iklan

Mengenal Bank Garansi Dan Jenis-Jenisnya

Apa itu Bank Garansi?

Dalam mengimplementasikan planning bisnis, Anda mungkin mempunyai banyak proyek yang pelaksanaannya akan diserahkan kepada pihak lain. Anda memerlukan keyakinan bahwa pihak lain tersebut akan memenuhi komitmennya sesuai dengan kontrak. Namun tetap ada kemungkinan bahwa proyek tidak dilaksanakan sesuai dengan planning sehingga Anda mengalami kerugian. Dalam hal ini bank sanggup memperlihatkan jasa Bank Garansi untuk meningkatkan keyakinan Anda dan sekaligus meminimalkan risiko kerugian.

Dalam mengimplementasikan planning bisnis Mengenal Bank Garansi dan Jenis-Jenisnya

Bank Garansi yaitu agunan pembayaran yang diberikan kepada pihak akseptor agunan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya. Misalkan Anda merencanakan untuk membangun sebuah hotel sehingga Anda mengundang beberapa kontraktor atau supplier untuk ikut berpartisipasi. Untuk itu, Anda mengadakan tender sebagai cara menentukan calon kontraktor atau supplier yang memenuhi syarat. Dalam proses tender, Anda meminta kepada peserta untuk menyerahkan Bid Bond semoga mereka tidak membatalkan diri secara tiba-tiba sesudah ditunjuk sebagai pemenang tender. Bid Bond disebut juga Tender Bond yaitu agunan penawaran.

Biasanya sebagai pemilik proyek (bouwheer), Anda memperlihatkan uang muka kepada pemenang tender untuk mulai melaksanakan proyek tersebut. Untuk mencegah hilangnya uang muka alasannya pemenang proyek cidera janji, Anda membutuhkan Advance Payment Bond. Advance Payment Bond yaitu agunan uang muka.

Setelah itu, Anda membutuhkan Performance Bond semoga Anda yakin bahwa proyek dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan baik dalam hal kualitas, waktu dan spesifikasinya. Performance Bond yaitu agunan pelaksanaan.

Setelah proyek selesai, Anda memerlukan Retention/Maintenance Bond, yaitu agunan pemeliharaan sebelum serah terima dilakukan semoga Anda yakin bahwa pelaksana proyek akan melaksanakan kewajiban layanan purna jual berupa perbaikan-perbaikan dan pemeliharaan dalam jangka waktu tertentu.

Jenis Bank Garansi Lainnya

Dalam praktek, mungkin Anda menemukan bank garansi khusus ibarat garansi kepada maskapai pelayaran, agunan warranty, customs bond dan lain lain. Pada dasarnya Bank Garansi tersebut dipakai untuk menjamin semoga tidak terjadi cidera kesepakatan oleh pihak yang berkewajiban.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Penerima Bank Garansi

  • Pastikan keaslian dan keabsahan Bank Garansi dengan cara menghubungi bank penerbit.
  • Periksa masa berlaku Bank Garansi sesuai dengan jangka waktu proyek Anda.
  • Periksa dan pahami syarat-syarat klaim untuk memudahkan Anda melaksanakan klaim apabila diperlukan.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Pihak yang dijamin Bank Garansi

  • Perhatikan biaya-biaya yang harus dibayar dalam rangka penerbitan Bank Garansi.
  • Laksanakan kewajiban sesuai dengan yang diperjanjikan dengan pihak akseptor agunan sehingga tidak terjadi klaim atas Bank Garansi yang diterbitkan.
  • Proses penerbitan Bank Garansi sama halnya dengan proses derma kredit, sehingga Anda perlu menjelaskan perjuangan Anda secara terbuka kepada Bank.

Originally posted 2017-03-21 08:37:05.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Bank Garansi Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel