iklan

Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki

ikan hias mas koki ialah jenis ikan hias yang sudah tidak absurd lagi di Indonesia. Dengan bentuk tubuh khas bulat, bentuk sirip melebar bahkan ada beberapa yang mempunyai jambul maka Anda akan sangat gampang mengenali jenis ikan ini. Ikan hias mas koki ini banyak sekali dikembangbiakkan di Negara Jepang dan Cina. Namun ada juga beberapa jenis ikan mas koki yang dibudidayakan di Belanda. Ikan jenis ini dikenal dengan jenis ikan Oranda dengan nama orisinil Hollanda. Sedangkan untuk wilayah Indonesia sendiri, ikan mas koki mempunyai pusat budidaya di tempat Magelang Jawa Tengah.


Kisah sukses kali ini ialah dongeng seorang laki-laki berjulukan Sunaryadi. Bapak Sunaryadi ini berasal dari tempat Yogyakarta dan ia sudah melaksanakan budidaya ikan mas koki ini selama 7 tahun. Budidaya ini dilakukan di pekarangan rumah beliau. Bapak yang biasa dipanggil Yadi ini mempunyai lima jenis koleksi ikan hias mas koki, antara lain jenis Ranchu, Butterfly, Mutiara, Ryukin dan Oranda.


Beliau mulai berkecimpung dalam bisnis ikan mas koki ini dimulai semenjak tahun 2006. Yadi menentukan untuk membudidayakan ikan hias mas koki sebab biaya operasional yang dikeluarkan jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi. Sebelum terjun dalam budidaya ikan mas koki, Bapak Yadi sudah dilebih dulu mencoba peruntungannya dalam bisnis ikan hias jenis Beta atau Cupang. Seiring jalannya waktu, ia karenanya membudidayakan ikan hias mas koki.


ikan hias mas koki ialah jenis ikan hias yang sudah tidak absurd lagi di Indonesia Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki
Kolam pemeliharaan ikan mas koki

Awal memelihara ikan mas koki ia mencar ilmu dari sahabat – sahabatnya yang telah terbiasa terjun dalam kontes – kontes ikan mas koki di Yogyakarta. Dari situlah ia banyak mendapatkan pengetahuan perihal cara budidaya ikan mas koki. Ditambah dengan pengalaman ia dalam memperlakukan jenis ikan hias lainnya maka ia pun berani untuk mencoba untuk membudidayakan ikan hias mas koki dan memelihara ikan mas koki dengan banyak sekali macam jenis.


Berkat ketekunan dan kesabarannya dan diiringi dengan doa kepada Tuhan YME, ia pun karenanya sukses untuk membudidayakan ikan mas koki. Dengan keberhasilannya tersebut maka langkah selanjutnya yang ia ambil ialah memasarkan ikan hias mas koki hasil dari budidayanya. Pada awalnya langkah pemasaran yang dilakukan oleh Pak Yadi ialah dengan memperlihatkan ikan hias mas kokinya kepada pedagang – pedagang ikan hias. Menurut ia pemasaran menyerupai itu ialah hal yang masuk akal untuk memulai usaha sebuah usaha.


Hingga pada karenanya ia karenanya kewalahan untuk memenuhi pesanan dari para pedagang ikan hias tersebut. Kendala pada ketika itu ialah lahan budidaya yang ia gunakan masih sangatlah kurang dan pembudidaya ikan hias mas koki di Yogyakarta masih sangat jarang dalam menggeluti bisnis ini. Sehingga para pedagang hias yang sudah menjadi langganan tetap ia karenanya bersabar  untuk mendapatkan ikan mas koki miliknya.


Kini, bapak satu putra ini mempunyai lahan yang luas untuk budidaya ikan hias mas kokinya. Bapak Yadi biasanya mendapatkan orderan dari para pedagang ikan hias dengan jumlah berkisar antara 500 – 1.000 ekor. Selain itu ia juga mempunyai pelanggan setia yang memesan ikan hias mas koki miliknya untuk dipelihara sendiri atau untuk dikonteskan. Yadi biasanya menjual harga ikan mas koki sesuai dengan grade tersendiri. Untuk kalangan penggemar ikan hias mas koki Grade A atau kualitas terbaik biasanya ia menjual ikan mas koki tersebut dikisaran harga rata – rata mencapai 100 ribu rupiah per ekornya. Untuk ikan mas koki dengan Grade A ini memang banyak dikejar oleh penggemar ikan hias mas koki untuk dikonteskan. Bahkan ia pernah menjual ikan hias mas kokinya yang pernah memenangi kontes ikan hias seharga satu juta rupiah.


Saat ini untuk lebih berbagi usahanya lagi ia masih terkendala modal. Menurut akreditasi beliau, ketika ini laba yang didapatkannya gres sanggup menyentuh angka 2 juta rupiah per bulannya. Dengan laba higienis yang diperoleh mencapai 1,5 juta rupiah.


Perawatan yang relatif gampang dan tidak terlalu rumit, dengan tingkat reproduksi yang tinggi dan biaya operasional yang rendah ialah alasan utama mengapa Bapak Yadi fokus untuk terjun dan berbagi usaha bisnis budidaya ikan mas koki ini. Walaupun ia juga berbagi budidaya ikan hias jenis lainnya, namun ia mengakui bahwa budidaya ikan hias mas koki ini sangatlah menjanjikan.


ikan hias mas koki ialah jenis ikan hias yang sudah tidak absurd lagi di Indonesia Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki
Pemanenan ikan mas koki

Semoga dongeng sukses cara budidaya ikan mas koki dari Bapak Sunaryadi ini sanggup mengatakan ide kepada Anda yang sedang mencari usaha sampingan atau sedang mencari sebuah bisnis dengan peluang laba yang besar. Jangan ragu untuk mencoba atau melangkah untuk melaksanakan sebuah usaha atau melaksanakan sebuah bisnis. Salam sukses untuk Anda semua dan selamat mencoba. Untuk artikel perihal ikan lainnya Anda sanggup membacanya di bawah ini.


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Sukses-Bisnis Ikan Hias Mas Koki Yang Membawa Hoki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel