Mata Kuliah Administrasi Strategik
Tinjauan Mata Kuliah
Mata kuliah Manajemen Strategik dirancang untuk menyiapkan mahasiswa supaya bisa memahami proses administrasi strategik pada organisasi/perusahaan dalam menghadapi tuntutan stakeholders (pihak-pihak yang berkepentingan) global yang terus-menerus berkembang dan semakin kompleks. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk modul dan terdiri atas sembilan modul yang masing-masing mempunyai target tersendiri.
Modul pertama, Manajemen Strategik dalam Organisasi/Perusahaan, membahas pengertian dan ruang lingkup administrasi strategik dalam suatu organisasi atau perusahaan. Pada modul ini mahasiswa diajak untuk memahami pengertian administrasi strategik, pentingnya pemikiran strategik dalam organisasi, banyak sekali jenis organisasi yang umumnya ada, perbedaan penting di antara banyak sekali macam organisasi, serta penerapan administrasi strategik dalam organisasi publik dan bisnis (perusahaan). Modul kedua, Proses Manajemen Strategik, Pemangku Kepentingan, Visi, dan Misi dalam Organisasi, membahas bagaimana proses administrasi strategik diterapkan pada suatu organisasi. Mahasiswa diperkenalkan pada pengertian-pengertian stakeholders (pemangku kepentingan), serta visi dan misi pada organisasi. Selanjutnya mahasiswa juga akan diperkenalkan pada cara mengidentifikasi stakeholders (pemangku kepentingan) yang perlu diperhatikan pada suatu organisasi. Pada pecahan final dari modul ini mahasiswa diajak untuk berlatih merumuskan visi dan misi suatu organisasi.
Modul ketiga, Analisis Lingkungan Eksternal Organisasi, membahas pengertian lingkungan eksternal serta pentingnya lingkungan eksternal suatu organisasi bagi kinerja organisasi tersebut. Mahasiswa diajak untuk memahami dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam lingkungan eksternal suatu organisasi. Selanjutnya dibahas juga bagaimana menganalisis pengaruh lingkungan eksternal terhadap organisasi. Analisis pengaruh lingkungan eksternal ini dituangkan dalam bentuk analisis peluang (opportunities) dan bahaya (threats).
Modul keempat, Analisis Lingkungan Internal Organisasi, membahas pengertian lingkungan internal dan pentingnya lingkungan internal organisasi bagi kinerja organisasi tersebut. Mahasiswa diajak untuk memahami dan mengidentifikasi banyak sekali komponen yang ada dalam lingkungan internal suatu oganisasi. Pada pecahan final dari modul ini mahasiswa diperkenalkan pada teknik analisis aspek internal organisasi yang tertuang dalam bentuk analisis kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) organisasi.
Baca Juga
Modul kelima, Sasaran Jangka Panjang dan Strategi Umum Organisasi, membahas pengertian dan karakteristik dari target jangka panjang dan taktik umum. Mahasiswa akan diberi pemahaman, dan selanjutnya dibutuhkan akan mempunyai kemampuan, wacana bagaimana merumuskan target jangka panjang dan taktik umum pada suatu organisasi, lengkap dengan tolok ukur pencapaian target jangka panjang.
Modul keenam, Analisis dan Pilihan Strategik, merupakan pengintegrasian hasil dari modul tiga dan modul empat. Mahasiswa diperkenalkan pada banyak sekali teknik analisis untuk mengidentifikasi pilihan-pilihan taktik yang sesuai untuk situasi yang dihadapi organisasi. Teknik-teknik itu yaitu SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats), Matriks Pertumbuhan Bagian Pasar BCG, Matriks GE atau IE dan Matriks Strategi Induk yang merupakan paduan dari analisis internal dan eksternal organisasi. Mahasiswa diperkenalkan pada banyak sekali matriks tersebut yang akan dipergunakan untuk membantu organisasi mengidentifikasi banyak sekali alternatif taktik yang tersedia bagi organisasi. Pada Modul 6 ini mahasiswa juga diperkenalkan pada Teknik QSPM untuk melaksanakan pemilihan taktik perusahaan. Dengan teknik ini mahasiswa dibutuhkan sanggup menyusun urutan prioritas taktik organisasi.
Modul ketujuh, Implementasi Strategi: Aspek Manajemen, Operasi, dan Sumber daya Manusia membahas implementasi taktik yang telah diformulasikan sebelumnya ke dalam banyak sekali acara administrasi dan fungsi operasi serta fungsi sumberdaya insan dalam organisasi. Mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana tugas banyak sekali elemen administrasi (perencanaan, pengorganisasian dan sebagainya) serta fungsi operasi dalam mewujudkan taktik yang telah diformulasikan secara lebih positif dan terukur. Tidak lupa, mahasiswa juga diajak untuk memahami bahwa betapapun hebatnya suatu taktik dirumuskan, para pelaku yang dibutuhkan mengimplementasikan taktik tersebut juga harus menjadi pertimbangan penting. Itu sebabnya, aspek SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi pecahan penting yang juga dibahas dalam Modul 7 ini.
Modul kedelapan, Implementasi Strategi: Pemasaran, Keuangan/Akunting, R dan D, dan SIM, membahas bagaimana taktik yang sudah dirumuskan di modul sebelumnya diimplementasikan ke dalam aktivitas-aktivitas fungsional pemasaran, keuangan/akunting, R dan D (Research and Development, atau Penelitian dan Pengembangan) serta SIM (Sistem Informasi Manajemen) organisasi. Secara ringkas mahasiswa akan diperkenalkan pada banyak sekali acara fungsional organisasi di bidang-bidang tersebut. Tentu saja uraian wacana banyak sekali fungsi ini tidak lengkap lantaran mahasiswa tentu sudah mendapat materi yang lengkap dikala memelajari banyak sekali kegiatan fungsional tersebut di modul-modul yang lain. Yang penting di sini yaitu para mahasiswa memahami bagaimana keterkaitan antara administrasi strategik dan administrasi fungsional dan bagaimana arah yang dirumuskan dalam administrasi strategik menjadi anutan atau contoh dikala merancang banyak sekali taktik fungsional.
Modul kesembilan, Pengendalian Strategi, membahas pentingnya penilaian dan pengendalian untuk memastikan tercapainya target organisasi. Modul ini membahas tolok ukur pencapaian sasaran, teknik penilaian strategi, dan hierarki pengendalian pada suatu organisasi. Demikianlah keseluruhan planning modul mata kuliah Manajemen Strategik. Diharapkan dengan mengikuti dan mendalami setiap modul yang ada mahasiswa akan mempunyai pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan di bidang administrasi strategik dan bisa mengaplikasikannya dalam konteks organisasi yang nyata.
Selamat belajar, sukses untuk anda, semoga Tuhan YME membukakan pintu ilmu dan kearifan seluas-luasnya bagi kita semua. Amin.
Sumber http://learnmine.blogspot.com
0 Response to "Mata Kuliah Administrasi Strategik"
Posting Komentar