iklan

√ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis Misalnya Lengkap

√ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, & Jenis Serta Contohnya Lengkap – Pasar ?? semua niscaya sudah tau apa itu pasar, ya suatu tempat yang memperjual belikan barang, dan tempat bertemu nya pembeli dan penjual. Untuk lebih jelasnya lagi disini akan mengulas perihal pengertian pasar berdasarkan para ahli, jenis-Jenis Pasar, Ciri-Ciri Pasar, struktur pasar, dan fungsi pasar beserta contohnya. Untuk itu mari lah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 


 ya suatu tempat yang memperjual belikan barang √ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis  Contohnya Lengkap



Pengertian Pasar


Pasar ialah keseluruhan sebuah undangan dan penawaran barang, jasa atau faktor produksi tertentu. Pengertian pasar dalam arti sempit ialah sebuah tempat dimana pada umumnya barang atau jasa diperjualbelikan. Sedangkan dalam pengertian pasar dalam arti luas pasar ialah suatu proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk memilih dan menetapkan suatu harga jual.


 


 


Pengertian Pasar Menurut Para Ahli



1. William J . Stanton 1993


Menurut William J . Stanton menyatakan bahwa pasar ialah suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai impian untuk puas, uang untuk berbelanja , dan kemauan untuk membelanjakan.


 


2. WY.Stanton


menurut WY.Stanton menyatakan bahwa pasar ialah suatu tempat yang terdapat sebuah sistem yang bekerjasama dengan suatu tujuan untuk merencanakan dan memilih harga sehingga sebagai media untuk mempromosikan serta tempat untuk pendistribusian barang dan jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan pembeli .


 


3. H. Nystrom


menurut H. Nystrom menyatakan bahwa pasar ialah suatu acara yang di mana untuk menyalurkan suatu barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.


 


4. Philip dan Duncan adan


Menurut Philip dan Duncan adan menyatakan bahwa pasar ialah suatu tempat yang diliputi oleh semua langkah yang di gunakan atau di butuhkan untuk menempatkan suatu barang yang sifatnya tangible sehabis itu akan di tujukan untuk konsumen.


 


5. Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat atau Amerika Marketing Association


menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat atau Amerika Marketing Association meyatakan bahwa pasar ialah suatu tempat pelaksanaan acara perjuangan perdagangan yang selanjutnya di arahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.


 


 


Ciri-Ciri Pasar


 



  • Adanya calon penjual dan pembeli didalam pasar

  • Adanya suatu barang atau jasa yang hendak diperjual belikan didalam pasar

  • Adanya sebuah Interaksi antara sih penjual dan pembeli baik secara eksklusif maupun tidak langsung

  • Adanya suatu proses undangan dan penawaran oleh kedua belah pihak.


 


 


Jenis-Jenis Pasar


 


Pasar mempunyai jenis-jenis nya, pasar sanggup dibedakan menjadi jenis-jenis pasar berdasarkan sifat dan waktu jadinya, berdasarkan wujudnya, berdasarkan luas jangkauannya, berdasarkan kekerabatan dengan proses produksi, berdasarkan struktur pasar. Berikut ini klarifikasi dari setiap jenis-jenis pasar yang ada dibawah berikut ini :


 


1. Berdasarkan Sifat dan Waktu Terjadinya


Menurut sifatnya pasar dibagi menjadi 4 jenis yaitu :



  • Pasar Harian, ialah sebuah pasar yang kegiatannya dilaksanakan setiap hari. misalnya yaitu :pasar sentral, pasar tanah abang

  • Pasar Mingguan, ialah sebuah pasar yang kegiatannya dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Contohnya : pasar senin dan pasar minggu.

  • Pasar Tahunan, yaitu suatu pasar yang kegiatannya dilaksanakan satu kali dalam setahun. Contohnya : pasar raya jakarta (PRJ).

  • Pasar Temporer, yaitu suatu pasar yang kegiatannya dilaksanakan tidak tentu atau sewaktu-waktu terjadi. misalnya : ekspo dan pasar murah.


 


 


2. Berdasarkan Wujudnya


Jenis pasar berdasarkan wujudnya terbagi menjadi 2 yaitu ;



  • Pasar Konkret (pasar nyata) ialah suatu pasar tempat terjadinya kekerabatan secara eksklusif antara penjual barang dengan calon pembeli. misalnya : pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain.



  • Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), ialah suatu pasar yang di mana antara pembeli dan penjual bertemu, sedangkan barang yang diperjual belikan tidak secara eksklusif sanggup diperoleh oleh pembeli. Jenis pasar ini hanya mengatakan contoh-contoh barang yang akan dijual. Contohnya :yaitu pasar telemarket dan pasar modal.


 


 


3. Berdasarkan luas Jangkauannya


Jenis pasar berdasarkan luas jangkauannya sanggup dibedakan menjadi 3 yaitu :



  • Pasar Lokal ialah sebuah pasar yang kegiatannya dalam bentuk lokal atau kawasan tertentu.

  • Pasar Nasional ialah sebuah pasar sebagai sebuah pertemuan antara penjual dengan pembeli dari banyak sekali kawasan atau wilayah dalam satu negara. Contohnya : pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra dan lain sebagainya.

  • Pasar Internasional ialah suatu pasar untuk pertemuan antara pembeli dengan penjual di banyak sekali negara. Contohnya : pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen, dan pasar Kopi di Amerika.


 


 


4. Berdasarkan Hubungan dengan Proses Produksi


Jenis pasar yang berdasarkan Bentuk proses berdasarkan hubungannya dengan proses produksi sanggup dibedakan menjadi 2 yaitu :



  • Pasar Input (Pasar faktor-faktor produksi) ialah suatu pasar yang memperjual belikan hasil-hasil suatu produksi alam yang berupa hasil pertanian, tanah dan tenaga kerja, serta suatu barang modal.


 



  • Pasar Output (Pasar Produk) ialah suatu pasar yang memperjual belikan suatu barang-barang hasil produksi (dalam bentuk barang jadi).


 


 


5. Berdasarkan Bentuk


Jenis pasar yang berdasarkan bentuk dari struktur pasar sanggup dibedakan menjadi 2 yaitu :



  • Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) ialah suatu pasar yang di mana penjual dan pembeli tidak sanggup mempengaruhi sebuah harga, jadi harga yang ada di pasar benar-benar merupakan suatu hasil akad dan suatu interaksi antara penawaran yang mencerminkan impian produsen.


 



  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Inperfect Competition Market) ialah suatu pasar yang dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai sebuah pasar. Pasar persaingan tidak tepat terbagi menjadi 3 jenis yaitu pasar monopoli, oligopoli, monopolistis. pasar monopoli yaitu sebuah pasar yang bertindak dalam sebagai penentu harga (price market), pasar oligopoli yaitu suatu pasar dimana dalam penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, sedangkan pasar monopolistis yaitu suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak sebuah produsen yang menghasilkan suatu barang dengan jenis yang berbeda.


 


 


 


Struktur Pasar


 


Pasar mempunyai struktur pasar yang akan mengubah tingkah laris dan knerja pasar. Berdasarkan Perbedaan Jumlah Penjual dan Pembeli, akan terbentuk banyak sekali macam struktur pasar, yaitu :


 


1. Pasar Persaingan Sempurna


Pasar persaingan tepat yaitu pasar yang mempunyai 5 syarat utama yaitu sebagai berikut :



  • Yang pertama Jumlah Penjual dan Pembeli Banyak.

    Barang dan Jasa yang diperjual belikan mempunyai sifat homogen. yaitu Barang dan Jasa antara satu penjual dengan yang lainnya sama, tidak ada yang membedakan nya. Contohnya : Sayuran, Ikan, dll.



  • Penjual dan Pembeli Bebas Keluar Masuk Pasar. Yang artinya setiap orang mempunyai hak untuk menjadi penjual atau pembeli pada suatu pasar ini.



  • Dalam Informasi Pasar yang Bersifat Sempurna. Yang artinya sebuah Pedagang mengerti karakteristik barang/jasa yang dijual, dan pembeli sanggup mengetahui keadaan dan kualitas barang yang akan dibeli. Oleh lantaran itu informasinya yang bersifat sempurna, yang sehingga pedagang maupun pembeli tidak akan tertipu.

    Harga nya Terbentuk Di pasar. Yang artinya harga sudah ditentukan dari hasi interaksi penjual dengan pembeli yang berdasarkan kekuatan undangan dan penawaran yang sehingga mencapai suatu harga kesepakatan.


 


 


2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Pasar Persaingan tidak tepat yaitu suatu pasar yang terbentuk bila tidak memenuhi salah satu atau beberapa syarat ada dalam Pasar Persaingan Sempurna. Pasar Persaingan Tidak Sempurna terbagi lagi menjadi beberapa pasar yang mempunyai ciri tersendiri, yaitu :



  • Pasar Monopoli, ialah sebuah pasar yang dikuasai oleh satu orang penjual. Dalam Pasar monopoli ini kekuasaan tertinggi dipegang oleh penjual tersebut lantaran keadaan suatu pasar sanggup eksklusif berubah hanya lantaran suatu tindakan dari penjual tersebut.



  • Pasar Oligopoli, yaitu suatu pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dengan hasil produksi barang/jasa yang sejenis. Yang artinya dalam Pasar Oligopoli ini persaingan untuk barang/jasa tersebut hanya terjadi pada beberapa pada perusahaan tadi. Pasar ini bersaing dengan mengunggulkan produk masing-masing. Persaingan sanggup dilakukan dari segi kualitas produk maupun harga produk.



  • Pasar Persaingan Monopolistik, yaitu suatu pasar yang berada antara pasar monopoli dengan pasar persaingan. Jenis pasar ini tidak memenuhi persyaratan dari barang/jasa yang homogen yang sehingga tidak menjadi pasar persaingan sempurna. Barang/jasa tidak homogen lantaran mempunyai brand yang berbeda-beda yang sehingga harga dan kualitas juga sanggup berbeda. Persaingan dalam pasar ini terjadi antara beberapa penjual dan beberapa pembeli untuk barang yang sejenis.



  • Pasar Monopsoni yaitu suatu pasar yang hanya terdiri dari satu pembeli (tunggal) dan terdiri atas banyaknya penjual. Dalam pasar ini sih Pembeli memunyai tugas lebih dominan. Karena manfaatnya ialah suatu kualitas barang bagus, harga terjangkau, sedangkan dalam keburukannya yaitu produk yang dianggap tidak elok oleh pembeli sering menjadi penyebab terjadinya kerugian pada produsen.Contohnya : peternak sapi yang hanya sanggup menjual hasil susu sapi ke koperasi susu.



  • Pasar Oligopsoni, yaitu suatu pasar yang terdiri atas beberapa orang pembeli (Lebih dari 2) dan banyak penjual (produsen). Dalam jenis pasar ini konsumen lebih dominan, yang sehingga harga sangat dipengaruhi oleh penawaran atau permintaanya. Contohnya : Pasar Kopi, atau tembakau.



 


Fungsi Pasar


 


Pasar sangat penting dalam roda perekonomian sebuah negara, oleh lantaran itu munculah fungsi utama pasar yaitu antara lain.



1. Fungsi Pembentukan Harga


Fungsi pembentukan harga. yang artinya pasar yaitu suatu tempat dalam memilih harga (nilai) suatu barang karna pasar yaitu tempat bertemunya sih penjual dan sih pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar yang sehingga memunculkan sebuah kesepatakan sebuah harga (nilai) barang tersebut.


 


2. Fungsi Distribusi


Fungsi Distribusi. yaitu suatu pasar yang memudahkan suatu acara produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli yang secara langsung.


 


3. Fungsi Promosi


Fungsi Promosi. yaitu suatu tempat yang paling cocok bagi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.


 


4. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja


Selain pedagang dan pembeli, di pasar banya terdapat pihak lain yang terlibat dalam suatu acara ekonomi. yaitu tukang sapu, tukang sampah, ojek, tukang parkir, dll. Oleh lantaran itu sanggup dikatakan bahwa pasar juga mempunyai fungsi sebagai tempat perembesan tenaga kerja.


 


Pasar mempunyai peranan penting di dalam perekonomian indonesia, lantaran pasar mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Itulah ulasan perihal √ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, & 13 Jenis Serta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diualas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian da terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Koperasi : Pengertian, Landasan, Asas Prinsip, Nilai, Tujuan, Jenis & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Macam-Macam, Ciri-Ciri, dan 4 Fungsi Sistem Ekonomi Beserta Dampak nya Menurut Para Ahli Ekonomi Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, dan 2 Macam Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian, Ciri, Tujuan, dan 3 Jenis Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel