iklan

Strategi Mendapat Dukungan Modal Perjuangan Bagi Perjuangan Kecil

Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha KecilPinjaman modal perjuangan merupakan salah satu kebutuhan serius bagi dunia usaha. Tanpa modal, sebuah aktivitas perjuangan akan sangat sulit untuk maju dan berkembang. Tanpa modal yang cukup, sebuah aktivitas perjuangan akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan penemuan maupun perluasan usaha.


Meskipun sangat penting, modal bukanlah faktor utama penentu keberhasilan sebuah usaha. Tidak sedikit pelaku perjuangan yang bisa meraih kesuksesan meskipun dengan modal kecil. Survey yang dilakukan UGM terhadap pelaku perjuangan (UKM) di Jogjakarta mengatakan bahwa faktor modal menduduki urutan keempat dari lima indikator hambatan dan hambatan utama yang dihadapi pelaku UKM. Kendala utama terletak pada faktor pemasaran, diikuti problem produksi, pembukuan atau akuntansi, aspek permodalan dan terakhir problem sumber daya manusia.


Jadi Anda yang terkendala dengan problem permodalan jangan berkecil hati. Asalkan bisa mengatasi keempat kendala/hambatan yang lain, maka Anda sanggup meraih sukses. Jangan biarkan (keterbatasan) modal menghalangi Anda untuk bergerak maju dan meraih kesuksesan. Karena sukses bukan hanya hak orang-orang yang punya modal saja, tapi sukses ialah hak setiap orang!


Sementara, untuk mengatasi hambatan permodalan, saya akan paparkan pada Anda taktik mendapat proteksi modal usaha. Strategi-strategi ini terbukti ampuh. Sudah beberapa pelaku perjuangan yang berhasil memperoleh proteksi modal perjuangan dengan memakai taktik tersebut.


Strategi Dan Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha




  1. Awali Usaha Dengan Modal Sendiri




Sebelum mencari proteksi modal usaha, sebaiknya Anda mengawali perjuangan dengan modal sendiri. Usaha yang sudah berjalan (dan mempunyai laporan keuangan yang baik), akan lebih gampang mendapat pinjaman maupun suntikan dana dari investor.


Bagaimana memulai usaha dengan modal sendiri? Tips berikut sangat berkhasiat untuk memulai perjuangan dengan modal kecil:



  • Perkecil skala usaha. Mulai dari yang kecil. Semampunya! Sesuai dengan modal yang dimiliki.

  • Minimalisir biaya. Cari supplier yang bisa dibayar tempo.

  • Dapatkan cashflow dimuka. Cari konsumen yang mau membayar dulu. Bisa dengan sistem PO (purchase order), membership, deposit, atau yang lainnya. Tentu saja Anda harus punya penawaran yang baik supaya konsumen mau membayar dimuka.


Jangan lewatkan untu membaca 9 trik perjuangan sukses dan 10 cara bisnis yang sukses untuk pemula.


Sebagai langkah awal Anda sanggup menggali beberapa sumber modal berikut:



  • Tabungan pribadi,

  • Jual aset pribadi,

  • Cari proteksi saudara atau teman,

  • Manfaatkan pegadaian.


Entah bagaimana caranya, yang penting perjuangan harus jalan dulu. Anda harus punya tekad kuat! Jika tidak, Anda tidak akan pernah memulai usaha, dan akan terus terkendala dengan keterbatasan modal.




  1. Legalitas Usaha




Banyak UKM tidak menganggap penting aspek legalitas. Padahal jikalau ingin perjuangan tumbuh besar, legalitas merupakan satu hal penting yang harus dimiliki.


Apa pentingnya legalitas? Tiga alasan ini cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut:



  • Tenang. Dengan mengantongi legalitas, Anda sanggup lebih damai dalam membangun dan menyebarkan bisnis. Jika suatu ketika ada petugas atau oknum petugas, Anda tidak perlu takut, lantaran perjuangan Anda legal.

  • Omset. Bagi sebagian orang legalitas dianggap kurang penting lantaran tidak berkaitan pribadi dengan omset. Tapi tidak sedikit juga yang batal memperoleh order gara-gara tidak punya legalitas. Terkadang ada konsumen yang mensyaratkan lawan transaksi mempunyai NPWP. Ada juga yang mensyaratkan “harus berbadan hukum”. Yang terang tanpa legalitas, Anda tidak bisa ikut lelang. Makara Anda akan kehilangan omset disana. Segera urus legalitas perjuangan Anda sekarang! Jangan tunggu hingga Anda membutuhkannya, lantaran Anda tidak akan tahu, tiba-tiba besok ada calon konsumen membawa uang sekoper, tapi pembelian dengan syarat legalitas usaha. Jika tidak punya, Anda akan menyesal.

  • Pinjaman Modal Usaha. Nah, ini yang berkaitan dengan pembahasan kita. Tanpa legalitas, Anda akan kesulitan mencari suntikan dana bagi pengembangan usaha. Segera urus legalitas sekarang! Jangan tunggu last minute, lantaran Anda tidak pernah tahu, mendadak besok ada calon konsumen membawa uang sekarung. Sehingga Anda butuh biaya operasional dan belanja awal untuk produksi. Tapi modal tidak cukup untuk memenuhi order tersebut. Pinjam bank, tapi harus urus legalitas dulu. Kelamaan… Anda bakal terlambat, tidak bisa memenuhi deadline, kena wanprestasi, akhirnya malah rugi.


Masih berpikir bahwa legalitas tidak penting posisinya bagi kelangsungan sebuah usaha?




  1. Bisnis Plan




Lepas dari apakah Anda butuh proteksi modal perjuangan atau tidak, bisnis plan merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis Anda. Bagaimanapun dan apapun alasannya, Anda tetap butuh dan harus punya bisnis plan.


Namun sayangnya bagi kebanyakan pelaku perjuangan kecil menengah, bisnis plan tidak dianggap penting. Usaha kecil dan menengah umumnya dikelola secara “apa adanya”. Sebagian besar dikelola perorangan yang merangkap sebagai pemilik dan pengelola. Sumber daya yang dipergunakan juga hanya memanfaatkan lingkungan sekitar, dengan mengambil tenaga kerja dari saudara atau kerabat. Seringkali tidak disertai pembagian kiprah yang jelas. Usaha bersifat lentur, bahkan tak jarang jenis usahanya berubah-ubah.


Tidak adanya bisnis plan menjadi salah satu sebab perjuangan kecil menengah, sulit untuk berkembang.


Dalam kaitannya dengan kebutuhan proteksi modal usaha, bisnis plan akan diharapkan jikalau Anda berencana mencari investor atau untuk mendapat dana dari modal ventura. Pertama kali yang dilihat oleh investor dan modal ventura ialah bisnis plan. Jika Anda punya bisnis plan yang manis dan meyakinkan, maka mereka tak akan ragu mengucurkan dana segar untuk menyuntik perjuangan Anda.


Ingat, jikapun Anda tidak sedang membutuhkan suntikan dana, bisnis plan merupakan keharusan bagi perjuangan Anda. Bisnis plan merupakan peta yang akan menuntun Anda dalam menjalankan bisnis. Suatu ketika jikalau Anda merasa mentok, disorientasi, atau kehabisan wangsit bisnis, bacalah lagi bisnis plan yang sudah Anda buat di awal memulai usaha.


Penuhi ketiga hal tersebut, awali perjuangan dengan modal sendiri, lengkapi legalitas perjuangan Anda, dan bisnis plan yang manis dan menarik. Maka selanjutnya tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukan orang/perbankan/instansi yang siap mengucurkan dana segar bagi perjuangan Anda.


sumber gambar proteksi modal usaha: uangteman.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Mendapat Dukungan Modal Perjuangan Bagi Perjuangan Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel