#Soal Latihan Usbn Kimia Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yaitu sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang sanggup bangun diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada balasannya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat dibutuhkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yaitu penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten kalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian simpulan :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yaitu sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang sanggup bangun diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada balasannya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat dibutuhkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yaitu penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten kalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian simpulan :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran KIMIA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 45 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa 40 soal pilihan ganda serta 5 soal essay dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan acuan soal ketika akan melaksakan USBN tersebut nanti sebab soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Kimia Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Kimia Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang akan kita bahas pada mata pelajaran Kimia ini sebagai materi acuan ketika menghadapi Ujian Sekolah yaitu sebagai berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini tergolong proses perubahan materi :- Singkong menjadi tape
- Gula larut dalam air
- Kayu menjadi meja
- Seng larut dalam asam sulfat
- Kertas dibakar
A. 2, 3, 5
B. 1, 2, 3
C. 2, 3, 4
D. 2, 4, 5
E. 1, 4, 5
2. Berikut ini merupakan pola materi :
- Air
- Natrium
- Karbondioksida
- Besi
- Phospor
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 5
D. 2 dan 3
E. 2 dan 5
3. Berikut merupakan lambang dari unsur Karbon dan Kalsium berturut-turut....
A. Ca dan C
B. C dan Ca
C. Co dan C
D. Cr dan Ca
E. Cs dan C
4. Di antara materi berikut yang merupakan senyawa ....
A. Posfor
B. Kalium
C. Timbal
D. Air
E. Perak
5. Pada reaksi pembakaran metana:
Nilai angka koefisien dari a,b,c, dan d dari reaksi tersebut berturut-turut ....
A. 1, 2, 2
B. 1, 2, 2, 1
C. 1, 2, 1, 2
D. 2, 2, 1, 1
E. 2, 1, 1, 2
6. Berikut ini merupakan pasangan isobar ...
7. Konfigurasi elektron dari unsur 19K ...
A. 2, 8, 10
B. 2, 8,7, 3
C. 2, 8, 8, 2
D. 2, 8, 8, 1
E. 2, 8, 18
8. Unsur 36Kr terletak pada golongan dan periode...
A. IV A ; 8
B. VIII A ; 4
C. VIII A ; 1
D. VIII A ; 2
E. IV A ;4
9. Jumlah mol dari 1,6 gram CH4 ...( Ar C = 12, H = 1 )
A. 0,5 mol
B. 0,25 mol
C. 0,2 mol
D. 0,01 mol
E. 0,1 mol
10. Banyaknya volume dari 0,5 mol H2 ( STP ) ...
A. 2,24 Liter
B. 22,4 Liter
C. 11,2 Liter
D. 1,12 liter
E. 1112 liter
11. Senyawa berikut ini merupakan senyawa ion....
A. NH3
B. CCl4
C. H2
D. NaCl
E. HCl
12. Rumus kimia yang terbentuk dari ikatan kovalen antara 6X dengan 8Y ....
A. X2Y
B. X3Y
C. XY
D. XY2
E. XY3
13. Massa molekul relatif dari senyawa H2SO4 ...( Ar. H = 1; S = 32; O = 16 )
A. 108
B. 98
C. 88
D. 68
E. 48
14. Berdasarkan pelepasan dan pengikatan elektron, reaksi reduksi merupakan....
A. Reaksi pengikatan elektron
B. Reaksi pelepasan elektron
C. Reaksi pengikatan oksigen
D. Reaksi pelepasan oksigen
E. Reaksi serah terima elektron
15. Diketahui reaksi redoks :
Yang mengalami oksidasi ....
A. Mg
B. Mg2+
C. Zn
D. Zn2+
E. Zn dan Mg
16. Diketahui reaksi redoks :
zat yang berperan oksidator ...
A. H2
B. Cu
C. CuO
D. H2O
E. O
17. Sebanyak 0,8 gram metana, CH4 dilarutkan dalam 500 mL air, ( Ar C = 12, H = 1). Tentukan molaritas larutan tersebut....
A. 0,02 M
B. 0,2 M
C. 0,001 M
D. 0,1 M
E. 0,01 M
18. Diketahui reaksi :
Entalpi reaksi pada pembentukan 0,5 mol CO ....
A. – 788 kJ
B. + 197 kJ
C. – 197 Kj
D. + 788 kJ
E. – 394 kJ
19. Senyawa berikut termasuk senyawa alkana ....
A. C2 H6
B. C4 H8
C. C5H8
D. C6H12
E. C7H12
20. Perhatikan senyawa hidrokarbon berikut !
Nama dari senyawa di atas ....
A. 2,2 dimetil pentana
B. 2,3 metil butana
C. 2,2 dimetil butane
D. 2,3 dimetil pentana
E. 2,3 dimetil butana
21. Berikut yang merupakan isomer Heksena yaitu ....
A. 2 metil pentana
B. 2 metil 1 pentena
C. 3 metil butena
D. 2,3 dimetil 1 pentena
E. 3,3 dimetil 1pentena
22. Senyawa 2,3 dimetil butana merupakan isomer dari senyawa ....
A. Dekana
B. Nonana
C. Oktana
D. Heptana
E. Heksana
23. Berikut yaitu sifat – sifat unsur :
- Bervalensi 6
- Bervalensi 4
- Membentuk ikatan ion
- Membentuk ikatan kovalen
- Mudah melepas elektron
A. 1 dan 5
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
24. Berikut yaitu pernyataan perihal kesetimbangan :
- Berjalan dua arah ( bolak-balik)
- Berjalan satu arah ( tidak sanggup balik )
- sifat makroskopis tidak berubah
- laju ke arah kanan tidak sama dengan laju ke arah kiri
- laju ke arah kanan sama dengan laju ke arah kiri
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 5
25. Pada reaksi kesetimbangan berikut,
Jika suhu dinaikkan, maka akan terbentuk proses berikut…
A. N2 akan berkurang
B. H2 akan berkurang
C. N2dan H2akan bertambah
D. NH3 akan bertambah
E. NH3 tetap
26. Pada sistem tertutup dan suhu tertentu terdapat kesetimbangan :
Pada ketika setimbang terdapat 0,2 mol/liter HBr , 0,1 mol/liter H dan 0,1 mol/liter Br . Harga tetapan kesetimbangan yaitu ....
A. 0,5
B. 0,25
C. 0,3
D. 0,2
E. 0,1
Persamaan laju reaksi dari data percobaan di atas yaitu ....
A. V = k[ A ] [ B ]2
B. V = k[ A ] [ B ]
C. V = k[ A ]2 [ B ]
D. V = k[ A ]2 [ B ]2
E. V = k[ A ]2
28. Diketahui aneka macam peryataan mengenai tugas katalis dalam proses reaksi sebagai berikut,
- Mengubah prosedur dan hasil reaksi
- Tidak ikut bereaksi dalam proses reaksi
- Ikut bereaksi tetapi sanggup diperoleh kembali pada simpulan reaksi
- Ikut bereaksi dan tidak sanggup diperoleh pada simpulan reaksi
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1 dan 4
E. 1 dan 2
29. Berikut ini beberapa rumus kimia asam :
- HBr
- CH3COOH
- HNO3
- HCN
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 1 dan 3
30. pH dari larutan 0,1 M HCl ...
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
31. pH dari larutan Ca(OH)2, 0,05 M ...
A. 10
B. 11
C. 12
D. 13
E. 14
32. Polimer ini dipakai sebagai materi pembuat peralatan rumah tangga anti lengket ....
A. Teflon
B. Propena
C. Asetilena
D. PVC
E. Isoprena
33. Polimer yang hanya sanggup dipanaskan berulang kali termasuk jenis polimer...
A. Termostatik
B. Termoplastik
C. Termosetting
D. Kopolimer
E. Homopolimer
34. Polimer yang terbentuk dari monomer-monomer berbeda disebut ...
A. Homopolimer
B. Termoset
C. Kopolimer
D. Termostatik
E. Termoplastik
35. Berikut yang merupakan pasangan polimer alam ....
A. PVC dan tetoron
B. Polistirena dan PVC
C. Nylon 66 dan polistirena
D. Nylon 66 dan teflon
E. Selulosa dan karet
36. Berikut ini merupakan sifat koloid ...
A. Jernih
B. Tidak stabil
C. Kasar
D. Stabil
E. homogen
37. Fase terdispersi dan medium pendispersi dari debu ...
A. padat dalam gas
B. padat dalam cair
C. padat dalam padat
D. Cair dalam gas
E. Cair dalam cair
38. Penyerapan permukaan pada sistem koloid disebut.....
A. gerak Brown
B. efek Tyndal
C. koagulasi
D. Elektroforesis
E. Adsorbsi
39. Minyak bumi merupakan larutan yang sanggup di pisahkan dengan cara...
A. Kristalisasi ( pengkristalan )
B. Kromatografi
C. Destilasi ( penyulingan )
D. Filtrasi ( penyaringan )
E. Sublimasi ( penyubliman )
40. Pertamax merupakan jenis bensin yang mempunyai angka oktan....
A. 80
B. 85
C. 92
D. 95
E. 100
B. Soal Essay
1. Jelaskan 3 perbedaan sifat asam dan basa !2. Tulis reaksi ionisasi senyawa H3PO4!
3. Dalam sebuah tabung reaksi terdapat 2 mol NaCl, tentukan massa NaCl (Ar Na = 23, Cl = 35,5)
4. Tentukan rumus struktur senyawa 3-metil heptana!
5. Tulis persamaan termokimia dari reaksi antara 1 mol Fe2O3 dengan karbon(C) membentuk besi ( Fe) dan karbon monoksida(CO) memerlukan kalor 621 kJ.
Jawaban
0 Response to "#Soal Latihan Usbn Kimia Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru"
Posting Komentar