iklan

16. Investigasi Klakson


 

Klakson berfungsi untuk memperlihatkan peringatan kepada pemakaian jalan di depan Anda, biar memperlihatkan jalan atau berhati-hati. Klakson yang baik dilarang terlalu keras suaranya, lantaran akan mengejutkan pengendara yang lainnya. Tetapi klakson juga dilarang terlalu lemah suaranya, lantaran tidak akan terdengar.

Penggunaan klakson tidak dapat kita anggap sepele, lantaran banyak angka kecelakaan terjadi lantaran klakson tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu kita perlu melaksanakan investigasi dan perawatan terhadap klakson.

Ada beberapa hal yang menciptakan klakson tidak berbunyi dengan baik diantaranya yaitu relasi klakson dengan sumber listrik pada sepeda motor terputus. Hal ini terang menciptakan klakson mati, lantaran tidak ada arus listrik dipakai untuk menjadikan kemagnetan pada klakson, dan juga untuk menjadikan getaran pada membran.

Penyebab lainnya ialah difragma pada klakson sudah kendor dan menciptakan bunyi yang ditimbulkan oleh klakson kurang keras. Diafragma kendor ini dapat disebabkan lantaran usia pemakaian klakson yang sudah lama, atau juga lantaran penyetelan baut penyetelan klakson yang tidak tepat.

Beberapa keruskan yang sering terjadi pada klakson adalah;

1.Klakson berbunyi terus : Penyebabnya ialah arus listrik mengalir terus ke klakson. Hal ini dapat disebabkan lantaran relay klakson macet dalam keadaan menutup atau sakelar klakson macet pada keadaan menutup.
 
2.Klakson tidak berbunyi sama sekali : Penyebabnya arus listrik tidak mengalir ke klakson. Hal ini disebabkan sekering putus, kabel rangkaian sistem klakson putus, dan aki kosong atau aki sudah rusak.
 
3.Bunyi klakson kurang keras : Penyebabnya ialah difragama robek, berlubang atau kendor, serta setelan klakson yang tidak tepat.

Langkah - langkah investigasi dan perawatan klakson :
1.Pasang ampere meter secara seri antara klakson dengan tombol klakson.
2.Kendorkan baut penyetel klakson.
3.Putar kunci kontak pada posisi ON.
4.Tekan tombol klakson sambil mengatur kekerasan baut penyetelan klakson. Bunyi   klakson yang baik antara 2-3 ampere.
5.Jika klakson tidak bunyi, lakukan investigasi sebagai berikut : Lepas klakson.   Kemudian sambungkan kedua terminal klakson dengan kabel ke aki. Jika klakson bunyi,   berarti klakson baik.

Selanjutnya mengecek instalasi kabel dari klakson yaitu dengan memakai multi tester, untuk mengetahui apakah sirkuit kelistrikannya bekerja dengan baik atau mungkin ada yang putus.

Sumber http://edwinautomotif.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "16. Investigasi Klakson"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel