iklan

Model Pembelajaran Quantum Learning

A. Model Pembelajaran Quantum Learning
Quantum teaching yaitu tubuh ilmu pengetahuan dan metodologi yang digunakan dalam rancangan, penyajian dan akomodasi SuperCamp. Diciptakan menurut teori-teori pendidikan ibarat Accelerated Learning (Losanov), Multiple Intelligences (Gardner), Neuro-Linguistic Programming (Grinder dan Bandler), Eksperiental Learning (Hanh), Socratic Inquiry, Cooperative Learning (Johnson dan Jhonson), dan Elements of Effektive Instruction (Hunter).

Quantum learning yaitu penggubahan berguru yang meriah, dengan segala nuansanya, dan berfokus pada nuansa dinamis dalam lingkungan kelas interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk berguru dan juga meliputi petunjuk spesifik untuk membuat lingkungan berguru yang efektif, merancang kurikulum, memberikan isi, dan memudahkan proses belajar.

Quantum learning mempunyai asas utama yaitu “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka”.Maksudnya yaitu bahwa memasuki dunia anak sangatlah penting sebagai langkah pertama untuk mendapat hak mengajar, yaitu mendapat izin untuk memimpin, menuntun, dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Quantum learning  mempunyai lima prinsip atau kebenaran tetap yang juga biasa dianggap sebagai struktur chord dasar dari simfoni belajar, prinsip-prinsip tersebut yaitu :
1. Segalanya berbicara, segalanya dari lingkungan kelas sampai bahasa tubuh, dari kertas yang dibagikan sampai rancangan pelajaran, semuanya mengirim pesan perihal belajar.
2. Segalanya bertujuan, semua yang terjadi dalam penggubahan mempunyai tujuan mengirim pesan perihal belajar.
3. Pengalaman sebelim dukungan nama, otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakkan rasa ingin tahu. Oleh sebab itu, proses berguru paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami isu sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.
4. Akui setiap usaha, berguru mengandung resiko, berguru berarti melangkah keluar dari kenyamanan. Pada ketika siswa mengambil langkah ini, mereka patut mendapat ratifikasi atas kecakapan dan keyakinan diri mereka.
5. Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan, perayaan yaitu sarapan pelajar juara. Perayaan memperlihatkan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.

B. Kerangka rancangan berguru Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning)
Quantum learning memakai prinsip-prinsip komunikasi ampuh, diperkuat dengan pendekatan multi sensori, multikecerdasan, dan menurut kerangka rancangan berguru quantum teaching yang dikenal sebagai TANDUR,  yaitu :
1. TUMBUHKAN, 
Tumbuhkan minat dengan memuaskan “apakah keuntungannya bagiku” (AMBAK), dan manfaatkan kehidupan pelajar.
2. ALAMI, 
Ciptakan atau datangkan pengalaman umum yang sanggup dimengerti semua pelajar.
3. NAMAI, 
sediakan kata kunci, konsep, model, rumus, strategi; sebuah “masukan”.
4. DEMONSTRASIKAN, 
Sediakan kesempatan bagi pelajar untuk “menunjukkan bahwa mereka tahu”.
5. ULANGI, 
Tunjukkan pelajar cara-cara mengulang materi dan menegaskan, “aku tahu bahwa saya memang tahu ini”.
6. RAYAKAN, 
Pengakuan untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan.

C. Kelebihan dan kelemahan model Pembelajaran quantum learning

Kelebihan quantum learning
1. Pembelajaran quantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum dipakai.
2. Pembelajaran quantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empirs, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
3. Pembelajaran quantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
4. Pembelajaran quantum memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna, bukan sekedar transaksi makna.
5. Pembelajran quantum sangat menekankan pada pemercepatan pembelajaran dengan taraf keberhasilan tinggi.
6. Pembelajaran quantum sangat memilih kealamiahan dan kewajaran proses pembelajaran, bukan keartifisialan atau keadaan yang dibuat-buat.
7. Pembelajaran quantum sangat menekankan kebermaknaan dan kebermutuan proses pembelajaran.
8. Pembelajaran quantum mempunyai model yang memadukan konteks dan isi pembelajaran.
9. Pembelajaran quantum memusatkan perhatian pada pembentukan keterampilan akademis, keterampilan (dalam) hidup, dan prestasi fisikal atau material.
10. Pembelajaran quantum menempatkan nilai dan keyakinan sebagai cuilan penting proses pembelajaran.
11. Pembelajaran quantum mengutamakan keberagaman dan kebebasan, bukan keseragaman dan ketertiban.
12. Pembelajaran quantum mengintegrasikan totalitas tubuh dan pikiran dalam proses pembelajaran.

Kelemahan Pembelajaran  quantum learning
1. Membutuhkan pengalaman yang nyata.
2. Waktu yang cukup usang untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar.
3.Kesulitan mengidentifikasi keterampilan siswa.

D. Langkah-langkah Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning)

Adapun langkah-langkah yang sanggup diterapkan dalam pembelajaran melalui konsep quantum learning dengan cara :
Tahap persiapan.
1. Mempersiapkan kondisi berguru siswa dengan cara mengatur ruang kelas biar berbeda dengan kelas biasa dengan menata dingklik berbentuk abjad U untuk memudahkan siswa melaksanakan kontak mata.
2. Menyiapkan music yang lembut dipasang ketika siswa melaksanakan kontak mata.
3. Menciptakan kalimat sugestif positif untuk diberikan kepada siswa.
Tahap Pelaksanaan.
1. Presentasi materi.
2. Menggunakan kehidupan sehari-hari sebagai materi pengantar.
3.  Adanya interaksi dan umpan balik antara siswa dan guru.
4. Siswa mencatat materi pelajaran.
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif.
6. Guru dan siswa bersemangat dalam acara pembelajaran.
Tahap Evaluasi.
1. Siswa diberi latihan soal.
2. Guru memperhatikan permasalahan yang dihadapi siswa.
3.  Tidak menyalahkan kesalahan kepada siswa.
4. Mengadakan penelitian melalui tes verbal dan tes tertulis.

Demikianlah ulasan Model Pembelajaran Quantum Learning, Kerangka rancangan berguru Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning) dan Kelebihan dan kelemahan model Pembelajaran quantum learning

Sumber http://rijal09.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Model Pembelajaran Quantum Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel