iklan

3 Trik Cmd Yang Wajib Anda Diketahui

Bagi para pengguna sistem operasi Windows 3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui

Bagi para pengguna sistem operasi Windows, maka penggunaan CMD atau Command Prompt tentu tidak bisa dipungkiri. Hal ini lantaran tidak semua fitur atau fungsi yang terdapat pada Windows sanggup dipakai melalui sajian visual. Ada beberapa fitur yang hanya bisa dipakai melalui CMD. Selain itu, ada aneka macam informasi yang bisa diperoleh jikalau jago memakai CMD. Oleh lantaran itu, maka anda harus mulai terbiasa memakai atau mengeksekusi sebuah perintah pada CMD.

Trick CMD yang Sebaiknya Anda Gunakan

Bagi anda yang sudah terbiasa memakai CMD dan mungkin sudah hafal aneka macam perintah CMD, maka ada beberapa trik penggunaan CMD yang harus anda ketahui. Trik-trik memakai CMD berikut ini diperlukan sanggup meningkatkan kecepatan dan kemampuan anda dalam bekerja memakai CMD. Beberapa trik tersebut yakni sebagai berikut.

1. Menyalin Output ke Clipboard Dengan Cepat

Pada trik yang pertama ini, anda akan mendapat pengalaman gres dimana infomasi yang dihasilkan pada output CMD bisa anda salin ke clipboard dengan sangat cepat. Proses menyalin output CMD memang sering dilakukan, hal ini biasanya lantaran ada beberapa atau semua output CMD tersebut hendak disalin pada format dokumen lain menyerupai Word, Notepad, dll. Pada dasarnya anda bisa menyalin informasi yang dihasilkan pada output CMD dengan cara drag pada teks output CMD tersebut. Tetapi, bagaimana jikalau jumlah baris yang hendak anda salin sangat banyak, tentu saja anda mustahil melakukannya secara berulang-ulang.

Oleh lantaran itu ada sebuah trik yang bisa anda gunakan untuk menyalin informasi yang dihasilkan pada output CMD. Penggunaannya sangatlah sederhana, anda hanya perlu menambahkan perintah ” | clip” pada setiap baris perintah CMD yang anda tuliskan. Misalnya saja anda hendak menyalin output dari perintah ipconfig pada CMD, maka silahkan tulis “ipconfig | clip”. Atau, jikalau anda hendak mengetahui spesifikasi komputer dengan perintah msconfig, maka anda hanya perlu menulis “msconfig | clip”. Dengan memakai pelengkap perintah tersebut, maka semua output yang dihasilkan akan disalin ke clipboard. Selanjutnya anda hanya perlu eksklusif paste pada halaman dokumen yang dikehendaki, entah itu di Word, Notepad, dll.

Bagi para pengguna sistem operasi Windows 3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui

2. Melihat History Command

History Command pada CMD yakni daftar semua perintah yang pernah dipakai selama anda membuka CMD ketika itu. Biasanya perintah-perintah yang sebelumnya dipakai sanggup dilihat dan dipakai kembali dengan menekan tombol arah atas pada keyboard. Namun, jikalau history command mempunyai data yang sangat banyak, dan perintah yang anda cari sudah jauh, maka hal ini juga akan menciptakan anda kerepotan.

Oleh lantaran itu, terdapat trik CMD yang bisa anda gunakan untuk melihat semua daftar perintah yang dipakai sebelumnya semenjak CMD dibuka ketika itu. Anda hanya perlu mengetik perintah “doskey /history” pada jendela CMD. Perintah tersebut akan menampilkan semua perintah CMD yang anda gunakan sebelumnya. Selanjutnya anda hanya perlu scroll keatas dan cari perintah yang anda butuhkan.

Bagi para pengguna sistem operasi Windows 3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui

3. Menjalankan Banyak Perintah CMD Sekaligus

Biasanya, setiap satu baris perintah CMD untuk menjalankan satu fungsi atau menampilkan satu informasi pada output CMD. Hal tersebut terkadang merepotkan ketika jumlah perintah yang hendak dihukum sangat banyak. Pada kasus menyerupai itu anda diharuskan mengetik satu blok perintah CMD kemudian enter, kemudian lakukan pada blok perintah lainnya, sampai berulang kali. Untuk mempermudah dan mempercepat, maka sekarang anda bisa menjalanakan banyak perintah sekaligus hanya dengan satu baris arahan CMD.

Pada trik ini anda bisa menggabungkan banyak perintah dalam satu baris perintah CMD. Kaprikornus anda hanya perlu mengetik perintah yang telah digabung satu kali, kemudian output CMD yang dihasilkan sama dengan ketika anda mengeksekusi perintah-perintah CMD tersebut satu per satu. Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu menambahkan “&&” sebagai permisah tiap blok perintah CMD. Jadi, contohnya anda hendak mengeksekusi perintah ipconfig dan netstat sekaligus, maka anda hanya perlu mengetik “ipconfig && netstat” pada jendel CMD.

Bagi para pengguna sistem operasi Windows 3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui

Itulah beberapa trik cmd yang perlu anda ketahui dan bisa diterapkan. Jika, anda memahami dan menerapkan trik-trik cmd tersebut, maka pekerjaan anda yang melibatkan cmd akan final lebih cepat. Selain itu, anda akan mendapat pengalaman gres dalam memakai perintah-perintah pada CMD.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Trik Cmd Yang Wajib Anda Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel