iklan

✔ Kandungan Dan Manfaat Bengkuang





Bengkuang merupakan buah yang kaya akan banyak sekali zat gizi yang sangat penting untuk keseha ✔ Kandungan Dan Manfaat Bengkuang

Foto : hellosehat.com

Kandungan Dan Manfaat Bengkuang-Bengkuang merupakan buah yang kaya akan banyak sekali zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuan yang paling tinggi ialah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkuang ialah fosfor, zat besi, kalsium dan lain – lain. Bengkuang juga merupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga sanggup menyegarkan badan sesudah mengkonsumsinya dan menambah cairan badan yang dibutuhkan untuk menghilangkan deposit – deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bab tubuh, oleh alasannya ialah itu bengkuang dianggap sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Bengkuang termasuk dalam kategori tumbuhan fitoestrogen yang sangat bermanfaat bagi kaum perempuan terutama bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause, selain itu bengkuang juga baik untuk kesehatan kulit dan sanggup dijadikan sebagai tumbuhan obat alasannya ialah mempunyai kegunaan untuk mengobati wasir, demam, sariawan sekaligus bermanfaat untuk mempertahankan kenormalan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Memang bengkuang sangat populer sebagai salah satu komponen dalam rujak, rasa buahnya yang manis segar dan lembap sangat klop untuk di santap dengan kuah rujak, sehingga banyak orang yang hanya menyantap bengkuang ketika makan rujak, namun sangat jarang sekali dikonsumsi sehari – hari layaknya buah jeruk, apel, dan papaya. Padahal bengkuang banyak khasiatnya bengkuang juga layak dan pantas untuk dijadikan konsumsi buah seharian.

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan banyak sekali zat gizi yang sangat penting untuk keseha ✔ Kandungan Dan Manfaat Bengkuang

Foto : kasanah.id

 bengkuang berasal dari tempat Amerika Tengah dan Selatan terutama didaerah Mexico, suku Aztec memakai biji tumbuhan bengkuang ini sebagai obat – obatan. Kemudian pada kurun ke – 17, spanyol meyebarkan tumbuhan ini ke tempat Phlipina hingga kesudahannya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan semenjak ketika itulah bengkuang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkuang kini ini lebih banyak dibudidayakan didaerah Jawa dan Madura atau didataran randah.

Bengkuang mempunyai dua varietas tanaman, yaitu bengkuang gajah dan bengkuang badur. Pada varietas bengkuang gajaha, bengkuang sudah sanggup di panen pada usia tanam empat hingga lima bulan. Sedangkan pada varietas badur, bengkuang gres sanggup dipanen ketika usia tanamnya berusia tujuh hingga sebelas bulan.

Identifikasi Bengkuang dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

Tanaman bengkuang termasuk kedalam tenaman terna yang merambat dari family leguminosae yang mempunya nama ilmiah Pachyrrhizus erosus. Bengkuang dibudidayakan terutama untuk diambil umbinya. Daun tumbuhan ini majemuk, beranak daun tiga, bunganya tersusun dalam tanda yang panjangnya 15 hingga 25 cm. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empan hingga Sembilan buah biji.

Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk ibarat gasing dan kulitnya gampang dikupas. Daging buahnya berwarna putih, renyah serta menyegarkan alasannya ialah kandungan airnya cukup tinggi, bab dari tumbuhan bengkuang yang sanggup di manfaatkan yaitu akar atau umbinya, biji dan juga tangkainya. Bagian tumbuhan yang sanggup dipakai tersebut juga mempunyai kegunaan obat dan sanggup pula dipakai untuk kecantikan, contohnya saja dibentuk menjadi bedak hambar untuk perawatan kulit wajah semoga terlihat lebih segar dan putih.

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan banyak sekali zat gizi yang sangat penting untuk keseha ✔ Kandungan Dan Manfaat Bengkuang

Foto : 7khasiat.com

Salah satu manfaat dari bengkuang untuk kesehatan ialah mengatur tekanan darah, ini penting bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam buah bengkuang berperan dalam mengatur semoga tekanan darah menjadi normal, kalium akan menciptakan pembuluh darah dan arteri menjadi rilesk. Selain itu, kalium juga sanggup menetralisir dampak sodium, sehingga kadar cairan dalam badan tetap terjaga dan seimbang.

Kalsium merupakan mineral penting yang harus dimiliki oleh tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bengkuang merupakan salah satu yang mengandung cukup kalsium untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi bengkuang sanggup membantu mencegah osteoporosis. Bengkuang tercatat mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencerahkan kulit, meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis dan banyak sekali manfaat lainnya.

Vitamin C selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dari 100 gram terdapat kandungan vitamin C sekitar 24% dari yang dibutuhkN. Vitamin C membantu produksi darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, dengan hat itu proses perlawanan terhadap virus, kuman dan pathogen yang menyerang badan akan menjadi lebih mudah. Tubuh juga akan tahan terhadap penyakit musiman ibarat flu, pilek dan batuk.

Di dalam bengkoang terdapat beberapa kandungan gizi penting antara lain mineral, fitonutrien, dan senyawa organic lainnya. Terdapat pula serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein nabati.


Sumber http://nindraa.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kandungan Dan Manfaat Bengkuang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel