iklan

√ 10 Pohon Di Dunia Yang Usianya Lebih Renta Dari Piramida Mesir

Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon? Jika melihat postur pohon, mungkin sebagian orang akan berpikir ihwal kekuatan, ketahanan, atau kedamaian. Pohon juga dalam beberapa iktikad tertentu dihubungkan dengan perjalanan spiritual. Selain itu, pohon juga mengambarkan pengetahuan, siklus kelahiran juga kematian, transformasi, juga pencerahan.


Dalam beberapa budaya, ada yang mewajibkan penduduknya untuk menghormati pohon dan ada pula yang mengakibatkan pohon sebagai tempat ziarah dan ibadah. Di Indonesia, pohon-pohon renta terkadang dijadikan tempat untuk bersemedi. Pohon-pohon renta ini ada yang telah hidup ribuan tahun. Pohon-pohon ini  telah menyaksikan kisah timbul tenggelamnya sebuah peradaban.


Sekarang kita akan membahas mengenai pohon-pohon yang  telah hidup ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Berikut Bacaterus telah merangkum daftar 10 pohon tertua di dunia yang masih ada hingga sekarang.


10 Pohon Tertua di Dunia


1. Methuselah


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: amazingsearth.blogspot.com


Sampai tahun 2012, pohon yang ditemukan oleh Tom Harlan dan Edmun Schulman ini masih menjadi pohon paling tertua di dunia. Nama pohon ini diambil dari tokoh dalam Injil tertua, yaitu Metusalah. Dia hidup hingga 969 tahun. Pohon Methuselah hidup dikelilingi oleh pohon renta lainnya.


Pohon ini ialah jenis pohon pinus bristlecone kuno. Diyakini pohon ini ialah organisme non-klonal tertua di bumi. Methuselah dipercaya berumur antara 4.000 tahunan lebih. Salah satu pohon tertua di dunia ini lokasinya berada di White Mountains di Kalifornia. Tepatnya, berada di dalam Inyo National Forest di penggalan timur California. Tak banyak orang yang tahu ihwal pohon ini.


Mengapa pohon ini kurang dikenal keberadaannya? Itu alasannya ialah pohon tertua di dunia hidup di kondisi keras di tempat dengan ketinggian yang tinggi. Lokasinya jugalah yang mengakibatkan pohon ini tetap hidup hingga sekarang. Hidup terisolasi menciptakan pohon ini kondusif dari gangguan dan deforestasi dan hiruk pikuknya perkotaan.


Namun, berdasarkan inovasi terbaru, ada pohon jenis yang sama yang berumur lebih tua. Pohon Great Basin Bristlecone yang berumur sekitar 5.000 tahunan tersebut ditemukan hidup di tempat yang sama. Berdasarkan usianya, diperkirakan Methuselah mulai bertunas pada sekitar 2832 SM. Hal ini menciptakan Methusalah berumur lebih renta kalau dibandingkan dengan Piramida Mesir.


Ketinggian pohon Methusalah yang sedang sanggup mencapai 5 hingga 15 meter dengan diameter batangnya sekitar 2,5 hingga 3,6 meter. Warna kulit pohonnya oranye-kuning dan pada pangkal batang kulit pohon tampak bersisik. Warna hijau di daunnya sanggup bertahan lama, bahkan sanggup mencapai 45 tahun.


Untuk sanggup menikmati keindahan pohon Methuselah diharapkan perjuangan yang melelahkan dan menantang dikarenakan lokasi keberadaannya. Mungkin kau sanggup hingga ke lokasi hutan tempat pohon itu berada, tapi kau akan kesulitan menemukan pohon Methuselah di antara pohon-pohon yang lain.


2. Old Tjikko


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: www.treedom.net


Old Tjikko Saksi bisu ketika Norwegia menunjukkan Härjedalen ke Swedia pada 1645. Nama pohon ini diambil dari salah satu anjing yang merupakan penggalan dari tim yang melaksanakan pekerjaan lapangan penelitian mengenai usia pohon-pohon ini.


Old Tjikko ialah sebuah pohon cemara Norwegia. Pohon ini hidup di tengah-tengah Gunung Fulufjallet yang berada di provinsi Dalarna di Swedia. Konon pohon ini diyakini sebagai pohon tertua di dunia meskipun ada pohon lain yang diyakini sama tuanya dengan Old Tjikko yaitu Old Rasmus.


Metode penanggalan karbon dan pencocokan genetik dipilih untuk memilih usia pohon Old Tjikko yang masih bangun hingga ketika ini. Berdasarkan penanggalan tersebut sepertinya, walaupun masih belum sanggup ditentukan 100%, Old Tjikko masih lebih renta dibandingkan Old Rasmus.


Pohon ini kemungkinan besar bertunas selama zaman Es terakhir ketika Kepulauan Inggris masih terhubung ke Eropa oleh jembatan es. Diketahui bahwa yang menjadi penyebab pohon ini hidup hingga kini ialah alasannya ialah proses kloning layering atau vegetatif yang memungkinkannya untuk menumbuhkan batang, akar dan cabang baru.


Yang menciptakan pohon ini sanggup bertahan dari kerasnya iklim dan fenomena alam alasannya ialah sistem akar pohon tersebut. Meskipun penampilan luarnya tidak menampakkan ibarat pohon yang bangun sangat usang alasannya ialah kurus kering, para jago justru akan memberitahukan hal sebaliknya. Karena penampakkannya itu menciptakan pohon Old Tjikko tampaknya gampang dirusak oleh manusia.


3. Sarv-e Abarqu


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: www.pinterest.com


Dikenal juga dengan nama Sarv Zoroaster, Sarv-e-Abarqu ialah pohon cemara yang ada di Abarkuh yang berada provinsi Yazd di Iran. Sarv-e-Abarkuh ialah salah satu objek wisata utama di provinsi tersebut alasannya ialah pohon ini berumur setidaknya 4.000 – 5.000 tahun. Banyak jago percaya bahwa pohon Sarv-e Abarqu kemungkinan besar ialah pohon tertua yang ada di Asia.


Menurut sebuah mitos, pohon Sarv-e-Abarqu itu ditanam oleh Zoroaster, seorang nabi dari Iran, atau Yafet, putra ketiga tokoh dalam Alkitab, yaitu Nuh. Pohon Sarv-e-Abarqu ialah monumen alam nasional dan dilindungi oleh Organisasi Warisan Budaya Iran. Pohon ini menjadi salah satu atraksi paling terkenal di kota Abarkuh karena  ukuran, sejarah dan usia yang sudah begitu tua.


Jika kau berkunjung ke Iran, kau sanggup dengan gampang menemukan dan mungkin sanggup melihat pohon yang tumbuh dengan subur ini dari dekat. Pohon itu bangun di ketinggian 25 meter.


4. Fitzroya Cupressoides


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: www.flickr.com


Fitzoria atau Fitzroya Cupressoides digambarkan sebagai jenis pepohonan hijau yang tinggi dan kurus. Kebanyakan  ditemukan di Pegunungan Andes, Fitzoria lebih dikenal sebagai Alerce. Usia Fitzoria diperkirakan 3.600 tahunan sehingga dikategorikan sebagai salah satu pohon tertua di dunia.  Pohon ini yang dilindungi dan merupakan satu atraksi utama di Hutan Hujan Valdivian Temperate.


Alerce atau Fitzoria juga dikenal sebagai flora orisinil di pegunungan Andes di Chili selatan dan Argentina. Pohon ini dianggap sebagai salah satu anggota penting flora di hutan hujan Valvadian Temperate. Pohon terbesar di Amerika Selatan ini sanggup tumbuh hingga 40-60 meter, tapi terkadang sanggup tumbuh hingga 70 meter.


Spesimen hidup terbesar yang diketahui ialah Alerce Milenario. Pohon ini yang berada di Taman Nasional Alerce Costero, Chili. Tingginya mencapai  60 meter dan diameter mencapai  4,26 meter.


5. The President Tree


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir


Disebut juga sebagai pohon Presiden, sequoia raksasa namanya diambil dari Presiden Warren G. Harding. Pohon ini tingginya sekitar 75 meter dan lebar berdiameter sekitar dan 8,2 meter. Pohon Presiden ini sanggup  ditemukan di Taman Nasional Sequoia di California. Jika bangun bersanding dengan pohon ini, insan terlihat ibarat Minions, alias kecil sekali.


Pohon Presiden ialah sequoia yang berumur sekitar 3200 tahun dan merupakan pohon terbesar ketiga di dunia ketika diperingkat berdasarkan volume batangnya.


6. The Llangernyw Yew


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: en.wikipedia.org


Terletak di halaman gereja kecil, Gereja St. Dygain di Llangernyw di utara Wales, pohon Llangernyw Yew ini berumur sekitar 4.000 – 5.000 tahun berdasarkan akta yang diterima oleh pohon ini yang ditandatangani oleh David Bellamy, jago botani Inggris, penulis, penyiar, dan juru kampanye lingkungan.


Pohon ini diperkirakan sudah ditanam semenjak sekitar zaman perunggu prasejarah dan masih terus tumbuh bahkan sehabis bertahun-tahun kemudian. Llangernyw Yew ditunjuk sebagai salah satu dari 50 pohon Inggris Raya oleh Dewan Pohon pada perayaan emas Ratu Elizabeth II di tahun 2002.


Dalam mitologi Wales, pohon Llangernyw Yew mempunyai tempat khusus alasannya ialah dikaitkan dengan roh Angelystor (“Malaikat Rekaman”). Roh itu tiba setiap Halloween untuk meramalkan anggota umat paroki mana yang akan meninggal pada tahun berikutnya.


7. Jomon Sugi


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: allabout-japan.com


Pohon Jomon Sugi ialah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau Yakushima, Jepang. Jomon Sugi salah satu yang mengakibatkan pulau ini menerima gelar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Diperkirakan usia pohon ini sekitar 2.000 tahun, tetapi beberapa jago percaya Jomon Sugi berusia lebih renta dari itu, kemungkinan antara 2.170-7.200 tahun.


Pohon ini ialah penggalan penting industri pariwisata Yakushima. Sejumlah wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun tertarik untuk menyaksikan keajaiban besar ini. Jomon Sugi terletak di ketinggian 1.300 meter  di puncak tertinggi di Yakushima. Diameter pohon ini ialah 16,4 meter sedangkan tingginya 25,3 meter.


8. Chestnut Tree of One Hundred Horses


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: gabrielleinsicily.wordpress.com


Dikenal juga dengan nama  pohon seratus kuda, pohon kastanye ini terletak di gunung berapi Etna di Sisilia. Pohon ini berumur sekitar 2.000 dan 4.000 tahun. Pohon kastanye terbesar dan tertua di dunia ini tercatat dalam Guinness World Records sebagai “Pohon Terbesar Yang Pernah Ada” alasannya ialah pohon ini mempunyai diameter  57,9 meter.


Menurut legenda, pohon ini menunjukkan derma kepada Ratu Aragon dan 100 ksatria dari hujan badai. Mereka berlindung di bawah cabang-cabang pohonnya yang besar. Meskipun kisah itu ialah sebuah legenda, tetapi benar dalam beberapa hal. Contohnya, cabang-cabang pohon kastanye ini memang besar sehingga  kemungkinan orang sanggup berlindung  dari hujan.


9. General Sherman


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: www.outdoorproject.com


Pohon sequoia raksasa ini terletak di Hutan Raksassa Taman Nasional Sequoia, di tempat Tulare di California. Nama Jenderal Sherman diambil dari nama Jenderal Perang Sipil Amerika, William Tecumseh Sherman. Pohon ini mempunyai tinggi sekitar 84 meter dan diperkirakan berumur 2300-2700 tahun. Berdasarkan volumenya,  Jenderal Sherman dianggap sebagai pohon batang tunggal terbesar.


Pada tahun 2006, ranting terbesar pohon ini jatuh dan menghancurkan pagar yang mengelilinginya.  Sesuai dengan namanya, pohon ini  tidak berhenti menginspirasi kekaguman dan keajaiban.


10. Patriciarca da Floresta


Apa yang terpikir di benakmu ketika memikirkan ihwal pohon √ 10 Pohon di Dunia yang Usianya Lebih Tua dari Piramida Mesir

* sumber: g1.globo.com


Patriciarca da Floresta  ialah pohon non-konifer tertua di Brasil. Pohon yang diyakini sebagai pohon suci ini termasuk ke dalam spesies Cariniana Legalis dan diyakini berumur sekitar 3.000 tahun. Sayangnya , spesies pohon ini terus-menerus berada dalam bahaya alasannya ialah pembukaan hutan yang terjadi di Brasil, Kolombia, dan Venezuela.


Setelah membaca artikel ini, apa pendapatmu ihwal pohon-pohon tersebut? Apakah mungkin pohon-pohon tersebut sanggup mempunyai umur yang lebih renta dari piramida Mesir sekalipun? Menurutmu, apakah Indonesia mempunyai pohon setua pohon-pohon ini? Share pendapatmu di kolom komentar, ya.


Kunjungi juga artikel pohon tertinggi di dunia ini untuk mencari tahu sejumlah jenis pohon yang mempunyai tinggi abnormal.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Pohon Di Dunia Yang Usianya Lebih Renta Dari Piramida Mesir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel