iklan

Pupuk Sp 36 Kandungan Manfaat Cara Menggunakan

Pupuk SP 36 – Kebutuhan pupuk bagi para petani memang penting sekali untuk diperhatikan. Tanaman bisa tumbuh dengan subur serta hasil panen yang berkualitas alasannya yaitu santunan pupuk yang sesuai dengan dosisnya.


Selain itu perawatan maupun pemeliharaan tumbuhan yang sempurna tentu saja perlu anda perhatikan juga. Dulunya banyak petani yang hanya memanfaatkan pupuk organik untuk tumbuhan mereka.


Pupuk tersebut memang bisa dengan gampang mereka buat sendiri di rumah. Bahkan dengan pupuk tersebut mereka pun lebih berhemat dari segi biaya.


Dari segi keuntungannya tentu saja juga bisa menciptakan pertumbuhan tumbuhan semakin bagus. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mulailah berkembang pupuk anorganik dimana pupuk tersebut memang hasil buatan pabrik.


 memang penting sekali untuk diperhatikan Pupuk SP 36 Kandungan Manfaat Cara Menggunakan
Pupuk SP 36

Banyak sekali jenis pupuk anorganik yang sudah di hadirkan untuk memenuhi segala kebutuhan para petani. Kali ini kita akan membahas mengenai pupuk SP 36 yang sekarang mulai di cari banyak petani. Ternyata pupuk tersebut sangat elok untuk pertumbuhan tumbuhan padi, jagung atau bahkan kelapa sawit sekalipun. Sekarang ini pupuk memang di kenal bisa menyuburkan tanaman.


Pupuk SP 36 merupakan salah satu jenis pupuk super fosfat yang mempunyai kandungan P2O5 yang terbilang tinggi bahkan bisa mencapai sekitar 36 persen.


Konon pupuk yang satu ini juga sudah di produksi oleh PT Petrokimia Gresik bahkan biasanya pupuk tersebut juga dijadikan sebagai pupuk bersubsidi pemerintah. Wajar saja kalau ketika ini banyak petani yang menentukan untuk memakai pupuk SP 36 ini.


Artikel terkait: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan


Kandungan Pupuk SP 36


Tentunya bermacam-macam jenis pupuk mempunyai kandungan tersendiri yang bisa membawa bermacam-macam manfaat penting bagi pertumbuhan tanaman. Dengan aneka macam macam kandungan tersebut, tumbuhan pun akan semakin subur bahkan bisa menunjukkan hasil panen yang berkualitas.


Pastinya salah satu impian para petani yaitu mendapat hasil panen yang melimpah bahkan juga berkualitas. Dengan begitu mereka pun akan merasa berhasil dengan cocok tanam mereka.


Memang perawatan maupun pemeliharaan pada tumbuhan penting untuk di perhatikan setiap petani. Terlebih dalam hal santunan pupuknya harus di sesuaikan dengan takaran yang tepat.


Begitu juga dengan jenis pupuk SP 36 ini, anda harus mengetahui berapa takaran yang sempurna untuk di berikan pada tanaman. Sebab kalau santunan pupuk berlebihan ternyata bisa menciptakan pertumbuhan tumbuhan menjadi kurang elok bahkan bisa saja hasil panen tidak sesuai dengan impian anda.


Jadi alangkah baiknya anda perhatikan takaran yang paling sempurna untuk menunjukkan pupuk SP 36 ini pada tumbuhan yang anda inginkan.


Semua petani tentu saja mempunyai impian biar tumbuhan mereka bisa tumbuh dengan subur bahkan bisa menghasilkan panenan yang berkualitas.


Ternyata pupuk SP 36 ini cocok sekali untuk di jadikan pilihan. Banyak sekali kandungan penting yang di butuhkan untuk memicu pertumbuhan tanaman. Inilah aneka macam kandungan yang di  miliki oleh pupuk SP 36. Di antaranya:



  • P2O5 yang larut ke dalam asam nitrat sebesar 34 persen.

  • Fosfat dengan kadarnya sekitar 36 persen.

  • Sulfur sebesar 5 persen.

  • P2O5 yang terlarut dalam air mineral sebesar 30 persen.

  • H2O atau air kadarnya sekitar 5 persen.

  • Kadar asam bebas mempunyai kadar maksimal sekitar 6 persen.


Itulah tadi aneka macam macam kandungan penting yang ada dalam pupuk tersebut. Memang pupuk ini di nilai elok sekali untuk pertumbuhan tanaman.


Setelah anda mengetahui aneka macam macam kandungannya, tentu saja anda juga perlu mengetahui aneka macam bentuk maupun ciri dari pupuk SP 36  ini. Supaya anda bisa membedakannya dengan pupuk yang lainnya, inilah aneka macam macam ciri dari pupuk SP 36 yang perlu anda ketahui. Yakni:



  • Mempunyai bentuk butiran yang kecil.

  • Memiliki warna abu-abu namun tidak putih.

  • Kemasannya berada dalam sak dengan adanya sebuah gambar kerbau dengan warna emas yang berisikan 50 kg.


Cek juga yuk: Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk TSP


Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman


Dengan mengenal aneka macam macam ciri dari pupuk tersebut. Kini anda pun tidak akan merasa kebingungan lagi untuk membedakan pupuk tersebut dengan pupuk yang lainnya. Memang pupuk tersebut hamper serupa dengan pupuk yang lainnya. Tetapi dengan hal ini anda pun bisa lebih mengenal pupuk SP 36 ini.


Setiap jenis pupuk entah itu pupuk organik maupun pupuk anorganik sekalipun. Ternyata pupuk SP 36 ini mempunyai aneka macam macam manfaat yang begitu penting untuk tanaman. Adapun bermacam-macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk SP 36 ini, di antaranya:



  • Mempunyai peranan yang penting sebagai sumber dari unsur hara dengan bentuk fosfor.

  • Mampu memicu tumbuhnya akar biar semakin baik sehingga tumbuhan pun bisa semakin kuat.

  • Bisa memanen lebih cepat.

  • Mampu memicu tumbuhan biar bisa membentuk bunga maupun biji.

  • Daya tahan tumbuhan akan semakin meningkat sehingga terbebas dari serangan hama maupun penyakit.

  • Pembentukan bungan untuk menjadi biji maupun buah akan lebih besar lagi prosentasenya.


Baca juga: Manfaat Pupuk KNO3 Merah dan Putih untuk Tanaman!


Cara Menggunakan Pupuk SP 36 yang Tepat


Tentunya dengan melihat bermacam-macam manfaat yang bisa anda peroleh dari pupuk SP 36 ini bisa menciptakan para petani mulai memakai pupuk tersebut. Pupuk ini juga di nilai elok untuk pertumbuhan aneka macam macam tanaman.


Jadi buat anda para petani yang sedang gundah dalam menentukan pupuk yang terbaik untuk tumbuhan sebaiknya anda menjatuhkan pilihan pada pupuk tersebut.


Hanya saja bagi anda para petani yang masih pemula masih merasa gundah dengan cara penggunaan dari pupuk SP 36 ini. Ada baiknya anda menunjukkan pupuk pada tumbuhan sesuai dengan takaran maupun takaran yang tepat.


Bagaimanapun juga kalau santunan pupuk SP 36 ini terlalu berlebihan tentu saja tidak akan elok untuk pertumbuhan tanaman. Supaya anda tidak keliru dengan cara penggunaannya. Sebaiknya anda pahami pula tips maupun cara penggunaan dari pupuk SP 36 berikut ini:



  • Pupuk SP 36 ini memang mempunyai sifat gampang sekali terlarut dalam air bahkan juga tidak bersifat higroskopis. Sehingga pupuk yang satu ini bisa anda manfaatkan sebagai pupuk dasar untuk tumbuhan yang terbilang semusim.

  • Sementara untuk tumbuhan yang sifatnya tahunan, pupuk SP 36 ini bisa anda berikan ketika awal maupun simpulan dari isu terkini penghujan. Bahkan anda juga bisa menunjukkan pupuk tersebut sesudah panen.


Kini anda pun akan semakin tahu bahkan memahami bagaimana cara penggunaan dari pupuk SP 36 ini yang paling sempurna untuk di lakukan.


Alangkah baiknya pula kalau anda bisa menunjukkan pupuk tersebut sesuai dengan takaran takaran yang sudah di anjurkan. Banyaknya pilihan jenis pupuk yang hadir di pasaran memang bisa memudahkan anda dalam menentukan jenis pupuk yang sesuai dengan tumbuhan anda.


****


Demikianlah ulasan mengenai pupuk SP 36 mulai dari kandungan, manfaat hingga cara menggunakannya yang tepat, mudah-mudahan hasil pertanian yang sedang anda garap bisa sukses besar.


Artikel terkait: Takaran, Kandungan dan Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pupuk Sp 36 Kandungan Manfaat Cara Menggunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel