BACA JUGA :




Demikian pembahasan mengenai syarat atau persyaratan fisik jikalau ingin kerja atau bekerja di korea selatan.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Syarat Fisik Kerja Di Korea Selatan ( Bekas Tato Dan Tindik )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel