iklan

Mengapa Kawasan Yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas?

Mengapa Daerah yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas?

Mengapa Daerah yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas?

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai daerah yang dilalui khatulistiwa, yang dimana daerah yang dilalui khatulistiwa sangat panas dibandingkan daerah yang tidak dilalui khatulistiwa, sanggup terlihat perbedaannya dari ekspresi dominan musim yang ada, dimana daerah yang tidak dilewati khatulistiwa terdapat ekspresi dominan dingin, sementara daerah yang dilalui khatulistiwa hanya ada ekspresi dominan hujan dan ekspresi dominan kemarau. Bagaimana sanggup terjadi? Dan apa yang mempengaruhi udara panas tersebut? Kita simak artikel dibawah.

Daerah yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas


Khatulistiwa yaitu garis khayal yang membagi bumi ke kepingan bumi utara dan kepingan bumi selatan. panjang khatulistiwa yaitu sekitar 24,901.5 mil (40.075 kilometer). Daerah yang dilewati khatulistiwa atau daerah tersebut didekat ekuator selalu panas lantaran matahari hampir selalu bersinar tegak lurus dari atas setiap hari sepanjang tahun. Di daerah utara atau pun di daerah selatan khatulistiwa terdapat ekspresi dominan panas dan ekspresi dominan hirau taacuh yang selalu bergantian. Pergantian ini terjadi lantaran bumi mengitari matahari dengan poros yang posisinya miring. Daerah di utara dan selatan khatulistiwa itu selama beberapa bulan lebih bersahabat dengan matahari dan pada waktu lain lebih jauh.

Perbedaan Daerah Menurut Perbedaan Khatulistiwa yang Dilewatinya

Pada daerah di bersahabat khatulistiwa, pada tempat tempat tersebut, sinar matahari selalu memancar hampir tegak lurus dari atas, maka dari alasannya itulah, daerah didekat khatulistiwa mempunyai suhu panas, apalagi pada dikala siang hari.

Semenatara, di bersahabat kutub selatan, contohnya, sinar matahari mengenai permukaan bumi dengan sangat miring. Maka dari itu, iklimnya menjadi sangat dingin. Es di antartika memantulkan panas dan cahaya dari matahari sehingga suhu udara di daerah tersebut selalu dingin.

Berbeda lain lagi, pada daerah di tempat dengan empat musim, contohnya dari wilayahnya yakni: inggris dan jepang, misalnya, terdapat empat musim. Hal tersebut terjadi dikarenakan poros bumi yang miring, daerah tersebut terkadang mendekati matahari, tetapi adakala menjauhinya, sehingga hal tersebut menjadikan terjadinya pergantian musim.

Bumi mengitari matahari dengan kedudukan yang miring. Sinar matahari mengenai permukaan bumi dengan sudut yang berbeda beda, maka dari itu, ada daerah yang sangat panas, sampai pun ada daerah yang sangat dingin.

Percobaan Daerah Khatulistiwa Lebih Panas dibandingkan Dengan Daerah yang Lain

Anda sanggup mencoba melaksanakan hal tersebut dengan cara : ambillah dua kotak yang sama besarnya dan isilah kotak tersebut dengan pasir yang sama banyaknya. Letakkan kotak tersebut yang satu rata di tanah dan satunya di miringkan. Tancapkan termometer di pasir tiap kotak, lambat laun, akan terlihat perbedaan bahwa suhu pasir di kotak datar atau rata akan lebih cepat naik dibandingkan dengan kotak yang miring.

Perbedaan suhu tersebut disebabkan miringnya poros bumi sebesar 23,5 derajat pada perputarannya selagi mengitari matahari. Karena bumi itu bulat, sinar matahari memancara pribadi dari atas pada daerah di bersahabat atau sempurna di khatulistiwa. Seperti tampak pada percobaan diatas, suhu permukaan lebih tinggi jikalau sinar matahari memancara pribadi dari atas. Daerah khatulistiwa panas sepanjang tahun. Ditempat jauh dari khatulistiwa yang mengalami perubahan jarak dari matahari, suhu tersebut berubah ubah berdasarkan musimnya.

Sekian artikel mengenai Mengapa Daerah yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas?. Dimana dijelaskan detail mengenai alasan alasan tertentu Mengapa Daerah yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas? dan percobaan daerah khatulistiwa. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Sumber http://ruangterkritis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Kawasan Yang Didekat Khatulistiwa, Udaranya Sangat Panas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel