iklan

✔ Khasiat Ikan Mas



Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang dimanfaatkan sebagai materi pangan ✔ Khasiat Ikan Mas
Foto : mitalom.com
Khasiat Ikan Mas-Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang dimanfaatkan sebagai materi pangan. Dalam bahasa latinnya, ikan mas dikenal dengan nama Cyprinus carpio. Menurut sejarahnya, ikan mas telah diperlihara semenjak tahun 475 SM di Cina. Ikan Mas (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan yang cukup popular di Indonesia. Dengan lekuk tubuh yang anggun serta harga yang hemat memang menambah nilai plus pada ikan ini. Meskipun tergolong bukan ikan orisinil Indonesia, Goldfish dinilai cukup gampang dibudidayakan.
Ikan mas kemudian menyebar luas dan masuk ke Indonesia pada tahun 1920. Ikan mas mempunyai harga hemat yang cukup tinggi. Di Indonesia sendiri, ikan mas ini telah banyak dibudidayakan dan setidaknya sudah ada 10 ikan mas yang sanggup diidentifikasi menurut karakteristik morfologinya. Ikan mas termasuk kedalam jenis ikan omnivora yang memakan binatang dan tumbuhan mikroskopis. Bentuk dan warna ikan mas ini bermacam-macam. Ada yang mempunyai sisik gelap dan kuning keemasan. Pada ikan mas terdapat kandungan gizi yang sangat menyehatkan tubuh.
Manfaat dan kandungan gizi dari ikan mas yang paling utama yakni protein, mineral, vitamin serta lemak. Ini kandungan dari ikan mas tersebut.
1. Kandungan Omega 3
Kandungan omega 3 pada ikan mas sangat baik, terutama untuk jantung arteri vena (pembentuk sistem kardiovaskular). Omega 3 juga mengontrol detak jantung dan bisa melebarkan pembuluh arteri yang sempet lantaran kelebihan lemak. Mengkonsumsi ikan mas dua porsi/minggu bisa menekan resiko kematian akhir gagal jantung, dengan begitu berarti omega 3 juga berperan dalam mencegah penumpukan lemak dalam tubuh sehingga kolesterol pun ikot terkontrol.
2. Minyak Ikan
Decosa Hexaenoic Acid atau DHA yang terkandung dalam minyak ikan bisa merangsang perkembangan otak, terutama padda anak – anak. Otak yang berkembang akan menciptakan mereka cerdas, memori berpengaruh dan sangat berguru pun tumbuh DHA juga bisa mencegah penyempitan pembuluh darah otak. Untuk orang cukup umur minyak ikan berperan dalam mengontrol kolesterol lantaran memacu keluarnya kolesterol baik atau HDL.
3. Kandungan Lemak
Jumlah lemak pada ikan mas hanya 2 gram. Sehingga konsumsi ikan mas bukanlah sesuatu yang  mengkhawatirkan dengan jumlah lemak yang cukup rendah, ikan mas bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang memicu kolesterol.
4. Mengontrol Berat Badan
Manfaat pertama dari ikan mas ini yakni untuk mengontrol berat badan. Lemak yang terdapat pada ikan mas tergolong rendah. Sehingga sanggup difungsikan dalam menurunkan kadar lemak jahat atau LDL yang berada didalam tubuh. Kaprikornus sajian ikan mas sangat cocok dijadikan sebagai sajian dalam menjalankan aktivitas diet.
Bertambahnya usia sanggup menjadikan daya penglihatan mata menjadi menurun. Untuk menjaga kesehatan sanggup dilakukan semenjak dini sampai tua. Ikan mas ternyata mempunyai kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Dengan adanya asupan vitamin A ini, maka mata sanggup terhindar dari sindrom mata kering, macula dan glaucoma.
5. Mencegah Peradangan
Mengkonsumsi ikan mas juga dipercaya sanggup mencegah terjadinya peradangan. Pada umumnya, peradangan ini menyerang kepingan persendian sehingga menjadikan pembengkakan. Akibatnya, tubuh terasa sakit dan ngilu. Hal tersebut sanggup diatasi dengan mengkonsumsi olahan ikan mas.
6. Menjaga Stamina TubuhMenjaga Stamina Tubuh
Manfaat selanjutnya dari ikan mas yakni untuk menjaga stamina tubuh. Mengkonsumsi ikan mas sebanyak 3 ekor setiap minggunya bisa mempertahankan stamina tubuh.
7. Mengurangi Resiko Aterosklerosis
Aterosklerosis yakni radang pada pembuluh darah insan yang disebabkan penumpukan plak ateromatus. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan dalam mamfaat ikan mas terdapat EPA atau eikosa pentaenoat. Nutrisi tersebut jikalau digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks yang bisa menurunkan kadar zat tubuh. Contohnya ibarat kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein. Adanya asam lemak tak jenuh tersebut berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis.
8. Mencegah Kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Salah satu penyakit mematikan yang menjangkit perempuan yakni kanker payudara. Menurut penelitian terakhir, ikan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara. Beberapa jenis kanker lainya yang bisa diminimalisir oleh ikan yakni kanker usus kolon dan kanker prostat.
9. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis yakni penyakit pengapuran tulang lantaran kekurangan kalsium dan fosfor. Kepadatan tulang berkurang lantaran gaya hidup yang jelek dan kurangnya minum susu dan olahraga misalnya. Cegahlah Osteoporosis dari kini dengan makan ikan Mas.
10. Khasiat Mas untuk Menambah Nafsu Makan
Beberapa orang mencari cara supaya nafsu makannya menurun sehingga tubuhnya tidak mengalami kegemukan. Namun orang lain justru mencari cara menambah nafsu makan. Ternyata caranya p dengan konsumsi ikan Mas. Sebab, ikan ini mempunyai fungsi mengatasi asam lambung yang kerap menjadi biang kerok dari menurunnya nafsu makan.


Sumber http://nindraa.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Khasiat Ikan Mas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel