iklan

Ccleaner Terkena Hack, Ini Yang Harus Dilakukan Pengguna

Jika anda merupakan salah satu dari pengguna setia software CCleaner CCleaner Terkena Hack, Ini yang Harus Dilakukan Pengguna

Jika anda merupakan salah satu dari pengguna setia software CCleaner, maka ada kabar jelek yang harus diketahui. CCleaner yang merupakan software utilitas yang berfungsi supaya PC/Lpatop dalam keadaan smooth atau dalam performa terbaik baru-baru ini dikabarkan telah diretas oleh Hacker yang kemudian menyusupkan Malware kedalamnya.

Singkatnya, produk CCleaner baik untuk PC/Laptop, Smartphone maupun yang berbasis cloud ini telah disusupi oleh h4ck3r dan weaponized dengan malware yang sangat berbahaya dan sanggup mengganggu keamanan data anda. Kaprikornus sanggup dikatakan bahwa pengguna CCleaner dikala ini sedang dalam keadaan bahaya.

Malaware jenis apa yang terdapat pada CCleaner?

Seorang peneliti keamanan cyber di Cisco Talos menyebutkan bahwa aplikasi bersih-bersih gratis ini telah di h4ck dan aneka macam perangkat yang dalam bahaya. CCleaner ini telah menjadi sasaran para h4ck3r dengan menambahkan sebuah ‘pintu belakang’ yang sanggup dipakai untuk memasukkan malware, ransomware dan keyloggers ke dalam aplikasi tersebut.

Jika anda merupakan salah satu dari pengguna setia software CCleaner CCleaner Terkena Hack, Ini yang Harus Dilakukan Pengguna

Lebih lanjut, temuan Cisco Talos menyebutkan jikalau aplikasi CCleaner versi 5.33 yang tersedia pada rentang waktu 15 Agustus – 12 September telah dimodifikasi untuk memasukkan Malware Floxif yang merupakan malware d0wnl0ader yang akan mengumpulkan informasi mengenai sistem yang telah terjangkiti dan mengirimkan data yang ada ke C&C server milik h4ck3r. Kaprikornus malware jenis ini sanggup dikategorikan sebagai malware mata-mata.

Apa saja informasi yang dilihat Malware Floxif?

Karena Malware Floxif ini merupakan jenis malware mata-mata, maka tentu saja akan membahayakan data serta privacy yang tersimpan pada perangkat anda. Malware ini akan mengumpulkan informasi menyerupai nama komputer, daftar aplikasi yang terinstall, daftar aplikasi yang sedang berjalan, alamat MAC, alamat IP dan informasi lainnya.

Peneliti di Talos kemudian menyampaikan bahwa malware ini hanya bekerja pada Windows yang memakai arsitektur 32 Bit. Malware ini juga sanggup menciptakan user logout secara paksa dari komputer jikalau sebelumnya tidak login sebagai Administrator.

Cara mengatasi Malware pada CCleaner

Bagi anda para pengguna CCleaner, maka anda tidak perlu terlalu panik dengan adanya pemberitaan ini. Pasalnya, anda sanggup melaksanakan tindakan supaya perangkat yang dipakai sanggup segera terbebas dari Malware yang menginfeksi CCleaner ini.

Menindak lanjuti permasalahan yang menimpa produk mereka, maka pihak perusahaan Piriform yang merupakan pengembang aplikasi CCleaner telah melaksanakan perbaikan baik pada CCleaner versi online maupun versi offline. Perbaikan tersebut telah dikemas dalam sebuah produk CCleaner versi terbaru. Kaprikornus supaya sanggup terhindar dari malware ini, anda tidak harus berhenti memakai software CCleaner atau melaksanakan uninstall pada software tersebut, yang perlu anda lakukan hanyalah melaksanakan update ke CCleaner versi terbaru.

Agar sanggup terhindar dari malware yang menginfeksi CCleaner, maka anda harus segera melaksanakan update ke versi yang lebih tinggi ialah versi 5.34 atau setelahnya. Untuk melaksanakan update tersebut caranya sangat mudah, cukup dengan mend0wnl0ad CCleaner versi terbaru disini kemudian menginstallnya pada perangkat anda.

Setelah anda melaksanakan pembaharuan terhadapa software CCleaner yang terinstall pada perangkat anda, maka tidak perlu lagi khawatir akan ancaman malware yang telah menginfeksi software CCleaner. Dengan demikian, anda sanggup kembali memakai software CCleaner dengan baik supaya PC/laptop yang dipakai sanggup tetap dalam kondisi terbaik.

Itulah informasi terkait CCleaner yang disusupi malware dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi, selama anda selalu melaksanakan tindakan antisipasi dan pencegahan, maka sanggup dipastikan bahwa perangkat anda akan selalu dalam kondisi baik-baik saja.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ccleaner Terkena Hack, Ini Yang Harus Dilakukan Pengguna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel