iklan

√ 10 Fakta Super Junior, King Of Kpop Kesayangan Para Elf

Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior. Grup yang satu ini termasuk salah satu boyband Korea terpopuler yang sudah eksis selama belasan tahun. Saking terkenalnya, tak sedikit non-Kpopers yang tahu atau setidaknya pernah mendengar nama Super Junior.


Kesuksesan Super Junior sendiri pastinya tak bisa lepas dari kontribusi penggemar mereka yang disebut ELF (Ever Lasting Friend). Kalau kalian termasuk ELF atau gres mengenal grup ini, ada 10 fakta soal Super Junior yang harus kalian tahu. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.


10 Fakta SuJu yang Harus Diketahui


1. Debut dengan 12 Member



Super Junior resmi debut pada tanggal 6 November 2005 di bawah naungan agensi SM Entertainment. Grup yang juga dikenal dengan sebutan Suju ini dulu debut dengan 12 member, yaitu Leeteuk, Hangeng, Heechul, Kangin, Shindong, Yesung, Sungmin, Donghae, Eunhyuk, Siwon, Ryeowook, dan Kibum.


Awalnya pihak agensi menerapkan konsep gonta-ganti member untuk Super Junior, jadi nantinya akan ada member yang ‘lulus’ dan digantikan dengan idol lain. Tapi balasannya konsep ini dibatalkan dan pihak agensi menambahkan member gres berjulukan Kyuhyun pada tahun 2006. Sejak ketika itulah Super Junior pun resmi mempunyai 13 orang member.


Saat debut sebagai 13 member tentu saja banyak duduk kasus yang mereka hadapi akhir penambahan member secara mendadak. Kyuhyun sendiri sempat dicuekin oleh member SuJu lainnya, tapi sejak insiden kecelakaan yang menimpa Kyuhyun hingga ia koma beberapa hari, balasannya semua member SuJu pun mulai akur satu sama lain dan saling mencintai hingga ketika ini.


2. Sejarah dan Arti Nama Super Junior


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: www.deviantart.com


Sebelum debut, sempat muncul rumor jikalau grup yang kini dikenal sebagai Super Junior itu akan diberi nama O.V.E.R yang merupakan abreviasi dari Obey the Voice for Each Rhythm. Namun, pada balasannya SM Entertainment menentukan nama Super Junior 05 sebagai nama grup barunya tersebut.


Kata ‘super’ dipilih sebab trainee atau calon idol yang dijadikan member SuJu yakni orang-orang yang sangat berbakat, bahkan dianggap terbaik dari yang terbaik. Sedangkan kata ‘junior’ berasal dari sebutan yang dulu diberikan untuk semua member SuJu ketika masih menjadi trainee. Maklum saja, ketika itu mereka memang termasuk trainee muda alias bau kencur di SM Entertainment.


Sementara untuk angka ’05’ yakni angka yang mewakili tahun debut mereka kala itu, yaitu tahun 2005. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SM Entertainment berniat membentuk grup dengan konsep pergantian member. Menurut rencana, akan ada Super Junior 06, 07, dan seterusnya dengan member-member baru.


Tapi, sebab konsep ini balasannya dibatalkan, seiring dengan masuknya Kyuhyun sebagai member ke-13, pihak agensi balasannya menetapkan nama Super Junior tanpa komplemen angka di belakangnya.


3. Grup Multitalenta



Sebagai sebuah grup musik, kemampuan para member Super Junior dalam hal menyanyi tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, sebagai idol-idol pilihan agensi, semua member mempunyai bakat lain yang tak bisa dianggap remeh.


Hampir semua member punya kemampuan untuk menari, akting, bahkan menjadi MC. Di antara member SuJu, Leeteuk, Heechul, Kyuhyun, dan Shindong yakni beberapa member yang dianggap sebagai rajanya variety show sebab selalu bisa membawakan sebuah program dengan baik dan menghibur.


Ada pula Kibum dan Siwon yang menekuni dunia seni tugas dan sukses membintangi beberapa judul serial TV. Bicara soal akting, Super Junior juga punya film sendiri, lho! Semua membernya berakting di film komedi berjudul “Attack on the Pin-Up Boys” yang rilis tahun 2007.


4. Grup Kpop Pertama dengan Member dari China


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: www.koreaboo.com


Meski berpredikat sebagai grup Kpop, SM Entertainment mengambil langkah berani untuk menentukan Hangeng dan memasukkan idol asal China tersebut ke Super Junior. Tak hanya itu, pihak agensi bahkan membentuk sub-unit Super Junior-M yang nantinya akan fokus di pasar musik China.


Munculnya Hangeng sebagai idol asal China tentu menimbulkan pro dan kontra ketika itu. Salah satu hambatan yang dihadapi yakni Hangeng dihentikan tampil di beberapa stasiun televisi sebab duduk kasus visa. Tapi sayangnya, di tahun 2009 Hangeng hengkang dari Super Junior. Meskipun sudah bukan member SuJu, Hangeng tetap selalu menjadi member SuJu bagi para ELF dan member SuJu lainnya.


Bahkan, kabarnya pun kini Hangeng masih saling bertukar kabar dengan member SuJu lainnya, terutama Heechul. Nah, jikalau bertanya keadaan Hangeng sekarang, kini ia menjadi pemain drama dan artis yang sukses di China lho!


5. Sempat Diboikot Fans Gara-Gara Pembentukan Sub-Unit



Sekitar tahun 2007, agensi mengumumkan akan membentuk sub-unit yang belakangan diberi nama Super Junior-M. Rencana pembentukan grup ini pun sempat ditentang oleh sebagian ELF, apalagi SM Entertainment merekrut idol gres berjulukan Henry Lau dan Zhoumi yang rencananya akan dijadikan anggota resmi Super Junior-M.


Fans rupanya tidak suka dengan kehadiran member ke-14 dan ke-15 ini dan melayangkan protes besar-besaran. Mereka bahkan memboikot semua produk Super Junior dan melaksanakan demo di depan gedung SM Entertainment. Saat itu penggemar hanya ingin biar Super Junior tetap mempunyai 13 member, tidak lebih.


Tapi pada balasannya kontroversi ini berangsur-angsur mereda. Pihak agensi menjamin bahwa grup inti Super Junior tidak akan mempunyai member gres lagi, sedangkan Henry Lau dan Zhoumi hanya akan menjadi anggota dari sub-unitnya saja. Uniknya dari SuJu-M ini, setiap kali mereka menerbitkan lagu atau album, niscaya punya dua versi, yakni versi Korea dan versi China.


Terbukti memang, Zhoumi dan Henry kini lebih banyak bersolo dibandingkan sebagai Super Junior-M. Bahkan, Super Junior-M ini sudah usang tidak melakukan comeback lagi. Dan yang paling penting, baik Zhoumi dan Henry, juga sangat bersahabat dengan member Super Junior inti.


6. Mendunia Berkat Lagu “Sorry Sorry”



Sejak debut, nama Super Junior tentu sudah tak abnormal bagi para penikmat musik di Korea Selatan. Namun, popularitas grup ini semakin melambung tinggi ketika meluncurkan lagu “Sorry Sorry” pada tahun 2009. Tak hanya di Korea, lagu ini bahkan viral di seluruh dunia sampai-sampai hallyu wave menjangkit banyak negara, termasuk Indonesia.


Sejak ketika itulah Super Junior semakin dikenal luas, mereka juga sering dijuluki sebagai king of Kpop karena dianggap punya kontribusi besar dalam berbagi virus Kpop di luar Korea. Dan hingga ketika ini “Sorry Sorry” masih jadi salah satu lagu paling ikonik yang niscaya dikenal oleh semua pecinta Kpop. Makanya tidak heran juga jikalau SuJu ini termasuk dalam legend boygroup.


7. Hengkangnya Beberapa Member


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: kultscene.com


Setidaknya ada 2 hal yang paling ditakuti oleh semua band dan penggemarnya, yaitu kehilangan anggota dan bubar. Meski Super Junior berhasil bertahan selama belasan tahun, bagaimana pun juga grup ini harus kehilangan beberapa membernya.


Yang pertama yakni Hangeng. Saat karier Super Junior masih ada di puncak kejayaan, idol asal China ini menentukan untuk mengakhiri kontrak kerjanya dengan agensi SM pada simpulan tahun 2009. Setelah melalui proses yang cukup panjang, Hangeng balasannya resmi keluar dari Super Junior pada tahun 2011.


Selain Hangeng, ada pula Kibum yang rupanya ingin fokus di dunia akting. Setelah peluncuran “Sorry Sorry”, Kibum sering bolos di aneka macam kegiatan Super Junior. ELF mulai curiga bahwa Kibum telah hengkang dari grup, tapi balasannya pihak agensi menegaskan bahwa Kibum tidak keluar dari Suju dan sedang fokus dengan proyek solo.


Sayangnya, selama bertahun-tahun Kibum tidak pernah tampil lagi bersama Super Junior. Sampai balasannya di tahun 2015 lalu, Kibum resmi dinyatakan keluar dari Super Junior dan SM Entertainment. Yang terbaru ada Henry Lau yang juga resmi keluar dari agensi dan otomatis meninggalkan predikatnya sebagai anggota Super Junior-M.


Selain ditinggal secara permanen, Super Junior juga sering tampil dalam gugusan yang tidak lengkap sebab ada beberapa member yang vakum, baik itu sebab ditinggal wajib militer, ada yang terkena kasus hukum, ada pula yang dicekal fans menyerupai Sungmin yang kontroversi akhir pernikahannya dan Kangin sebab kontroversinya yang mabuk.


8. Grup SM Entertainment Pertama yang Punya Label Sendiri


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: suju.wikia.com


Sejak debut, Super Junior memang selalu ditangani langsung oleh SM Entertainment. Namun pada tahun 2015 lalu, agensi membentuk Label SJ yang merupakan label langsung yang akan mengurus seluruh kegiatan Super Junior.


Label SJ sendiri bersama-sama masih di bawah naungan agensi SM Entertainment, tapi untuk urusan administrasi grup, produksi album, hingga kegiatan masing-masing anggota Suju akan ditangani secara dapat bangkit diatas kaki sendiri oleh Label SJ.


9. Grup Kpop Pertama yang Sukses Melakukan 100 Konser


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: highyellow.me


Super Show yakni tur dunia yang sudah jadi trademark tersendiri bagi Super Junior. Selama bertahun-tahun, grup pelantun “Bonamana” ini selalu rutin menggelar konser di aneka macam negara, termasuk di Indonesia.


Pada tahun 2014 kemudian Super Junior mengadakan tur Super Show 6, dan di tur dunia inilah mereka mencetak sejarah gres sebab resmi menjalani konser yang ke-100. Ini yakni rekor yang luar biasa, apalagi ketika itu Super Junior menjadi grup Kpop pertama yang mencapai 100 konser di sepanjang kariernya.


10. Tetap Eksis dan Aktif Merilis Album


Jangan pernah ngaku pecinta Kpop jikalau tidak tahu perihal Super Junior √ 10 Fakta Super Junior, King of Kpop Kesayangan Para ELF

* sumber: thekpophero.com


Super Junior termasuk grup senior yang sudah bermusik selama belasan tahun. Meski sudah tidak semuda dulu lagi, grup yang satu ini masih tetap eksis hingga sekarang. Selama berkarier di dunia hiburan, Super Junior setidaknya sudah merilis 9 studio album, termasuk album Jepang.


Super Junior juga tercatat pernah meluncurkan album Istimewa bertajuk “Devil” pada tahun 2015 lalu. Yang terbaru, ada mini album “One More Time” yang dirilis pada tanggal 8 Oktober 2018. Uniknya, meski ketika ini persaingan dunia Kpop semakin ketat dengan munculnya grup-grup baru, Super Junior rupanya tetap bisa mempertahankan esksistensinya.


Itulah 10 fakta Super Junior sebagai salah satu grup paling terkenal di Korea Selatan. Melihat perjalanan panjang mereka,  pantas saja bila banyak orang menjuluki mereka sebagai King of Kpop. Kalian punya fakta unik lain seputar Super Junior? Yuk, tuliskan di kolom komentar!



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Fakta Super Junior, King Of Kpop Kesayangan Para Elf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel