iklan

✔ 11 Tips Pulang Kampung Lebaran Semoga Lancar Serta Terhindar Dari Masalah

Tips dan trik pulang kampung lebaran atau pulkam yang akan saya berikan kali ini bertujuan biar perjalanan pulang kampung anda lancar kondusif dan selamat hingga tujuan baik untuk anda yang memakai sepeda motor kendaraan beroda empat ataupun angkutan umum ibarat bus dan kereta api.Cara yang saya tuliskan ini menurut pengalaman eksklusif dan bersumber dari beberapa isu teman di media sosial.

Supaya pulang kampung atau pulkam anda lancar,anda perlu mempersiapkan beberapa hal dan selain itu juga anda wajib untuk mengetahui apa saja yang dihentikan dilakukan selama perjalanan pulang kampung anda dimulai.Baik anda pergi sendiri atau berboncengan membawa teman atau penumpang,alangkah baiknya kalau anda mengutamakan keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara bukan.


Tips Mudik Supaya Lancar




Tips dan trik pulang kampung lebaran atau pulkam yang akan saya berikan kali ini bertujuan biar p ✔ 11 Tips Mudik Idulfitri Supaya Lancar serta Terhindar Dari Masalah









Mudik atau pulkam ( pulang kampung ) ialah sebuah tradisi dimana mereka-mereka yang bekerja di luar kota akan pulang ke kampung halaman mereka di desa ketika liburan hari raya idul fitri tiba.Tahukah anda,jika tradisi pulang kampung ini hanya ada di negara indonesia saja.

Sebenarnya,di negara lain juga ada perjalanan ibarat ini,tetapi jumlah orang yang pulkam tidak sebesar dan sebanyak yang ada di indonesia.Mungkin hal ini disebabkan lantaran lebih banyak didominasi penduduk desa lebih menentukan untuk merantau dan mengadu nasib di kota-kota besar ibarat jakarta,bekasi,karawang,cikarang dan sekitarnya.

Sampai ketika ini,daerah atau wilayah itulah yang mempunyai jumlah pemudik terbesar di indonesia.Menurut data yang saya peroleh,jumlah pemudik dari kawasan tersebut kalau di total,mencapai angka 20.000 pemudik bahkan kalau di hitung total ( semua yang pulang dengan kendaraan apapun ),jumlahnya mencapai angka 50.000 jiwa lebih.


Kendaraan yang Sering Digunakan Pemudik

Dari sekian ribu orang pemudik,mereka memakai alat transportasi yang cukup beragam,seperti :
- Sepeda motor
- Mobil pribadi
- Bus
- Kereta api
- Pesawat terbang
- Kendaraan tidak umum ibarat becak,oplet,dan kendaraan lain yang mungkin tidak terbayangkan oleh anda sebelumnya

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak dipakai oleh pemudik.Jika anda pernah melaksanakan perjalanan ini beberapa tahun silam,maka anda tidak akan kaget dengan pemandangan macetnya kendaraan hingga puluhan kilometer yang didominasi oleh sepeda motor.

Hal menarik lainya ialah megenai kendaraan yang tidak umum ibarat yang saya sebutkan sebelumnya ibarat becak,oplet dan lainya.Percaya atau tidak,hal ini memang faktual terjadi dan pemandangan ibarat itu sudah tidak gila lagi bagi masyarakat indonesia.

Memang tidak dapat dipungkiri lagi,jika pulang kampung lebaran merupakan momen Istimewa yang hanya terjadi setahun sekali dan merupakan moment yang " sakral " bagi lebih banyak didominasi warga muslim indonesia.Dalam momen ini,semua keluarga besar akan berkumpul dan saling meminta maaf satu sama lain,memang pemandangan yang sangat instimewa.

Untuk anda yang akan melaukan perjalanan ini,baik memakai kendaraan apapun,ada baiknya anda melaksanakan langkah dibawah ini biar perjalanan anda lancar dan selamat hingga tujuan :


1. Persiapkan Kendaraan


Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan melaksanakan persiapan kendaraan yang akan anda gunakan,seperti servis mesin,mengecek rem,lampu dan kelistrikan dan semua komponen dalam kendaraan anda.

Pastikan semua penggalan mesin dan part lainya berfungi dengan baik.Jangan pernah memaksakan memakai kendaraan yang tidak layak jalan lantaran hal tersebut dapat membahayakan keselamatan anda dan pemudik lain nantinya.

Walaupun perjalanan pulkam sangat penting,tetapi keselamatan jiwa anda jauh lebih penting.Percayalah,orang-orang dirumah anda jauh lebih mengharapakan anda sehat wal afiat daripada harus kehilangan jiwa lantaran memaksakan pulkam memakai kendaraan yang tidak layak untuk digunakan.


2. Persiapkan Bekal


Dalam perjalanan nanti,anda akan membutuhkan bekal selama berada dijalan.Karena saya yakin selain jarak tempuh yang jauh,waktu yang akan anda habiskan dijalan akan sangat lama,bisa hingga puluhan jam.

Itulah kenapa anda harus mempersiapkan bekal dengan selengkap mungkin,seperti :

- Uang cash ( uang kontan )
- Baju ganti secukupnya ( menghindari berair atau kotor dijalan )
- Makanan dan minuman
- Obat - obatan ( mencegah masuk angin atau sakit kepala dijalan )
- Isi pulsa Hp atau kuota internet HP anda ( untuk menghubungi orang lain ketika berada dijalan )
- Pastikan anda membawa semua surat dan dokumen ibarat SIM dan STNK,KTP dan sebagainya


3. Perhitungkan Semua Hal


Jika anda menginginkan semuanya lancar,maka anda harus memperhitungkan semuanya,seperti :

- Bensin akan habis berapa
- Mempersiapkan uang cadangan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan
- Melihat cuaca apakah akan cerah atau hujan

Dengan memperhitungkan hal-hal tersebut,selain perjalanan anda akan terasa nyaman lantaran sudah dipersiapkan,anda juga akan terhindar dari banyak sekali hal merepotkan yang tidak terduga.


4. Hindari Membeli Makanan di Tempat Tidak Jelas


Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mengalami dimana ketika anda mekan di sebuah sempurna makan,anda dikenakan biaya atau tarif yang diluar nalar.

Seperti baru-baru ini yang sedang viral di media sosial,dimana ada sebuah warung makan lesehan dengan tarif makan satu porsi mencapai angka 700.000 rupiah.

Selain itu,pengalaman saya dulu ketika kehabisan bensin dan membeli bensin eceran,tahukah anda berapa harga untuk 1 liter bensin eceran ketika pulang kampung tiba? 25.000 rupiah hanya untuk 1 liter.Sangat disayangkan memang ulah oknum pedagang bandel yang memanfaatkan keadaan ibarat ini.

Untuk menghindari hal tersebut,anda dapat membeli segala sesuatu di tempat tempat resmi ibarat pombensin ( kalau ingin beli bensin ) kemudian toko ritel alfamart/indomaret kalau ingin membeli masakan dan minuman.

Jika tempat resmi terlalu jauh jaraknya,SEBELUM MEMBELI,PASTIKAN ANDA MENANYAKAN HARGANYA TERLEBIH DAHULU.


5. Lakukan Semua Hal Ditempat Resmi/Legal


Selain masakan dan minuman,saya saranka anda melaksanakan acara apapun selama perjalanan di tempat-tempat resmi yang biasanya sudah disediakan pemerintah.

Biasanya di setiap pinggir jalan,pemerintah sudah menyiapkan tempat instirahat untuk para pemudik.Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dan menghindari " pemalakan harga/tarif " yang dilakukan oleh oknum bandel yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Bahkan kalau kendaraan anda bermasalah,sebisa mungkin untuk melaksanakan perbaikan di tempat resmi dan legal.Jika tidak bisa,sebelum melaksanakan perbaikan,TANYA HARGA DULU biar tidak terkena kasus ibarat yang saya katakan diatas.


6. Hindari Istirahat di Tempat Sepi


Ramai dan penuh sesak memang sudah menjadi konsidi dan situasi " wajib " ketika tradisi pulkam tiba.Tetapi anda jangan hingga lengah,alih-alih mencari tempat yang sepi,anda justru menjadi target empuk oknum yang tidak bertanggung jawab.

Saya eksklusif lebih menyukai tempat ramai ketika ingin beristirahat.Kalau tidak akrab pos polisi,biasanya saya mencari tempat rest area resmi yang didirikan pemerintah atau forum lain.Bukan untuk gaya-gayaan,ini saya lakukan untuk mencegah tindak kriminal yang sangat rawan menimpa para pemudik.


7. Bawa Benda Berharga Seperlunya Saja


Sekali lagi saya ingatkan bahwa tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab sangat marak terjadi ketika momen pulkam ibarat ini terjadi.Untuk menghindarinya,silahkan membawa barang berharga seperlunya saja,sisanya silahkan simpan di dalam tas atau disimpan di bank saja.

Benda berharga yang rawan dicuri ialah uang kontan dan komplemen ( cincin,kalung,gelang dan sejenisnya ).

Mungkin anda bermaksud untuk menunjukan kesuksesan anda dengan menggunakanya,tetapi gunakanlah nanti ketika sudah samapi rumah.Kalau sedang dijalan,saya rasa tidak perlu anda perlihatkan ke orang lain.

Itu dapat memicu tindak pencurian dan peramp0kan.


8. Hati-Hati dengan Orang Asing


Bagi anda yang memakai kendaraan transportasi umum ibarat bis dan kereta api,didalam kendaraan nanti niscaya anda akan berjumpa dengan pemudik lain yang anda tidak kenali bukan?

Bukan bermaksud untuk berprasangka buruk,tetapi anda WAJIB untuk selalu wasapada dan berhati-hati kepada orang yang tidak dikenal.Terutama kalau orang tersebut terlihat sok kenal apalagi memperlihatkan masakan atau minuman.

Saran saya,silahkan tolak dengan halus dan bila perlu JANGAN terlalu membuka diri kepada orang asing.Jika ingin ngobrol,bicara seperlunya saja dan jangan hingga terbawa suasana.

Wasaoada dan selalu berhati-hati yaa.


9. Cari Alternatif Masalah di Media Sosial


Point ini tidak kalah penting untuk anda lakukan.Yang saya maksudkan mencari alternatif itu ibarat :

- Bagaimana cara mengatasi ban bocor kalau jauh dari tambal ban
- Mengatasi air aki habis dijalan

Dan banyak sekali permasalahan lain yang sekiranya dapat saja terjadi menimpa anda dalam perjalanan nanti.

Anda dapat mencari banyak sekali cara tersebut pada media umum ibarat YOUTUBE.Dalam aplikasi tersebut,ada banyak sekali cara-cara alternatif untuk mengatasi banyak sekali problem yang tidak terduga dengan langkah yang tidak pernah anda fikirkan dan bayangkan sebelumnya.

Bukan mendoakan hal jelek terjadi menimpa anda,tetapi hal ini sangat penting kalau benar terjadi menimpa anda nantinya.


10. Pastikan Memmbawa Alat Komunikasi


Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dan dihentikan anda lupakan.Dengan berkomunikasi dengan orang lain,anda dapat selalu meng update kondisi dan situasi yang tengah anda alami.

Selain selalu mengisi pulsa dan kuota internet,anda juga jangan hingga lupa membawa charger atau mungkin power bank untuk menjaga ponsel anda selalu standbay.


11. Selalu Berfikir " Cerdas "


Dalam situasi yang ruwet ibarat ketika tradisi pulkam ini terjadi,semua hal seolah terbawa suasana menjadi kacau dan berantakan.Bahkan banyak pemudik yang hingga lupa harus membawa barang yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Selain itu,banyak kemungkinan lain yang dapat terjadi ketika anda melaksanakan perjalanan jauh ini.Apapun problem yang menimpa anda nanti,anda harus dituntut untuk berfikir extra biar terhindar dari banyak sekali masalah.

Saya berikan beberapa misalnya untuk anda :

- Ketika lelah dan mengantuk,jangan pernah memaksakan untuk melanjutkan perjalanan,dan kalau mencari tempat istirahat,lihatlah apakah tempat tersebut kondusif atau tidak

- Jika terjadi ban bocor dijalan,sebelum memutuskan untuk melaksanakan penambalan,silahkan tanya dulu harga yang harus dibayarkan untuk menghindari kecurangan oknum


Hal-hal kecil ibarat diatas harus anda fikirkan dengan baik.Tujuan utamanya ialah untuk mencegah anda menjadi " korban " banyaknya orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Jika ada yang masih kurang,atau anda ingin menanyakan sesuatu,silahkan tanyakan dalam kolom komentar dibawah artikel ini.

BACA :

- Tips naik kereta biar kondusif hingga tujuan


Demikian pembahasan perihal beberapa tips untuk anda yang akan melaksanakan perjalanan pulang kampung atau pulkam ( pulang kampung ) biar kondusif lancar dan terhindar dari banyak sekali masalah.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 11 Tips Pulang Kampung Lebaran Semoga Lancar Serta Terhindar Dari Masalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel