iklan

E-Marketing (Electronic Marketing) : Definisi Dan Manfaat

Pengertian wacana E-Marketing berdasarkan Armstrong dan Kottler (2004:74) yaitu sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang sanggup diartikan sebagai berikut: E-Marketing yaitu sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan dari pandangan gres atau fatwa konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing sanggup diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan kekerabatan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan akomodasi yang ada di dalam internet untuk melaksanakan acara marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing yaitu salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni taktik proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan berdasarkan Strauss dan Frost (2001) e-marketing yaitu penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk membuat pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Keuntungan yang sanggup diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan berdasarkan Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau banyak sekali konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target yaitu konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan berbagi obrolan berkelanjutan.

c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
E-mail dan data files sanggup dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
d. Jalur proses penjualan pribadi dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
e. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melaksanakan perubahan dalam planning penjualan dengan sangat cepat.
f. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan obrolan antara perusahaan dengan konsumen
i. Dapat mendistribusikan acara dan warta wacana produk melalui E-mail atau file transfer.

Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "E-Marketing (Electronic Marketing) : Definisi Dan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel