iklan

4 Imbas Faktual Dan Negatif Media Umum Bagi Pelajar

4 Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar _ Kemajuan teknologi yakni hal yang tak sanggup dihindarkan lagi, banyak sekali lini dalam kehidupan telah terkena pengaruh dari kemajuan teknologi , dampak yang ditimbulkan sanggup bersifat konkret maupun negatif, hal tersebut sangat tergantung pada pengguna teknologi tersebut. Salah satu produk dari kemajuan teknologi yakni munculnya sosial media yang berbasis internet/online.


Sosial media mengalami kemajuan yang sangat pesat, kalau pada awalnya sosial media mirip facebook, twitter, G+, BBM, whatssapp, Telegram hanya dipakai sebagai media untuk komunikasi, ajang mencari teman, membangun komunitas namun cukup umur ini soyusial media telah bertransformasi menjadi ladang bisnis, mulai dari media pemasaran produk, barang dan lain-lain
Selain itu pengguna sosial media tidak hanya terbatas pada orang cukup umur saja namun bahkan sebagian anak usia remaja, bawah umur sudah hebat memakai sosial media yang notabene masih masuk dalam kategori pelajar.

Baca juga:
Model dan Metode Belajar yang Dapat Mengaktifkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran

Keberadaan sosial media bagi pelajar menjadi problemitaka tersendiri, ibaratkan pisau yang bermata dua, kalau pelajar tidak bijak dalam menggunakannya sanggup saja memunculkan pengaruh negatif bagi mereka, akan tetapi selain dampak negatif ada juga beberapa dampak konkret yang sanggup dihadirkan dalam penggunaanya.

Lantas apa saja Dampak konkret dan negatif media umum bagi pelajar, berikut ulasannya yang sengaja kami himpun untuk anda

Dampak konkret dan negatif media umum bagi pelajar


1. Media bersosialisasi

Walaupun kegiatan sosialisasi bersifat maya namun media umum mirip facebook, twitter, G+, BBM, whatssapp, Telegram telah memberi andil besar dalam upaya membangun komunikasi para penggunanya termasuk para pelajar.

2. Membangun komunitas belajar

Selanjutnya dampak konkret dari keberadaan media umum bagi pelajar yakni menjadi ajang untuk membagun komunitas belajar, contohnya saja group bahasa inggris, komunitas berguru dan yang paling memudahan para anggota komunitas yakni untuk melaksanakan interaksi dengan para anggota komunitas tidak meski tatap muka eksklusif namun sanggup melalui chat via media sosial

3. Menambah pertemanan

Salah fitur yang ada dalam sosial media facebook, twitter, G+, BBM, whatssapp, Telegram yakni adanya fitur untuk menambah pertemanan sehingga pengguna sanggup mencari teman-temannya yang lain dengan memakai media umum yang sama dengan yang beliau gunakan. Bahkan sahabat yang sudah terpisah/tidak melaksanakan komunikasi semenjak usang sanggup kembali dipertemukan melalui santunan sosial media
.
4. Melek teknologi

Dampak konkret lainnya dari sosial media bagi anak remaja/pelajar yakni memberi pengetahuan pelajar ihwal teknologi, sehingga pelajar sanggup lebih peka dengan kemajuan teknologi. Hal tersebut sanggup menjadi dorongan pelajar untuk berguru lebih dalam seputar teknolog.

Dampak negatif media umum bagi pelajar


1. Keterbukaan informasi

Dampak negatif media umum bagi pelajar yakni adanya keterbukaan informasi yang ada dalam media umum tersebut, sebut saja dalam facebook ada begitu banyak informasi yang sejatinya belum layak untuk di komsumsi oleh pelajar namun alasannya tidak filterisasi jadi siapapun sanggup melihatnya.

2. Konten dewasa

Tak sanggup dipungkiri keberadaan media umum juga terkadang disusupi dengan adanya konten-kontn cukup umur yang belum sanggup dikomsumsi oleh usia sekolah/remaja, sehingga hal tersebut sangat riskan dalam memberi pengaruh negatif bagi pelajar, apalagi pelajar belum mempunyai filter yang besar lengan berkuasa dalam menyeleksi konten yang bekerjsama tidak pantas untuk mereka lihat.

3. Kecanduan media sosial

Efek yang sangat terasa dan sangat kental terlihat dari keberadaan media umum yakni munculnya pribadi-pribadi yang mulai ketergantungan untuk memakai media umum atau dengan kata lain mengalami kecanduan untuk bermain media sosial, kesudahannya acara para pelajar yang lain tak kalah pentingnya menjadi terabaikan.

4. Melemahnya perilaku sosialWalaupun dinamakan media umum namun sejatinya dalam kondisi real media umum menciptakan sebagian orang termasuk pelajar menjadi pribadi yang tidak terlalu memerhatikan lingkungan sosialnya, mereka sibuk mengakses banyak sekali media umum yang dimiliki sehingga berinterkasi dalam lingkungannya mulai kurang, sehingga ada ungkapan yang menyampaikan media umum mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

Demikianlah 4 Dampak konkret dan negatif media umum bagi pelajar yang penulis sempat bagi untuk anda, biar bermanfaat.
Sumber http://rijal09.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Imbas Faktual Dan Negatif Media Umum Bagi Pelajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel