iklan

9 Fintech Pertolongan Online Dan Kta Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Sekarang 9 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih mudah. Selama ini, masyarakat mengandalkan bank untuk mencari pinjaman, namun proses di bank populer usang dan berbelit.  Apa saja tunjangan kilat online tersebut dan kenapa mereka lebih unggul ? Update 2019: muncul banyak KTA Kilat dengan sejumlah fitur menarik dan kini sanggup pinjam uang 10 juta tanpa jaminan.

Banyak masyarakat Indonesia ‘un-bankable’. Mereka ingin meminjam namun ditolak oleh bank lantaran aneka macam alasan, ibarat jaminan, dokumen dan penghasilan.

Salah satunya bank mensyaratkan orang mempunyai riwayat kredit untuk sanggup mengajukan pinjaman. Misalnya, ingin mengambil KTA, bank mewajibkan peminjam sudah punya kartu kredit.

Tidak semua orang punya riwayat kredit lantaran memang tidak pernah sanggup bekerjasama dengan bank. Lalu mereka ini mau pinjam uang kemana ?

Kondisi ini sepertinya peluang bisnis. Karena pasarnya sangat besar, yaitu mereka yang membutuhkan tunjangan tetapi tidak sanggup ke bank.

Studi International Finance Corporation (IFC), anak perusahaan World Bank, memperlihatkan di Indonesia terdapat 20 juta UKM dengan saluran kredit terbatas dengan estimasi potensi tunjangan sebesar $27 miliar.

Muncullah alternatif pinjaman uang cepat dan gampang non bank. Mereka berbentuk FinTech, yaitu perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk memperlihatkan produk keuangan inovatif.

Fintech dianggap cocok dengan pasar di Indonesia. Karena meskipun masyarakat belum punya saluran keuangan, namun penetrasi kepemilikan dan penggunaan telpon selular sangat tinggi.

Pinjaman Kilat Online Terdaftar OJK

Ini daftar 9 Finctech tunjangan online yang memperlihatkan KTA kilat non bank yang cepat dan mudah. Mereka ini masuk dalam daftar tunjangan online yang terdaftar di ojk 2018 2019.

#1 UangTeman

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

UangTeman.com memperlihatkan tunjangan secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek. Jumlah tunjangan maksimum Rp 2 juta selama paling usang 30 hari.

Untuk Anda yang ingin pinjam uang 10 juta tanpa jaminan, UangTeman bukan tempatnya. Ini ditujukan untuk tunjangan kecil.

Proses pengajuan cukup gampang dan cepat. Dana dijanjikan dicairkan (masuk rekening) paling lambat 2 hari semenjak pengajuan untuk tunjangan pertama dan 3 jam untuk tunjangan berikutnya.

Pinjaman kilat ini sanggup menjadi alternatif diluar bank. Karena proses di bank lebih usang dan minimal tunjangan di bank lebih tinggi (diatas Rp 5 juta).

Hal yang perlu diperhatikan yaitu biaya layanan UangTeman yang cukup tinggi. Dipatok sekitar 0.8% per hari.

Itu sebabnya tunjangan online ini sebaiknya dipakai untuk mereka yang butuh KTA kilat untuk emergency loan. Mereka yang perlu bridging loan, menunggu hingga penghasilan masuk.

#2 Drrupiah

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Drrupiah.com memperlihatkan tunjangan online tanpa jaminan ibarat UangTeman untuk kebutuhan jangka pendek dalam jumlah kecil. Jumlah tunjangan sedikit lebih tinggi, yaitu Rp 4 juta rupiah selama paling usang 30 hari.

Dr rupiah ini menjanjikan proses yang kilat, cepat dan mudah. Pencairan sanggup dilakukan di hari yang sama jikalau mempunyai rekening Bank Mandiri. Namun, di luar rekening Mandiri tidak dijelaskan prosesnya berapa lama.

Biaya layanan di dr rupiah masih 1% sehari. Cukup tinggi bunganya sehingga dianjurkan untuk yang memang membutuhkan tunjangan cepat saja.

Catatan Maret 2019: saluran ke website drrupiah.com sudah tidak bisa. Situs sudah tidak menampilkan saluran terhadap tunjangan kilat dr rupiah.

#3 Amartha

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Amartha.com memperlihatkan tunjangan tanpa jaminan untuk pengusaha kecil yang mempunyai perjuangan di Bogor dan Bandung. Pinjaman mulai dari Rp 2 juta dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

Yang membedakannya, mereka ini yaitu group lending. Pengajuan tunjangan harus dilakukan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota.

Para calon peminjam diminta membentuk kelompok 15 – 20 orang di lokasi kawasan tinggalnya. Syarat anggota yaitu pengusaha wanita yang mempunyai kebutuhan modal Rp 2 juta.

Sebelum tunjangan diberikan, Amartha melaksanakan training wajib kepada setiap calon peminjam dalam kelompok tersebut. Tujuannya supaya kelompok sanggup menciptakan proposal pengajuan kredit.

Proposal kredit yang telah dikaji akan ditawarkan kepada para investor yang akan memberikan pembiayaan. Setelah mendapatkan komitmen dana dari investor, Amartha akan memfasilitasi aqad dan pencairan kepada peminjam.

Setelah tunjangan cair, kelompok tersebut wajib mengadakan pertemuan mingguan dan setiap anggota wajib hadir. Dalam pertemuan tersebut, Amartha akan memonitor perkembangan perjuangan dan mengumpulkan pembayaran pinjaman.

#4 Taralite

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Taralite memperlihatkan tunjangan online dengan jaminan. Meskipun disebutkan memperlihatkan pula tunjangan tanpa jaminan, namun informasi di situs tidak terang mengenai persyaratan tunjangan tanpa jaminan.

Jaminan yang diterima yaitu kendaraan bermotor dalam bentuk bukti kepemilikan (BPKB) dan kepemilikan rumah. Jenis jaminan ini menentukan tingkat bunga yang dibebankan ke peminjam.

Bunga tunjangan berkisar 1% flat / bulan untuk jaminan BPKB kendaraan beroda empat dan Sertifikat Kepemilikan Rumah. Dan 2%flat/bulan untuk jaminan BPKB motor.

Jumlah tunjangan tergantung nilai jaminan. Estimasi plafond peminjaman 70% – 80% dari nilai pasar jaminan.

Tempo cicilan adalah: 1, 2, 3 tahun dengan jaminan BPKB kendaraan dan hingga 5 tahun dengan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah.

Didalam situs disebukan bahwa proses pengajuan tunjangan melalui survei kepada calon kreditur dan evaluasi jaminan. Karena itu, prosesnya tidak sanggup cepat.

Pinjaman ini cocok untuk yang membutuhkan jumlah tunjangan dalam jumlah besar. Namun tidak cocok untuk mereka yang membutuhkan tunjangan cepat dalam waktu singkat.

Catatan Maret 2019

Terjadi perubahan dalam Taralita, yaitu tunjangan kilat Taralite kini hanya diberikan sebagai kredit perjuangan yang harus diajukan melalui merchant partner berikut ini:

  • Tokopedia. Program tunjangan merchant di Tokopedia dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; mempunyai KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP.
  • Lazada. Merchant di Lazada sanggup mengajukan tunjangan di Taralite dengan memasukan akun penjual Lazada dan isi formulir, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; mempunyai KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Doku. Merchant Doku sanggup mengajukan tunjangan KTA kilat di Taralite untuk tujuan membuatkan usaha, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; mempunyai KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Kerjasama dilakukan juga dengan Hacktiv8, Dekoruma, dan Jurnal. Proses pengajuan tunjangan dilakukan melalui situs masing – masing merchant.

Pagu tunjangan yaitu Rp 2.000.00 sd Rp 500.000.000. Bunga Taralite mulai dari 0.99% – 1.59%, dengan jangka waktu 3 sd 12 bulan. Biaya provisi yang dikenakan sebesar 1% dari total pengajuan pinjaman.

Persyaratan umum pinjaman: Warga negara Indonesia; Pria/Wanita berusia 18-56 tahun dan masa aktif perjuangan (merchant online) selama minimal 6 bulan. Pinjaman taralite untuk masyarakat di seluruh Indonesia, tidak ada pembatasan wilayah domisili merchant calon peminjam.

Proses pengajuan tunjangan hingga pencairan dana membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja, terhitung semenjak semua dokumen masuk dan telah diverifikasi.

#5 Investree

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Investree.id yaitu kawasan yang mempertemukan orang yang punya dana dan orang yang butuh dana. Ini yaitu marketplace antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Salah satu P2P yang memberikan tunjangan perjuangan dimana sanggup pinjam uang 10 juta tanpa jaminan.

Calon peminjam sanggup mengajukan kredit secara online melalui situs Investree. Pinjaman dikategorikan untuk karyawan dan pengusaha.

Semuanya tunjangan tanpa jaminan. Namun, pihak Investree memutuskan sejumlah persyaratan.

Untuk karyawan, Investree memberikan tunjangan kepada mereka yang bekerja di perusahaan yang sudah kerjasama dengan Investree. Syaratnya, berdomisi di wilayah Jabodetabek dan minimum pendapatan Rp 3.1 juta.

Untuk tunjangan usaha, Investree memberikan invoice financing (pembiayaan modal kerja dengan jaminan tagihan). Perusahaan harus mempunyai relasi bisnis dengan institusi besar (ex: perusahaan publik, perusahaan multinasional, BUMN, dan forum pemerintahan).

Anda sanggup mencobanya disini.

#6 Modalku

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Modalku.co.id yaitu juga marketplace yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman. Pinjaman diberikan untuk tujuan usaha.

Salah satu produknya yaitu tunjangan kepada pemilik toko online di Tokopedia yang berdomisili di Jabodetabek. Limit Rp. 10 juta – 50 juta dengan tenor 1-2 bulan dan waktu proses 3 hari kerja.

Pinjam uang 10 juta tanpa jaminan sanggup dilakukan di Modalku. Cocok buat Anda yang punya usaha.

Bunganya dipatok 2% flat per bulan. Pinjaman dibayar sekaligus (pokok + bunga) di selesai tenor sehingga tidak ada sistem cicilan.

Syaratnya, pemilik toko online sudah terdaftar minimum 6 bulan di Tokopedia. Warga Negara Indonesia dan usia 21 – 55 tahun. Dokumen scan KTP, KK, dan NPWP.

#7 Koinworks

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Koinworks.com memperlihatkan tunjangan perjuangan yang berjalan minimal 2 tahun dan lokasi di Jabodetabek. Minimum tunjangan yaitu Rp 10 juta.

Bunga 0.75% hingga 1.7% flat per bulan. Tingkat bunga ditentukan menurut grading yang diberikan oleh Koinworks.

Selain bunga, ada biaya – biaya lainnya. Biaya persetujuan Kredit : 2% – 4%; Asuransi Jiwa: 0.24% dan biaya administrasi: Rp100,000.

Proses pengajuan kredit dilakukan dalam beberapa tahap. Ada 5 tahap yang perlu dilewati.

Pertama, isi formulir secara online. Kedua, jikalau memenuhi syarat, bunga disampaikan dan melanjutkan ke proses berikutnya. Ketiga, upload dokumen yang dipersyaratkan. Keempat, sesudah dokumen diverifikasi dan tunjangan disetujui, tunjangan akan diposting pada sistem Koinworks biar pendana memulai proses bidding. Kelima, pencairan pinjaman, sesudah tunjangan sudah dibiayai 100%, dana ditransfer ke rekening bank peminjam.

#8 Mekar

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Mekar.id memperlihatkan tunjangan tanpa jaminan dan dengan jaminan kepada pemilik perjuangan (perorangan atau UD/CV/PT). Jumlah tunjangan mulai dari Rp 20 juta sd Rp 500 juta dengan jangka waktu 12 bulan.

Persyaratannya yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi; pendapatan perjuangan > Rp. 100 juta / bulan; mempunyai rekening bank; perjuangan telah beroperasi selama lebih dari 12 bulan. Tanpa jaminan untuk tunjangan di bawah Rp 100 juta

Bunga efektif per tahun 36%. Pinjaman Rp. 100 juta berarti membayar Rp. 120.5 juta (20.5% bunga flat).

Prosesnya, calon peminjam mengajukan tunjangan secara online. Lalu, distributor Mekar menghubungi untuk menciptakan janji. Agen Mekar mengisi permohonan kredit dan detail pribadi melalui Aplikasi onlin, termasuk foto KTP dan dokumen lainnya.

Setelah kunjungan, Anda akan mendapatkan panggilan dari petugas Mekar untuk memverifikasi beberapa informasi.Jika disetujui, Agen tiba dengan membawa perjanjian kredit yang sudah dicetak ditandatangani.

Dana pencairan biasanya ditransfer satu hari sesudah kontrak ditandatangani ke rekening bank yang telah ditunjukkan ke distributor selama pengajuan kredit.

#9 Pinjam

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

Pinjam.co.id menerapkan gadai secara online yang memperlihatkan tunjangan mulai dari Rp 200 ribu. Barang yang diterima sebagai jaminan wajib atas kepemilikan langsung, yaitu: sepeda motor, mobil, laptop, handphone, tablet pc, kamera, dan pemanis emas.

Jika terjadi dilema dari kepemilikan ganda atas barang jaminan maka peminjam yang akan bertanggung jawab secara penuh dan menuntaskan hal tersebut hingga selesai. Tidak boleh menggadaikan barang yang bukan miliknya.

Ada 3 langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, calon peminjam mengisi secara online kategori barang jaminan dan keterangan lengkap. Hasilnya yaitu taksiran online atas barang jaminan.

Kedua, calon peminjam menentukan cara serah terima barang dengan akomodasi antar jemput barang, mengantar sendiri atau menemui penaksir. Setelah barang diterima, Pinjam menyidik serta menilai barang serta memberikan penawaran.

Ketiga, jikalau oke dengan penawaran dari Pinjam, konfirmasi tunjangan dikirimkan dan selanjutnya dana dicairkan melalui transfer bank. Di dalam situs tidak dijelaskan berapa persen Pinjam akan memberikan tunjangan dari nilai barang.

Tarif dasar biaya tunjangan kami yaitu 0,7% per minggu. Ditambah biaya asuransi dan biaya antar jemput barang.

#10 KTA Kilat

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

KTA Kilat yaitu platform P2P kredit tunjangan tunai yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan aplikasi sanggup di d0wnl0ad di Google Playstore atau APK.

KTAKilat tidak memerlukan jaminan, hanya memerlukan KTP,  d0wnl0ad aplikasi, 15 menit untuk mengisi data, tunggu hasil review, 3 menit untuk mendapatkan dana uang.

Namun, perlu diingat bahwa dalam beberapa kasus, pengajuan sanggup memakan waktu 48 jam lantaran harus melalui pengecekan secara manual.

KTA Kilat memperlihatkan kenaikkan limit dan jangka waktu tunjangan dengan meningkatkan skor kredit, semakin lengkap data, semakin tinggi skor kredit.

Dalam penawaran, keunggulan produk KTA Kilat adalah:

  1. Maksimal suku bunga tahunan 14% (tanpa biaya lainnya)
  2. Tenor : 91 hari (minimal) hingga 120 hari (maksimal)
  3. Contoh simulasi transaksi :  Jika anda menentukan jumlah tunjangan 1,000,000 dengan suku bunga 7, kemudian pada hari jatuh tempo, Anda wajib membayar 1,000,000*(1+7%) = 1,070,000

Call Center Customer service KTA Kilat: +6221 5020 1919
Email KTA Kilat: cs-ktakilat@outlook.com

#11 OVO PayLater

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)
OVO PayLater

OVO PayLater adalah akomodasi tunjangan online kilat yang disediakan oleh raksasa e-money dari group Lippo ini. Kebetulan, saya mendapatkan penawaran fitur PayLater ini di aplikasi OVO saya.

Setelah saya cek, tidak semua pemegang aplikasi OVO mendapatkan kesempatan mencoba aplikasi pembiayaan KTA kilat ini. Fitur PayLater memang tersedia di semua aplikasi OVO, tetapi ada yang sanggup digunakan, ada yang belum sanggup digunakan. Alasan dan kriteria, mana konsumen yang bisa, mana yang tidak sanggup memakai, tidak dijelaskan oleh pihak OVO.

Apa laba menggunakan OVO PayLater ?

Pada dasarnya, produk ini yaitu kerjasama OVO dengan Taralite yang memberikan akomodasi belanja kini dan bayar kemudian (tentu saja dengan sejumlah biaya layanan). Pilih barang yang diinginkan, kemudian lakukan pembayaran dengan OVO PayLater, dan bayarnya nanti sebelum jatuh tempo.

Bagaimana cara mendaftar OVO PayLater ?

Saya diminta untuk meng-upgrade aplikasi OVO menjadi OVO Premier terlebih dahulu untuk sanggup mengajukan akomodasi PayLater. Untuk upgrade, saya perlu mengunduh KTP dan mengambil foto selfie.

Setelah upgrade ke OVO Premier sukses, saya perlu memasukkan data pribadi dan data lainnya. Tidak berapa usang aplikasi OVO PayLater saya disetujui dengan limit Rp 1 juta.

#12 Kredit Pintar

Kredit Pintar yaitu salah satu tunjangan online yang memperlihatkan jenis KTA kilat. Saya mengajukan tunjangan di aplikasi pinjam uang online ini.

Syaratnya pengajuan tunjangan tanpa agunan Kredit Pintar cukup simpel, yaitu KTP dan Foto selfie. Pastikan ketika pengambilan foto, berada di kawasan terang, tidak ada informasi yang tertutup jari dan foto KTP tidak buram.

Kredit Pintar memperlihatkan plafon tunjangan kecil mulai dari Rp 600, 000; Rp 1,500,000 dan Rp 2,300,000. Tenor yang ditawarkan sesuai dengan plafon tunjangan yang diambil, yaitu:

  • Rp 600,000 Tenor 28 hari
  • Rp 1,500,000 Tenor 2 bulan
  • Rp 2,300,000 Tenor 3 bulan.

Ada tunjangan yang sanggup dibayar sekaligus, tetapi ada pula yang sanggup dibayar dengan dicicil selama beberapa bulan.

Tetapi, yang perlu diperhatikan yaitu bunga dan biaya layanan yang ditetapkan oleh Kredit Pintar. Berikut ini yaitu perhitungan dana yang dicairkan ke rekening nasabah (sudah dipotong biaya admin di depan) dan jumlah pengembalian pada ketika jatuh tempo.

Update 2019:

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)
Aplikasi Pinjaman Online KreditPintar

Kredit Pintar memutuskan opsi jumlah tunjangan dengan tenor masing – masing. Ada 4 opsi tunjangan online cepat cair yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus menentukan salah satu opsi diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak sanggup menentukan di luar opsi diatas.

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah tunjangan yang ditawarkan Kredit Pintar.

Untuk menghitung suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, Anda perlu menghitung (1) jumlah dana yang diterima di rekening Anda ketika pencairan dan (2) jumlah pelunasan yang harus dibayarkan ketika jatuh tempo. Dengan menghitung menggunakan angka ini, Anda sanggup mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.

 Fintech memperlihatkan tunjangan kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih gampang 9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)
Bunga KreditPintar Pinjaman Online

Mari kita lihat hitung bunga tunjangan online kredit pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian tunjangan Rp 666,000. Total bunga yaitu 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian tunjangan Rp 1,332,000. Total bunga yaitu 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian tunjangan Rp 1,392,000. Total bunga yaitu 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 90 hari (3 bulan). Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian tunjangan Rp 2,645,100. Total bunga yaitu 26.09% dan 0.3% per hari

Call Center Kredit Pintar:(021) 29651278; e-mail cs@kreditpintar.com;
Alamat: Treasury Tower Lantai 53, SCBD Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52 – 54 Jakarta 12190

Isu Pinjaman Kilat (Update 2019)

Seiring waktu, fenomena tunjangan kilat yang dilakukan secara online semakin meningkat. Per Maret 2019, OJK mencatat 106 perusahaan terdaftar di OJK sebagai P2P Lending, yang memperlihatkan tunjangan dana kilat secara online.

Namun, bertambahnya aplikasi tunjangan kilat online dengan memperlihatkan cara pengajuan yang gampang dan cepat, menjadikan pula fenomena tunjangan kilat ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Menurut informasi hingga Maret 2019, sudah 803 penyelenggara fintech lending ilegal yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Secara rutin OJK dan SWI menelusuri penyelanggara fintech lending ilegal.

Pinjaman kilat yang legal terdaftar resmi di OJK mempunyai sejumlah manfaat buat calon peminjam, yaitu:

  • Regulator/Pengawas. Tidak ada regulator khusus yang bertugas mengawasi aktivitas Penyelenggara Fintech Lending ilegal. Sedangkan Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin di OJK berada dalam pengawasan OJK sehingga sangat memperhatikan aspek pelindungan konsumen.
  • Pengaduan Konsumen Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK menyediakan sarana pengaduan Pengguna dan wajib menindaklanjuti pengaduan serta melaporkan tidak lanjutnya kepadaOJK. Selain itu, Pengguna juga sanggup memberikan pengaduan melalui AFPI, dan OJK. Selain itu, dalam hal terjadi sengketa, Pengguna juga sanggup difasilitasi oleh OJK maupun Lembaga
    Alternatif Penyelesaian Sengketa. Fintech Lending ilegal tidak menanggapi pengaduan Pengguna dengan baik.
  • Cara Penagihan Penyelenggara Fintech Lending ilegal
    melakukan penagihan dengancara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.
  • Lokasi Kantor/Domisili. Lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidakjelas/ditutupi dan sanggup jadi berada di luar negeri untuk menghindari pegawanegeri hukum. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan sanggup dengan gampang ditemui diGoogle.

Baca juga:KTA BCA Personal Loan

Hati – Hati Pinjaman Online Ilegal

OJK sangat mewanti – wanti soal tunjangan online ilegal. OJK sudah menutup ratusan Fintech ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Sejumlah alasana kenapa tunjangan online ilegal itu berbahaya dan merugikan konsumen:

  • Tidak terdaftar di OJK. Akibatnya, fintech ilegal tidak mengikuti ketentuan dan patuh terhadap peraturan OJK.
  • Bunga tunjangan yang tidak jelas. Bunga tunjangan sangat tinggi dan cenderung menekan konsumen.
  • Penyebaran data pribadi peminjam. Hal ini yang banyak terjadi, yaitu data pribadi disebar tanpa izin.
  • Tata cara penagihan: Tidak hanya kepada peminjam tapi juga ditagihkan kepada keluarga, rekan kerja, hingga atasan; fitnah, ancaman, hingga pelecehan secual; penagihan sebelum batas waktu.
  • Alamat peminjaman tidak terang dan berganti nama. Pelaku fintech peer-to-peer lending ilegal tidak hanya menggunakan Google Play Store untuk memperlihatkan aplikasi, tapi juga link unduh yang disebar melalui SMS atau dicantumkan dalam situs milik pelaku.

Sepanjang tahun 2018 hingga Maret 2019, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan dan mengumumkan melalui Siaran Pers sebanyak 803 entitas fintech peer-to-peer lending tanpa izin OJK.

Kesimpulan Pinjaman KTA Kilat

Bisa dilihat bahwa perusahaan FinTech ini berupaya memperlihatkan produk – produk keuangan inovatif. Tujuannya memberikan alternatif saluran keuangan kepada masyarakat.

Fimtech sanggup menjadi salah satu kanal untuk mendapatkan tunjangan jikalau kesulitan mengajukan ke bank. Moga – moga sanggup lebih cepat dan lebih gampang dibandingkan perbankan.

Selamat mencoba tunjangan kilat


Sumber https://duwitmu.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Fintech Pertolongan Online Dan Kta Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel