iklan

Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli_ Media berasal dari bahasa latin “medius” yang secara harfiah berarti “tengah”, mediator atau “pengantar”, pesan dari pengirim kepada penerima.  Menurut Gerlach dan Ely (1971) dalam Arsyad (2007 : 3) menyampaikan bahwa media apabila dipahami secara garis besar ialah manusia, bahan atau insiden yang membangun kondisi, sehingga membuat siswa bisa memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Pengertian media dalam proses mencar ilmu mengajar cenderung diartikan sebagai alat peraga, sebagai mediator dalam menangkap, memproses, menyusun kembali informasi visual atau verbal.  Sementara itu pengertian lain ihwal media dikemukakan beberapa pendapat, dalam (Ahmad Rohani, 2007 : 3) sebagai berikut :
 

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

#1. Media ialah semua bentuk mediator yang digunakan orang penyebar ide, sehingga inspirasi atau gagasan itu hingga pada peserta (Santosa. S. Hamijaya).

#2. Media ialah channel (saluran) alasannya ialah pada hakikatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan insan untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu, dan dengan media batas-batas itu hampir menjadi tidak ada (Mc Lauhan).

#3. Media ialah medium yang digunakan untuk membawa / memberikan pesan, dimana medium ini merupakan jalan atau kilat dengan satu pesan berjalan antara komunikator dengan keunikan (Blacke and Harolsen)

#4. Media ialah segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan untuk aktivitas tersebut NEA (National Education Association)

#5. Selanjutnya berdasarkan Donald P. Ely & Vernom S. Gerlach menyampaikan bahwa media terbagi atas dua bab yaitu arti sempit, berwujud grafik, foto, alat mekanik chard, yang sanggup digunakan untuk menangkap, memproses serta memberikan informasi dan arti luas yaitu suatu aktivitas yang sanggup membuat suatu kondisi sehingga memungkinkan peserta didik dapat  memperoleh pengetahuan keterampilan dan perilaku yang baru.

Uraian beberapa pendapat ihwal media penulis sanggup menarik satu kesimpulan bahwa media ialah segala sesuatu yang berfungsi sebagai alat mediator dalam proses berkomunikasi atau proses mencar ilmu mengajar semoga lebih gampang untuk dipahami. demikianlah artikel ihwal Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli semoga bermanfaat

Sumber http://rijal09.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel