iklan

Cara Benar Menciptakan Surat Dinas Resmi Perusahaan Beserta Contohnya

Dalam menjalin kekerabatan kerjasama dalam suatu perusahaan, sejatinya harus ada komunikasi yang dilakukan baik itu secara verbal ataupun nonverball, hal ini dalakukan biar kekerabatan yang terjalin ataupun kolaborasi yang terjalin sanggup terus berlangsung dan berjalan dengan baik.

Setiap perusahaan tentunya mempunyai pendekatan tersendiri dalam melaksanakan ataupun menjaga kolaborasi tersebut, dengan perusahaan lainnya, namun  ibarat yang saya katakan diatas kekerabatan yang terjalain tersebut harus memilki kekerabatan profesional dimana hal2 tersebut harus selalu berkaitan dengan acara yang sifatnya formal.

Dalam hal ini acara yang sifatnya formal sanggup dilakukan dengan adanya pendekatan secara verbal, ibarat melaksanakan pertemua secara eksklusif contohnya rapat ataupun meeting, namun ada juga yang melaksanakan dengan pendekatan secara nonverbal, yaitu melalui acara surat menyurat.

Kegiatan suart menyurat ini tentunya sangat penting dalam setiap perusahaan dimana dalam surat tersebut si perusahaan sanggup menjelaskan maksud atau bentuk kerjasama yang ingin dilakukan seperti  surat penawaran, surat pemberitahuan harga, surat dinas resmi perusahaan dan masih banyak lagi.

Namun terkadang ada perusahaan2 yang yang tidak terlalu mementingkan acara surat menyurat ini, sehingga dalam proses pembuatan suratnya pun tidak terlalu di perhatikan sehingga sanggup saja  pihak lain yang diajak kolaborasi ini menjadi tidk tertarik alasannya ialah adanya kesalahan dlam pembuatan surat tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan Cara benar menciptakan Surat Dinas Resmi Perusahaan beserta Contohnya dan tentunya hal ini saya sanggup dari banyak sekali sumber yang sanggup di percaya. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini hingga dengan selesai.

Cara benar menciptakan Surat Dinas Resmi Perusahaan beserta Contohnya


Sebelum kita melihat referensi dari Surat Dinas Resmi Perusahaan, berikut ini merupakan Tips atau hal yang harus diperhatikan dalam membuat Surat Dinas Resmi Perusahaan yang baik dan benar, berikut langkah-langkahnya :

1. Perhatikan dan pahami jenis surat

Jika anda hendak menulis surat resmi maka perhatikan terlebih dahulu jenis surat apa yang akan anda tulis apakah surat penawaran harga, surat undangan, surat penagihan atau yang lain. Hal ini perlu diperhatikan alasannya ialah pada nantinya akan menghipnotis pemilihan bahasa yang akan digunakan.

2. Perhatikan penulisan akseptor surat

Surat dinas memang telah mempunyai hukum tersendiri dalam penulisannya. Salah satu hukum tersebut ialah penulisan akseptor surat. Jika ada menulis akseptor surat maka awali dengan kata Yth. Serta diikuti nama atau jabatan yang ditulis dengan aksara kapital pada awal huruf. Anda juga sanggup menambahkan kata sapaan ibarat Ibu atau Bapak sebelum nama akseptor surat.

3. Pemilihan kata

Untuk menulis surat dinas maka anda harus memakai kata-kata yang resmi dan sesuai dengan standar baku. Penulisan tersebut harus sesuai dengan EYD dan hindari memakai kata-kata yang tidak baku meskipun kata tersebut sering digunakan.

4. Mengenal bab penggalan Surat

Bagian2 suarat tentunya sangat penting dimana dalam hal ini penulis menjadi lebih terarah dalam proses pembuatan suartnya sehingga surat yang dibauat buatpun lebih terlihat rapi sesuai kaidah penulisan surat yang ada, untuk lebih jelasnya baca disini Bagian-bagian Surat Resmi dan penjelasannya

5. Isi Surat Tugas

Surat yang ditulis harus singkat, padat, terang dan membrikan makna yang lugas. Buat bahasa seefektif mungkin sehingga gampang dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan makna ganda atau informasi yang sulit untuk dimengerti.

6. Baca kembali

Setelah anda tamat mengetik surat hendaknya baca kembali surat yang anda buat sebelum dikirim. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penulisan ataupun hal lain. Sehingga surat yang anda buat benar-benar telah sesuai dengan hukum penulisan surat dinas.

Contoh surat Dinas Resmi Perusahaan yang baik dan benar

Jika kalian suadah melaksanakan tips diatas dengan benar, tentunya akan lenih gampang dalam menciptakan surat Dinas Resmi Perusahaan yang baik dan benar dan hal ini tentunya akan memilki nilai tersendiri dimata perusahaan yang menjadi partner alasannya ialah hal tersebut menandakan kualitas dari perusaan tersebut.

Berikut ini merupakan referensi dari Surat Dinas Resmi Perusahaan 

Untuk lebih jelasnya berikut saya sertakan :


PT JAYA ABADI 
JL. Batu bara Blok A No. 80 Sunter, Jakarta Selatan
Telp. 021-689999, Fax. 299098, Kode Pos 15761
Jakarta, 14 Februari 2019



Nomor : 090/IX/HUB/2018
Lampiran : -
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth.
Ibu Anggita Sari
Manager Marketing
PT JAYA ABADI
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan degan program pelantikan cabang gres perusahaan PT JAYA ABADI, maka bersama dengan surat ini kami mengundanga seluruh jajaran Managerial kantor untuk menghadiri rapat persiapan. Pelaksanaan rapat yaitu pada:
Hari / Tanggal : Senin, 18 Februari 2019
Waktu : 09.00 s/d 10.00
Tempat : ruang rapat II, Gedung A Lt. 9
Demikian permintaan ini kami buat, mengingat program tersebut sangat penting maka kami mengaharap Bapak/Ibu sanggup hadir sempurna waktu. Atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


FRISYA ANDINI



Demikianlah artikel saya kali ini mengenai Cara benar menciptakan Surat Dinas Resmi Perusahaan beserta Contohnya, semoga sanggup menjadi referensi buat Sobat prakatakita semua yang sedang menciptakan suart dinas resmi untuk perusahaannya, semoga bermanfaat, kunjungi terus untu artikel lainnya di blog prakatakita ini, terima kasih.

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Benar Menciptakan Surat Dinas Resmi Perusahaan Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel