iklan

Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel – Transfer file merupakan salah satu hal yang paling sering dipakai dalam pengoperasian Komputer. Transfer file biasanya dilakukan untuk meniru suatu file atau memberikannya kepada orang lain. Transfer file ini sanggup dilakukan dalam satu direktori, antar direktori namun masih dalam satu drive, sampai melaksanakan transfer file antar Komputer.

Dalam melaksanakan transfer file antar Komputer biasanya memakai media penyimpanan sementara. File akan ditransfer dari Komputer satu ke media penyimpanan menyerupai flashdisk maupun hardisk, kemudian dari flashdik atau hardisk tersebut akan ditransfer lagi ke Komputer lainnya.

Metode transfer menyerupai ini tentu saja akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang lama. Terlebih lagi kalau anda tidak mempunyai media penyimpanan ketiga menyerupai flashdisk atau hardisk. Sebenarnya anda sanggup memakai media jaringan untuk melaksanakan transfer file, metode yang sanggup dipakai biasanya yaitu memakai kabel LAN untuk melaksanakan transfer file antar Komputer.

Menggunakan kabel LAN untuk melaksanakan transfer file yaitu salah satu metode yang cukup efektif alasannya sudah tidak lagi memerlukan media penyimpanan sementara menyerupai flashdisk maupun hardisk. File sanggup ditransfer eksklusif memakai kabel LAN dari Komputer satu ke Komputer lainnya. Namun kekurangan dari metode ini yaitu bahwa anda harus menyediakan kabel LAN terlebih dahulu untuk media transfer, kalau anda tidak memilikinya maka tentu saja cara ini tidak akan sanggup dilakukan. Tidak hanya itu jarak transfer tentu saja terbatas pada panjang kabel LAN.

Mengapa melaksanakan transfer file tanpa kabel?

Ketika anda hendak melaksanakan transfer file antar Komputer tanpa memakai kabel, baik USB amupun label LAN. Anda sanggup memakai media Wireless atau yang lebih bersahabat dikenal WiFi sebagai media transfer. Cara ini sangat efisien alasannya tidak lagi memerlukan media penyimpanan sementara menyerupai flashdisk atau hardisk dan juga tidak butuh lagi kabel LAN. Anda sanggup melaksanakan transfer file dari Komputer satu ke Komputer lainnya memakai WiFi.

Bagaimana cara transfer file antar Komputer via WiFi?

Untuk sanggup melaksanakan transfer file memakai WiFi maka syarat yang harus dipenuhi tentu saja Komputer yang dipakai harus sanggup memakai WiFi dan tersedia perangkat WiFi. Jika pada lokasi anda tidak tersedia perangkat wifi yang sanggup dipakai sebagai media transfer file, maka anda sanggup menjadikan salah satu Komputer sebagai Hotspot. Kemudian hubungkan komputer lainnya ke Hotspot tersebut.

Untuk melaksanakan transfer file tanpa kabel memakai koneksi WiFi, anda sanggup mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Pastikan Komputer yang dipakai tehubung ke jaringan WiFi yang sama. Jika anda memakai Hotspot yang dibentuk dari satu Komputer, maka koneksikan Komputer lainnya ke Hotspot tersebut.

Langkah 2

Buka Control Panel dan pergi ke direktori berikut

Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings

atau sanggup juga dengan cara klik kanan ikon WiFi kemudian klik Open network and sharing center. Lalu pada panel sebelah kiri silahkan klik Change advanced sharing settings.

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Langkah 3

Kemudian cari dan klik opsi Turn on sharing so anyone…, cari dan klik juga Turn off password protected sharing semoga anda tidak perlu memasukkan password saat mengakses Komputer tersebut. Setelah itu klik Save changes.

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Untuk melaksanakan share file dan folder, silahkan klik kanan pada file dan folder yang akan di share kemudian pilih Properties. Pada jendela Properties, klik tab Sharing. Lalu klik Share….

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Langkah 4

Pada jendela Choose people to share with, pilih Everyone kemudian klik Add. Pada permission level Everyone Jika statusnya hanya Read, maka Komputer lain hanya sanggup membuka dan melaksanakan copy saja. Jika anda mengubahnya menjadi Read/Write maka Komputer lain sanggup melaksanakan Copy, Edit, Hapus dan operasi lainnya. Jika sudah tamat silahkan klik Share.

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Langkah 5

Pada jendela selanjutnya yang muncul, silahkan klik Done.

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Langkah 6

Pada komputer lainnya silahkan buka Buka Windows Explorer, kemudian ketikkan pada address kafetaria \\ip_address komputer yang akan dijadikan partner transfer file (Baca: cara mengetahui ip address). Misalnya ip komputer tersebut yaitu 192.168.173.1 maka ketikkan \\192.168.173.1 pada address kafetaria kemudian tekan Enter. Anda juga sanggup menuliskan nama komputer tujuan pada address kafetaria tersebut sebagai pengganti IP Address (Baca: cara mengetahui nama komputer).

Langkah 7

Folder yang telah dishare dari komputer tadi akan muncul pada Komputer lainnya, silahkan Copy folder tersebut pada direktori internal Komputer anda untuk mulai melaksanakan transfer file.

transfer file antar komputer tanpa kabel Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel

Langkah 8

Jika sudah tamat maka proses transfer file memakai WiFi sudah selesai.

Itulah cara transfer file antar Komputer tanpa kabel dengan memakai koneksi WiFi. Cara ini sanggup anda lakukan untuk melaksanakan transfer file memakai beberapa komputer sekaligus, dan pastinya waktu yang dipakai lebih singkat dan efisien.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Kabel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel