iklan

10 Tips Cara Mendapat Dukungan Modal Perjuangan Kecil

Salah satu problem utama pengembangan perjuangan kecil ialah kecilnya modal dan terbatasnya susukan pembiayaan. Kami membuatkan tips cara mendapatkan proteksi modal perjuangan kecil dari banyak sekali sumber. Ternyata, pengusaha sanggup memanfaatkan banyak sekali sumber pendanaan.

Meskipun bukan yang utama, namun ketersedian modal mempengaruhi perkembangan sebuah usaha. Apalagi bagi perjuangan kecil yang sedang tumbuh dan mencari pasar.

Mau sanggup modal dari mana ?

Setelah produk dilahirkan, pasar ditargetkan, pendanaan jadi hal krusial yang harus dipecahkan oleh pengusaha jikalau perjuangan ingin sukses.

Kebanyakan mulai dengan modal dari kocek sendiri. Tetapi, bagaimana jikalau pengusaha tidak punya modal sendiri.

10 Tips Dapat Dana

Tidak disangka, banyak sumber yang sanggup dimanfaatkan sebagai alternatif selain perbankan. Ada 10 tips mencari pendanaan ke banyak sekali sumber pembiayaan.

#1 Riwayat Kredit Bagus

Kenapa hal ini kami tempatkan yang pertama ?

Karena pihak manapun yang mengatakan pinjaman, baik itu non-bank apalagi bank, niscaya melihat abjad calon peminjam. Dan itu faktor utama yang memilih keputusan memberi proteksi atau tidak.

Salah satu cara menilai abjad ialah melihat riwayat kredit (credit history). Apakah calon peminjam pernah menunggak atau tidak.

Yang pernah punya tunggakan tentu saja lebih sulit mengajukan pinjaman. Karena mereka punya catatan hitam dalam membayar pinjaman.

Karena itu, penting sekali buat para pengusaha untuk memastikan bahwa mereka tidak punya tunggakan di bank. Jangan hingga mempunyai catatan hitam kredit.

Salah satunya, kami sarankan jikalau mempunyai tunggakan apapun dan sekecil apapun sebaiknya segera dibereskan. Dibereskan itu bukan selalu berarti bahwa Anda harus membayar lunas tunggakan lantaran sanggup saja meminta abolisi atau diskon kepada bank. Yang penting tunggakan sanggup hilang dari laporan bank.

Pengusaha sanggup melihat riwayat kredit di sistem Bank Indonesia. SID (Sistem Informasi Debitur) memperlihatkan catatan kredit setiap orang yang pernah atau sedang mempunyai proteksi di bank.

#2 Kemudahan KTA Fintech

Kesulitan meminjam di bank ialah pengusaha kerap terbentur persyaratan kredit yang ketat. Ada banyak syarat yang perlu dipenuhi oleh calon peminjam, salah satunya mempunyai jaminan.

Itu sebabnya banyak pengusaha kecil yang gagal mendapatkan kredit di bank. Tapi, jangan khawatir lantaran kini sudah ada alternatif forum pembiayaan selain bank.

Kami pernah membahas mengenai kehadiran Fintech yang mengatakan kredit dengan syarat dan ketentuan lebih gampang dan fleksibel dibandingkan bank. Ini sanggup jadi alternatif sumber pembiayaan untuk para pelaku perjuangan kecil.

Ulasan dan daftar KTA Fintech.

#3 Modal Ventura

Teman yang ketika ini sudah menjadi pengusaha sukses bercerita ketika awal merintis perjuangan bagaimana mustahilnya mengajukan proteksi ke bank. Karena bank senantiasa meminta jaminan ketika ia mengajukan pinjaman, sementara ketika itu ia tidak mempunyai asset sebagai jaminan.

Modal ventura ialah penyelamat ia ketika itu lantaran mereka bersedia mengatakan proteksi tanpa jaminan kepada pengusaha. Jaminan ia kepada ventura ialah usahanya.

Salah satu perusahaan modal ventura ialah Bina Artha Ventura yang fokus pada pengusaha mikro. Mereka melemparkan kredit kepada pengusaha-pengusaha yang unbankable, yang secara kriteria atau profil sulit diterima oleh bank.

Selengkapnya, klarifikasi mengenai Bina Artha Ventura.

#4 KUR Bunga Rendah

Pemerintahan kini mengatakan kegiatan KUR secara masif. Program ini ditujukan untuk pengusaha kecil yang belum pernah mempunyai proteksi sebelumnya.

Keunggulan KUR ialah bunganya sangat rendah dibandingkan proteksi perjuangan pada umumnya. Pemerintah mengatakan subsidi bunga atas proteksi KUR.

KUR disalurkan hanya melalui beberapa bank. Yang terbesar ialah BRI.

Namun, KUR menetapkan sejumlah persyaratan pinjaman. Persyaratan ini yang perlu dipelajari oleh calon peminjam secara baik-baik, semoga pengajuannya sanggup disetujui.

#5 Meminjam P2P Lending

Salah satu penemuan Fintech ialah marketplace pinjaman. Istilahnya ialah Peer To Peer (P2P) Lending.

Marketplace ini mempertemukan pemilik dana dan peminjam dana secara langsung. Fungsi bank sebagai mediator dihilangkan dalam marketplace ini.

Alhasil, tanpa bank, proses proteksi menjadi lebih gampang dan lebih fleksibel. Rigiditas perbankan dikurangi secara signifikan dalam P2P Lending.

Ada dua platform P2P Lending yang sanggup dipakai pengusaha kecil:

  • Investree. Lembaga ini fokus pada pembiayaan tagihan atau dikenal sebagai invoice financing. Pengusaha yang mempunyai tagihan sanggup mengajukan pembiayaan atas tagihan tersebut. Tidak ada jaminan dalam proteksi ini
  • Modalku. Lembaga ini mengatakan proteksi ke merchant di e-commerce Tokopedia. Tidak ada jaminan dalam proteksi ini
  • Amartha. Lembaga ini mengatakan proteksi kepada kumpulan (group lending) sehingga calon peminjam yang tidak memenuhi syarat jikalau meminjam sendiri (individual lending) sanggup mengajukan kredit.

Selengkapnya mengenai cara mengajukan pinjaman di ketiga forum diatas.

#6 Cicilan Tetap Kartu Kredit

Kartu kredit menyediakan fasiltas proteksi cicilan dengan plafond mengambil limit kartu. Bunga cicilan ini lebih rendah dibandingkan bunga transaksi kartu kredit.

Hanya jikalau urgent dan tidak ada sumber dana lain, kemudahan cicilan ini sanggup ditarik. Prosesnya memang super cepat lantaran fasilitasnya sudah menempel pada kartu kredit.

Dibandingkan mengambil proteksi KTA, cicilan dengan kartu kredit mengatakan bunga lebih rendah. Penerbit kartu kredit tida mengenakan denda menyerupai KTA untuk pelunasan dipercepat..

Tidak jarang jikalau pemegang kartu mempunyai track record bagus, penerbit kartu kredit mengatakan kegiatan dengan bunga khusus. Ini sanggup jadi alternatif pembiayaan.

Tapi, sekali lagi, meskipun prosesnya gampang dan cepat, pendanaan dengan cicilan kartu kredit hanya dilakukan jikalau darurat atau menjadi pilihan terakhir lantaran bunganya tinggi.

#7 Koperasi Credit Union

Menjadi anggota koperasi dan kemudian sanggup mengajukan proteksi di koperasi tersebut. Proses proteksi di koperasi relatif gampang dan cepat.

Syaratnya, anggota koperasi wajib menempatkan simpanan terlebih dahulu. Setelah itu menurut simpanan, anggota sanggup mengajukan pinjaman.

#8 KTA Bisnis

Sejumlah bank mempunyai produk KTA bisnis. Ini ialah produk proteksi tanpa jaminan yang dikhususkan buat pengusaha.

Bedanya dengan KTA yang biasa ialah bank akan melihat dan menilai perjuangan sebagai dasar dalam mengatakan proteksi KTA.

Salah satu KTA Bisnis sanggup mengatakan proteksi untuk perjuangan hingga Rp 1 Miliar tanpa jaminan.

#9 Manfaatkan Rumah & Mobil

Sejumlah bank mengatakan kredit dengan jaminan tanah dan bangunan. Kredit ini bersifat multi-guna sehingga sanggup dimanfaatkan untuk usaha.

Salah satu cara yang sanggup dilakukan ialah meminta top-up atas proteksi KPR atau KMG yang masih berjalan. Top-up ialah penambahan kredit gres atas plafond proteksi sebelumnya.

Ini dilakukan dengan meminta bank melaksanakan evaluasi ulang (re-appraisal) atas jaminan. Dengan nilai jaminan yang meningkat dan sudah dibayarnya cicilan selama ini, nasabah sanggup mengambil komplemen kredit baru.

Selain tanah dan bangunan, bank mendapatkan kendaraan beroda empat sebagai jaminan untuk kredit. Kredit yang sanggup diambil ialah multi-guna.

Namun, kredit dengan jaminan kendaraan beroda empat biasanya lebih rendah nilainya dan lebih mahal bunganya dibandingkan kredit dengan jaminan tanah dan bangunan. Ini terkait nilai jaminan kendaraan beroda empat yang cenderung menurun seiring waktu.

Sebaiknya, proteksi dengan jaminan kendaraan beroda empat dilakukan untuk tenor pendek (< 2 tahun). Tujuannya mengurangi beban bunga yang lebih mahal.

Simak Artikel soal Kiat Memulai Sebuah Usaha (#1 Produk)

#10 Siapkan Dokumen Persyaratan

Terkait pengajuan pinjaman, banyak dokumen persyaratan yang perlu disampaikan. Mulai dari dokumen identitas hingga dokumen terkait usaha.

Pengumpulan dokumen itu seringkali membutuhkan waktu. Apalagi jikalau terkait perizinan.

Karena itu, jikalau ingin mengajukan proteksi ke bank, sedari dini mencari tahu dan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Tidak semua bank dan forum proteksi menerapkan persyaratan proteksi yang sama. Ada yang ribet, tetapi tidak sedikit yang mudah.

alah satu problem utama pengembangan perjuangan kecil ialah kecilnya modal dan terbatasnya aks 10 Tips Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Kecil

Kesimpulan

Tantangan pengusaha gres ialah mendapatkan permodalan. Hampir tidak mungkin bank mengatakan proteksi jikalau tidak mempunyai jaminan.

Mudah-mudahan tips yang kami sampaikan sanggup membantu pengusaha kecil mencari susukan sumber modal. Seperti kata pepatah, “ada banyak jalan menuju Roma”.


Sumber https://duwitmu.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Cara Mendapat Dukungan Modal Perjuangan Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel