iklan

Khasiat Jamur Tiram

Secara umum, jamur tiram memperlihatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa di antaranya yang bisa dipakai untuk mengobati banyak sekali penyakit.

•Meningkatkan Eritrosit

Sel-sel darah merah (Eritrosit) merupalcan komponen penting dan terbesar di dalam darah yang menempati 45-60% dari seluruh total volume darah. Sel-sel ini secara efektif bisa mengangkut oksigen tanpa meninggalkan pembuluh darah serta cabang-cabangnya. Dengan adanya gangguan dalam pembentukan eritrosit ini sanggup memicu terjadinya anemia yang berakibat kepada terganggunya transpor oksigen. jamur tiram mengandung sejumlah materi penting berupa zat besi dan niasin yang mempunyai kegunaan dalam pembentukan se1 sel darah merah, antara lain bagi hemoglobin. Baik zat besi maupun niasin merupakan zatzat yang penting dalam penyusunan hem dan globin.

Dalam jamur tiram ini juga terkandung asam folat yang dibutuhkan dalam sintesis timidin. yang merupakan salah satu penggalan dalam pembentukan DNA. Pengolahan jamur dengan melalui perebusan atau pemanasan yang terlampau tinggi sanggup merusak kandungan asam folat. sehingga zat ini menjadi inaktif. Kebutuhan terhadap asam folat akan meningkat pada masa kehamilan. masa menyusui (laktasi). hipermetabolisme dan pada penderita kanker.

•Mencegah Kencing Manis

Diabetes mellitus atau kencing manis, ialah suatu bentuk gangguan faal badan sebab ketidakmampuan badan dalam mendayagunakan insulin. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah dalam air seni, pengeluaran urin yang berlebihan dan peningkatan asupan cairan makanan.

Kandungan serat dalam jamur tiram sanggup besar lengan berkuasa nyata terhadap pencegahan penyakit kencing manis. Dengan peningkatan konsumsi serat, diharapkan membantu perbaikan sensitifitas jaringan ujung saraf terhadap insulin. sehingga bisa mengurangi kebutuhan badan akan insulan. Dengan demikian akan membantu tercapainya imbas pengaturan kadar gula darah pada pengidap diabetes mellitus.

•Menurunkan Koleslerol

Serat merupakan penggalan penting dari sumber masakan nabati yang tidak sanggup dicerna oleh tubuh. juga mempunyai peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan badan dan sanggup menekan peningkatan kadar kolesterol darah. Meningkatnya kolesterol LDL ialah salah satu unsur penyebab pengerasan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi serat berkadar tinggi. akan sangat berarti dalam mengeluarkan kolesterol dan menurunkan tingkat kepekatan lemak dalam darah. Serat dalam jamur juga sangat bermanfaat dalam mencegah terserapnya lemak dari masakan yang telah dikonsumsi.

Seperti diketahui. lemak atau kolesterol dalam bentuk lipoprotein yang berkepadatan rendah (low density lipoprotein-LDL) dengan kadar tinggi sanggup menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Penyumbatan ini bisa menjadikan penebalan dan pengerasan (atherosclerosis) juga sanggup meningkatnya tekanan darah dan menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung koroner. LDL atau yang sering disebut sebagai kolesterol 'jahat' ini sanggup diturunkan kadarnya dengan mengkonsumsi banyak serat.
Sumber http://agil-asshofie.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Jamur Tiram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel