iklan

Pengertian Dan Cara Mengatur Split Pada Excel

Perintah Split yaitu perintah yang dipakai untuk membagi halaman kerja Excel menjadi 4 panel, setiap panel merupakan duplikasi tampilan sheet yang diaktifkan. Perintah ini memungkinkan kita untuk melihat data dari empat area yang berbeda dan berjauhan. Hal ini sangat membantu dikala melaksanakan analisis dengan banyak data. Perintah ini tidak bekerja apabila sheet yang aktif memakai perintah freeze.

Artikel terkait: Pengertian Freeze di Excel

A. Tombol Perintah Split

Tombol perintah Split terletak pada ribbon View tepatnya pada command group Window. Berikut gambaran perintah Split,

Perintah Split yaitu perintah yang dipakai untuk membagi halaman kerja Excel menjadi  Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel

B. Cara Mengatur Split di Excel

1. Mengatur Split dengan Area Proporsional

Secara default ketika tanpa menyorot sel atau menyorot sel A1, perintah split akan membagi lembar kerja menjadi 4 panel yang proporsional. Ini artinya perintah Split sempurna membagi lembar kerja menjadi 4 panel dengan ukuran yang sama. Berikut ilustrasinya.

Instruksi: Sorot sel A1 kemudian klik perintah Split

Perintah Split yaitu perintah yang dipakai untuk membagi halaman kerja Excel menjadi  Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel

Terlihat perintah split membagi halaman kerja menjadi 4 panel yang proporsional.

2. Mengatur Split dengan Area Kustom

Area yang dibentuk memakai perintah split sanggup diatur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jikalau kita akan memberi batas pada sel I7, maka sorot sel I7 kemudian klik perintah split. Berikut ilustrasinya,

Instruksi: sorot sel I7 dan klik perintah split.

Perintah Split yaitu perintah yang dipakai untuk membagi halaman kerja Excel menjadi  Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel

Terlihat batas split halaman yang dihasilkan berada di sel I7.

C. Cara Menggunakan Split di Excel

Cara memakai Split di Excel hampir sama menyerupai memakai perintah freeze. Kita sanggup melaksanakan scrolling tanpa menghilangkan penglihatan pada area lainnya. Berbeda dengan perintah freeze yang tidak sanggup melihat area yang sama, dengan memakai split, dimungkinkan untuk melihat area yang sama di panel lainnya.

Berikut ilustrasinya,

Perintah Split yaitu perintah yang dipakai untuk membagi halaman kerja Excel menjadi  Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel

D. Cara Mengembalikan Lembar Kerja atau Menonaktifkan Split

Untuk menonaktifkan split, tinggal klik perintah split pada lembar kerja yang mengaktifkan perintah ini.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Cara Mengatur Split Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel