iklan

4. Penyetelan Klep













Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang sempurna menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

1.      Obeng (-) besar
2.      Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3.      Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4.      Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5.      Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6.      Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7.      Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8.      Fuller gauge 1set
9.      Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan memakai kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan semoga kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan memakai Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada dikala valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
·         Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
·         Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
·         Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
·         Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan memakai Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) hingga terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, hingga alhasil tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka lalu rasakan hasilnya. MANTAP!

Sumber http://edwinautomotif.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4. Penyetelan Klep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel