iklan

15 Inspirasi Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

15 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula – Temen temen mahasiswa pastilah sudah ingin mencicipi punya penghasilan sendiri, atau untuk kebutuhan hidup bagi yang merantau. Tak ayal lagi, banyak yang mengambil peluang perjuangan sampingan, sambil tengah mencar ilmu di dingklik sekolah tinggi tinggi.

Banyak sekali peluang perjuangan yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan bagi para mahasiswa. Berikut contohnya:

1. Penulis Artikel

 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak 15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Akhir – simpulan ini berbagai lowongan kerja penulis lepas/ freelancer, dimana berbagai kebutuhan konten writer dengan jumlah penulis lepas yang banyak. Tak ayal, banyak dipost di sosial media ataupun di web pencarian ditemukan beribu lowongan kerja penulis lepas.

Bagi mahasiswa – mahasiswa muda yang mempunyai keahlian dalam bidang kepenulisan ataupun mempunyai ketertarikan untuk menulis, sumber peluang usaha yang satu ini layak untuk dicoba dan ditekuni.

Bisa diambil pola banyak penulis muda yang walaupun disetiap diri mereka masing – masing tidak mempunyai latar belakang seorang penulis, tetapi mereka bisa dan bisa mengejar apa yang mereka inginkan, contohnya Dea Anugrah.

Dia seorang lulusan filsafat UGM dimana ia disebut – sebut sebagai masa depan sastra Indonesia. Dia pernah terpilih dalam Ubud Writersand Readers Festival pada tahun 2012 dan menjadi salah satu penulis Indonesia yang mengikuti residensi ke luar negeri.

Untuk peluang perjuangan ini, para penulis akan dibayar per artikel yang mereka tulis, yang sebelumnya topik/tema telah ditentukan sebelumnya. Jadi, para penulis hanya tinggal menuliskan, mengutarakan, dan menjelaskan dalam bentuk tulisan, yang hasilnya nanti bisa untuk ditabung, ataupun dipakai untuk menunjang hidup mereka ketika ini.

Baca : Contoh Bisnis Modal 10 Juta

2. Jasa Desain Grafis

 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak 15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Untuk peluang perjuangan desain grafis, tentunya peluang perjuangan ini disarankan untuk para mahasiswa yang berfokus atau menekuni bidang desain, menyerupai anak Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka layaknya mengerti dan paham akan bidang desain sebelum melanjutkan mengambil peluang perjuangan ini.

Mahasiswa – mahasiswa jurusan lain pun bisa mengambil peluang perjuangan ini tentunya. Mereka yang mempunyai ketertarikan dalam bidang desain grafis dan mumpuni dalam bidang tersebut.

Yang mereka perlukan yakni pengetahuan dari dasar desain grafis, bisa dengan mempelajari Adobe Potoshop, Corel Draw dan lain – lain.

Contoh singkatnya menyerupai Kathrin Honesta, seorang lulusan periklanan dan Desain Grafis dari The One Academy Malaysia ini merupakan seorang ilustrator dan desainer grafis lepas yang ketika ini tinggal di Jakarta.

Menurut Kathrin, hal yang sanggup menginspirasinya dan menuangkan idenya yakni dengan lebih banyak terbuka, dengan rasa keingintahuan yang tinggi serta berobservasi dengan segala pendekatan yang ia butuhkan.

Yang akhirnya, ia akan menuangkan sebuah pemikirannya menjadi sebuah karya.

Rasa – rasanya, mereka tidak akan kesulitan dalam mencoba peluang perjuangan ini.

Berikut beberapa rekomendasi untuk menjual desain grafis kamu;

  1. Fiver
  2. 99desain
  3. Creative Market
  4. Gigster

3. Jasa penerjemah

Penerjemah ? apakah peluang perjuangan penerjemah juga bisa menghasilkan pundi – pundi uang ?

Jawabannya yakni ya, kenapa ?, alasannya yakni dalam kebutuhan perkuliahan ataupun diluar bidang kuliah berbagai dicari penerjemah yang profesional untuk mentranslate kebutuhan bahasa mereka.

Dan para mahasiswa yang jago dalam bidang bahasa ataupun verbal, niscaya akan tertarik untuk ambil bab dalam peluang perjuangan ini. Jasa yang mereka dapatkan juga tidak sedikit, mengingat berbagai diperlukan penerjemah – penerjemah profesional di zaman global sekarang.

4. Make up artist

Make up artist, bidang satu ini layak dicoba bagi para mahasiswa yang jago dalam tata rias ataupun menyukai bidang tata rias. Keuntungan dalam peluang perjuangan ini benar – benar cukup besar jikalau dibandingkan dengan peluang perjuangan lain.

Karena satu orang yang dirias bisa menghasilkan minimal 50k setiap hasil riasan. Itupun untuk hasil rias dalam standar biasa, kalau standar yang diminta tinggi bisa dibayangkan berapa para perias mendapat pundi – pundi uang mereka.

Contoh seorang pemudi Indonesia yang menekuni bidang make up artist ini yakni Archangela Chelsea Yusuf, keterampilannya dalam industri make up tidak usah diragukan lagi, ia telah menjadi MUA kepercayaan banyak selebriti Hollywood. Yang terbaru, ia terpilih menjadi prostylist untuk LAKME Indonesia, sebuah merk make up profesional berstandar Internasional.

Untuk make up artist sendiri, kebutuhan yang terpenting yakni alat rias dan tempat rias. Para mahasiswa yang memang menyukai bidang ini, pastilah mereka mempunyai alat rias masing – masing yang tidak mengecewakan lengkap.

Karena mereka memang menjaga penampilan mereka ketika berangkat ke kampus supaya terlihat lebih fresh dan menawan.

Baca : Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan

6. Pulsa Elektrik

Bagi sebagian mahasiswa, mereka masih memakai pulsa elektrik untuk berkomunikasi dengan saudara ataupun keluarga kapanpun dan dimanapun. Walaupun, kini kiprah paket data jauh lebih diminati oleh para anak sekolah, tetapi pulsa elektrik juga ambil kiprah dalam bidang komunikasi kini ini.

Usaha pulsa elektrik bisa dicoba oleh para mahasiswa demi menunjang karir mereka. Mereka bisa mendapat pelanggan setia di daerah kampus atau sesama anak fakultas.

Dengan begitu, aliran dana yang didapat mereka cukup untuk menambah penghasilan sedikit demi sedikit, dan para mahasiswa sendiri bisa mempergunakan uang hasil perjuangan ini untuk membayar uang kuliah ataupun membeli kebutuhan ketika kuliah.

7. Bimbingan belajar

Peluang perjuangan bimbel/ bimbingan mencar ilmu layak dicoba bagi para mahasiswa yang mempunyai ketertarikan dalam bidang pengajaran atau pendidik. Mereka akan lebih leluasa menjelaskan secara detail mata – mata pelajaran tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Peluang perjuangan ini benar – benar menambah pengalaman para mahasiswa dalam mengajar. Dimana para mahasiswa memposisikan diri mereka sebagai guru dihadapan murid, kemudian menjelaskan secara gamblang dan terperinci setiap mata pelajaran.

Peluang perjuangan ini tidak sesusah kalau kita menjadi guru asli, alasannya yakni disini kita Cuma dituntut mengajarkan apa yang kita ketahui lebih dulu, dan apa yang belum diketahui oleh para murid.

Para murid akan mengatakan pertanyaan yang mereka belum paham kepada kita, dan kita hanya harus menjawab semua pertanyaan mereka dengan bahasa yang lebih gampang dipahami dan dimengerti oleh murid.

Usaha bimbingan mencar ilmu ini cukup mengatakan wawasan lebih kepada kita, yaitu kita bisa mengingat mata – mata pelajaran dulu, dan lebih sanggup bersosialisasi dengan adik – adik kelas kita yang masih duduk di dingklik sekolah.

8. Jasa fotografi

 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak 15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Bagi para mahasiswa yang jago ataupun suka dalam bidang fotografi boleh dicoba menekuni bidang yang satu ini. Alih – alih mencari orang yang mengerti seluk – beluk kamera, para perusahaan akseptor jasa jauh lebih menginginkan para mahasiswa tersebut.

Kamu bisa menjual hasil karya fotomu di website ini;

9. Web design

Web design merupakan peluang perjuangan yang sempurna bagi para mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam bidang IT. Tetapi bukan berarti peluang perjuangan ini hanya bisa ditekuni oleh mahasiswa IT saja, mahasiswa lain ataupun orang biasa juga bisa dalam menekuni bidang yang satu ini, yang niscaya diperlukan yakni mau mencar ilmu dan mau menekuni bidangnya.

Terbukti banyak para web designer yang tidak mempunyai latar belakang di bidang IT, tetapi bisa dalam peluang jasa pembuatan website perjuangan yang satu ini.

Keuntungan yang didapat juga tidak mengecewakan besar, tergantung tingkat kerumitan website yang dibuat, dan pastinya diadaptasi sesuai harapan bagi para akseptor kerja ini.

10. Youtuber

 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak 15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Bagaimana dengan youtube, apakah peluang perjuangan ini menjanjikan. Pastilah ya, bisa dilihat berbagai orang yang kini menciptakan channel youtube yang berfokus untuk menghasilkan uang ataupun sekedar menampilkan hiburan semata.

Kalau para mahasiswa ingin membuka peluang perjuangan ini, sah – sah saja alasannya yakni ada banyak faktor yang berada di belakangnya.

Yang diperlukan seorang youtuber yakni konten mereka yang menarik, dan diminati oleh banyak orang. Kalau konten yang dibentuk biasa saja ataupun banyak yang sudah menyamainya kemungkinan akun youtube kita jarang ditengok oleh orang, tetapi kalau akun youtube kita menarik dan bagus, bukan hoax pastinya, maka banyak orang akan merasa ingin tau dan pribadi menayangkan video yang kita unggah di akun youtube kita.

Banyak sekali para youtuber muda Indonesia dengan karir yang gemilang, contohnya Ria Ricis.

Ria merupakan seorang Youtuber, pembawa program di stasiun televisi nasional maupun swasta di Indonesia, namanya disebut – sebut sebagai ratu Squishy, alasannya yakni ia sering meng-upload video di akun youtubenya dengan berbagai squishy.

Ia mempunyai channel youtube yang subscribernya mencapai 9,6 juta ketika ini. Dengan konten video yang menarik yang Ria upload, berbagai para pengguna youtube secara terjadwal memantau channel Youtube Ria.

Yang pastinya, Ria selalu meng-upload video dengan konten menarik dan bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

11. Online shop

Bisnis online shop memang sudah merambah di zaman kini ini. Banyak orang berbondong – bondong memakai aplikasi online shop untuk berebelanja cepat dan tidak perlu kemana – mana.

Peluang perjuangan ini layak dicoba para mahasiswa yang tertarik dalam bisnis, mereka bisa memperlihatkan barang kepada teman kuliah ataupun saudara, ataupun orang lain yang mereka tidak kenal.

Banyak sekali pengguna online shop kini ini, alasannya yakni perspektif di mindset setiap orang kini adalah,

  • Pertama mereka malas bepergian keluar rumah, banyak faktor yang menciptakan mereka menjadi malas keluar rumah, contohnya lelah ataupun memang mager (malas gerak).
  • Kedua mereka tidak direpotkan untuk melihat barang secara pribadi ditempat penjual. Mereka bisa pribadi melihat barang dari tampilan layar ponsel mereka masing – masing.
  • Ketiga barang yang mereka pesana akan diantar sesuai lokasi dimana mereka tinggal. Yang oleh alasannya yakni itu, para pengguna online shop tidak harus repot – repot pergi keluar alasannya yakni barang mereka niscaya akan diantar sesuai tujuan.

Kalian bisa coba tips jualan di instagram, untuk memulai perjuangan online

12. Bisnis masakan ringan

Banyak sekali para mahasiswa yang ikut andil dalam bisnis yang satu ini. Mereka akan menjual kudapan ataupun jus kepada teman – teman sewilayah mereka. Mereka juga bisa mempromosikan barang dagangan mereka lewat akun sosial media mereka yang nanti niscaya dilihat oleh teman – teman mereka yang lain.

Sebagian mahasiswa akan merasa malas ketika pagi hari harus makan masakan berkarbohidrat tinggi yaitu nasi, jadi mereka akan menentukan memakan roti ataupun kudapan yang pas untuk mengganjal perut mereka ketika pagi. Berikut ide perjuangan masakan ringan yang bisa kalian coba.

13. Jasa printing

Peluang perjuangan ini cocok bagi mereka, para mahasiswa, yang mempunyai alat print dirumah. Mereka bisa memperlihatkan jasa print kepada sesama mahasiswa lain untuk memakai jasa yang ia sediakan.

Dan para mahasiswa lain tidak perlu repot – repot lagi dalam menformat form kiprah mereka, alasannya yakni para mahasiswa yang mempunyai alat print niscaya sudah tahu apa yang mereka butuhkan.

Berbeda dengan melaksanakan jasa print diluar, mereka akan bersusah payah dalam mencetak form mereka dengan memperbaiki format ataupun mengedit dahulu sesuai keterangan mereka.

Sedangkan bila pemilik alat print yakni seorang mahasiswa niscaya jauh lebih mudah, alasannya yakni si pemiliki jasa print sudah niscaya tahu format yang diperlukan untuk kiprah mahasiswa.

14. Grupband / Grup musik

Banyak para mahasiswa yang mempunyai ketertarikan dalam bidang musik, dan banyak pula yang suka mendengarkan musik. Peluang perjuangan ini rasanya cocok mereka coba dan tekuni sekarang.

Para mahasiswa yang menyukai musik hanya harus menciptakan sebuah grupband ataupun band kemudian mereka hanya harus berlatih maksimal, lantas manggung di wilayah – wilayah mereka.

Mungkin pada awal – awal agak susah, tetapi bila ditekuni, peluang perjuangan ini bisa dikatakan cukup menguntungkan apabila terus berlanjut dan para pemain semakin lihai dalam bermain alat musik.

Karena banyak orang yang suka sekali mendengarkan musik, apalagi musik yang mempunyai irama merdu dan enak, jadi mereka akan berbondong – bondong menonton sebuah program musik demi mengikuti apa yang mereka inginkan.

15. Dropship /reseller online

Bisnis dropshop juga bisa dibilang cukup menguntungkan bagi para mahasiswa, dimana para mahasiswa tidak perlu mempunyai sebuah produk untuk dijual atau dipasarkan, tetapi para pekerja dropshop ini hanya tinggal menjual produk milik orang lain.

Para reseller dropship menjual produk dengan menjelaskan secara detailnya, bisa lewat akun media umum pribadi dalam mempublikasikannya.

16. Jasa perbaikan smartphone

 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak 15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Peluang perjuangan ini sangatlah cocok bagi mereka, para mahasiswa yang mempunyai keahlian mendalam dalam bidang IT. Ataupun bisa juga dicoba bagi mereka para mahasiswa yang memang suka dalam bidang IT.

Jasa perbaikan smartphone memang berbagai diminati oleh banyak kalangan. Karena ponsel arif mereka sering sekali mengalami eror ataupun rusak secara datang – tiba, dan para mahasiswa yang menekuni bidang ini pastinya akan tertarik bila mencobanya.

Ada kalanya, smartphone teman – teman mahasiswa lain terjatuh ataupun rusak ketika di kampus, maka para pemiliki ponsel ini akan segera saja mencari teman terdekat mereka yang mempunyai keahlian dalam bidang utak – atik ponsel. Dan ketika mereka sudah akrab, maka pelanggan setia akan terus bertambah seiring waktu, dan laba dari peluang perjuangan ini akan terus berlanjut.


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Inspirasi Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel