iklan

2 Langkah Awal Cara Gampang Budidaya Nila Baca Di Sini

Saat ini sudah banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang melaksanakan perjuangan budidaya ikan. Diantara banyak budidaya ikan salah satu budidaya yang banyak dilakukan ialah budidaya nila. Ikan nila banyak dikonsumsi oleh masyarakat, selain itu banyak sekali hidangan – hidangan ikan nila yang dijumpai pada restoran maupun warung tenda yang ada di pinggir jalan. Sehingga undangan akan ikan nila sangatlah tinggi dan ini sanggup Anda jadikan sebuah awal untuk membangun perjuangan budidaya nila.


Ikan nila merah ialah salah satu jenis ikan nila yang sering diburu oleh para penggemar kuliner ikan. Untuk melaksanakan budidaya nila merah biasanya para petani ikan melakukannnya di kolam biasa maupun di kolam dengan akomodasi air deras. Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana melaksanakan budidaya nila merah biar produksinya sanggup maksimal atau tinggi.


Ikan nila merah ialah termasuk ikan jenis air tawar. Ikan ini memang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia dan untuk membudidayakannya sanggup dikatakan sangatlah mudah. Jika diibaratkan, Anda tinggal memasukkan ikan ini saja ke kolam maka ikan nila sanggup hidup dengan sendirinya jikalau dikolam tersebut tersedia cukup pakan alaminya. Karena gampang dibudidayakan itulah maka ketika ini banyak masyarakat yang mulai terjun dalam bisnis budidaya nila.


Keunggulan lainnya dalam budidaya nila ialah undangan pasarnya yang tinggi. Permintaan tersebut tiba dari banyak sekali macam kalangan. Mulai dari dikonsumsi oleh keluarga untuk lauk pauk dan ada juga untuk memenuhi undangan dari warung – warung tenda maupun restoran – restoran besar.


Langkah Awal Budidaya Nila


Untuk melaksanakan budidaya nila merah yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menyiapkan daerah pemeliharaan atau kolam. Tempat untuk melaksanakan budidaya nila sanggup Anda buat pada bekas sawah, sanggup juga di tambak dan sanggup di kolam terpal. Anda juga sanggup menciptakan kolam permanen dengan memakai kolam yang disemen. Jika Anda ingin melaksanakan budidaya nila secara intensif/dengan padat tebar tinggi maka usahakanlah kolam budidaya Anda memiliki akomodasi air deras.


Saat ini sudah banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang melaksanakan perjuangan budidaya ikan 2 Langkah Awal Cara Praktis Budidaya Nila Baca Di Sini
Pembuatan kolam budidaya ikan nila

Untuk ukuran kolam Anda sanggup menyesuaikan dengan kondisi lahan yang digunakan. Ukuran yang sanggup Anda gunakan untuk menciptakan kolam budidaya nila sanggup memakai ukuran 2 x 2 m dengan tinggi 2,5 m. Dengan ukuran kolam tersebut, Anda sanggup membudidayakan ikan nila merah sebanyak 15.000 ekor ikan.


Setelah proses pembuatan kolam budidaya nila telah final maka langkah berikutnya ialah menjemur kolam dengan memakai sinar matahari. Penjemuran dilakukan hingga kondisi kolam benar – benar kering. Tujuan dari penjemuran ialah untukmengeliminasi predator, hama pengganggu dan jenis pengganngu lainnya. Setelah proses penjemuran final maka selanjutnya ialah melaksanakan pemupukan di dalamkolam.


Pempukan memakai pupuk sangkar dengan ketebalan sekitar 2 cm. Anda juga sanggup menambahkan pupuk kompos dengan ketebalan 2 cm. Jangan lupa untuk menambahkan kapur dan garam pada seluruh permukaan kolam. Pengapuran tidak harus Anda lakukan pada kolam apabila pH pada tanah >7,5 dengan alkalintas 50 mg per liter. Setelah proses tersebut diatas telah final maka diamkan kolam selama 2 hari sehabis itu lalu sanggup Anda isi dengan air. Untuk artikel persiapan kolam ikan nila lengkap, sanggup Anda klik di sini.


Tebar Benih Budidaya Nila


Hendaknya penebaran benih Anda lakukan jikalau pada kolam telah mengandung pakan alami. Ciri kolam Anda telah mengandung pakan alami ialah air kolam berwarna kehijauan. Jika Anda ingin melaksanakan budidaya nila secara ekstensif atau mengandalkan pakan alami sebagai sumber pakannya maka kepadatan benih yang sanggup disebar ialah 1 – 2 ekor/m2. Lama pemeliharaan secara ekstensif sanggup memakan waktu 6 bulan. Dengan sistem ekstensif Anda tidak perlu sering mengganti air. Artinya proses penggantian air sangat minimal. Untuk jenis budidaya ini Anda sanggup memakai nila jantan atau nila best. Untuk jenis pakan ikan nila alami ini sanggup Anda jadikan pakan alternatif ternak ikan nila, baca di sini.


Untuk pemeliharaan nila semi intensif maka padat tebar benih ikan ialah 3 – 4 ekor/m2. Karena padat tebarnya yang relatif tinggi maka diharapkan penambahan pakan. Pakan yang sanggup Anda berikan berupa pelet dengan dosis 1/3 dari 2 – 3 % per harinya dan pergantian air kolam 5 % dari volume. Untuk pemeliharaan semi intensif Anda sanggup memakai benih nila merah atau nila best dan panennya sanggup mencapai 1 – 3 ton/hektar dengan ukuran panen 150 – 200 gram/ekor.


Sedangkan untuk pemeliharaan dengan sistem intensif, Anda sanggup menebarkan benih dengan kepadatan 5 – 10 ekor/m2 dengan santunan pakan pelet 3 – 5 % per harinya. Karena padat tebar benihnya sangat tinggi, maka pengelolaan air kolam harus Anda perhatikan. Anda sanggup memakai kolam air deras untuk mendukung pertumbuhan ikan secara maksimal.


Saat ini sudah banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang melaksanakan perjuangan budidaya ikan 2 Langkah Awal Cara Praktis Budidaya Nila Baca Di Sini
Benih ikan budidaya nila

Cara lainnya ialah dengan sistem super intensif. Benih yang sanggup Anda gunakan ialah benih ikan nila merah larasati. Kepadatan tebar benih sanggup mencapai 200 – 300 ekor /m2. Gunakanlah pakan pelet standar dengan kadar protein 26 – 30 %. Budidaya nila dengan sistem super intensif ini sanggup Anda panen alhasil sehabis masa pemeliharaan 3,5 bulan.


sumber gambar: google




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Langkah Awal Cara Gampang Budidaya Nila Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel