iklan

✔ Berguru Copywriting


Belajar Copywriting

pasti banyak yang salah mengira bahwasannya copywriting yakni copyright ✔ Belajar Copywriting 
Foto : pahlevi.net

Belajar Copywriting-pasti banyak yang salah mengira bahwasannya copywriting yakni copyright, betul kan? Copywriter dengan copywriting yakni dua hal berbeda. Copyright yakni suatu hak dimiliki oleh seseorang secara legal terhadap suatu hasil karya atau sering kita sebut sebagai Hak Cipta sedangkan copywriting adalah?

Pengertian  - Copywriting yakni sebuah teknik menulis yang menghasilkan karya dengan kemampuan kreatif yang sanggup menarik pembaca untuk melaksanakan sesuatu "seperti yang tertulis", atau dalam bahasa sederhananya copywriting yakni goresan pena yang membius pembacanya serta mempengaruhi. Teknik copywriting biasanya dipakai dalam iklan penjualan atau pemasaran dalam brosur, katalog, artikel, email marketing, video promosi, website dll.

Pengertian - Copywriter yakni sebuah profesi dalam sebuah pekerjaan menyerupai diperiklanan atau advertising yang tugasnya menulis naskah iklan media cetak, media TV & radio. Atau secara sederhana copywriter yakni orang yang melaksanakan copywriting, ^ingat untuk membedakan copywriting dengan copywriter.

pasti banyak yang salah mengira bahwasannya copywriting yakni copyright ✔ Belajar Copywriting 
Foto : genproperwira.blogspot.com

Pentingnya Copywriting

Secara sederhana copywriting dilakukan untuk kepentingan bisnis demi peningkatan omset penjualan barang maupun jasa, dimana goresan pena atau quote unik akan menciptakan calon konsumen berfikir dikala membaca goresan pena hasil copywriting, dengan begitu dibutuhkan biar terjadi transaksi.

Tujuan Copywriting

Tujuan copywriting yakni membentuk sikap membeli dan terpenuhinya pesan penjualan, untuk mencapai tujuan dari copywrting, copywriter harus mengerti akan struktur serta tujuan copywriting yaitu:
·         Mengubah
·         Informasi
·         Persuasif
·         Bertenaga gerak
·         Memiliki penyelesaian akhir

Contoh Copywriting Sukses

Berikut ini yakni referensi copywriting sukses di sekitar kita tanpa kita sadari :

Walaupun goresan pena atau semboyannya serba pendek, namun sanggup menjadikan sensasi aneh bagi setiap pembacanya. Seorang copywriter dibayar menurut hasil karya copywriting buatannya, artinya dengan sepatah dua patah kata saja seorang copywriter mendapat upah / bayaran (mungkin sanggup membiayai hidupnya untuk 1 hari 1 ahad 1 bulan bahkan mungkin setahun penuh).

Copywriting sanggup dikatakan sukses apabila :
·         Attention sanggup menarik perhatian audience
·         Interest sanggup menarik minat audience
·         Desire sanggup mensugesti impian audience
·         Conviction sanggup menawarkan keyakinan pada audience
·         Action sanggup mensugesti audience hingga audience melaksanakan tindakan sesuai kehendak dari pesan ilkan tersebut.

pasti banyak yang salah mengira bahwasannya copywriting yakni copyright ✔ Belajar Copywriting 
Foto : kontenesia.com

 Dalam dunia periklanan, copywriting haruslah selalu memadukan kekuatan mata dan telinga. Copywriting media cetak perlu menekankan pada mata biar pembaca sanggup menilai pesan dari goresan pena yang dibacanya, sedangkan copywriting media audio harus memanfaatkan kekuatan ears catcher atau indera pendengaran untuk media visual televisi copywritimg harus memanfaatkan kekuatan keduanya yaitu mata dan telinga.

Membuat Copywriting Yang Baik

Copywriting dimaksudkan untuk menciptakan menarik perhatian sekaligus mengomunikasikan pesan kepada khalayak ihwal suatu Brand, Produk, Maupun Informasi, dan tentunya terdapat standar umum dalam menciptakan copywriting.

Sebuah Copywriting harus :

1.      Jujur, bertanggung jawab, tidak bertentangan dengan hokum dalam periklanan Indonesia.
2.      Tidak boleh memakai kata – kata yang sanggup menyinggung perasaan dan merendahkan martabat negara, agama, susila, adat, budaya, suku dan golongan.
3.      Bersaing dengan sehat.

Kategori Copywriting

Copywriting merupakan goresan pena berkarakter dimanapun tempatnya, dalam media cetak, iklan TV, radio dll. berikut ini kategori copywriting secara umum:

1. Print Ad (Iklan Media Cetak)
Ø  Kekuatan pada headline, copy dan visualisasi yang berkarakter, serta unik.
Ø  Perlu ketelitian, jangan hingga terjadi kesalahan penulis usahakan teleti kembali sebelum naik cetak.

2. TV Commersial (Iklan TV)
Ø  Audia visual, kekuatan terletak pada keyword dengan memakai sound effect dan visualisasi atraktif.
Ø  Dengan kemampuan teknik audio visual tempatkan diri sebagai copywriter dengan kemampuan menulis skenario film.

3. Radio Commercial (Iklan Radio)
Ø  Kekuatan radio commercial terletak pada dialog, monolog dengan sound serte sound effect atraktif.
Ø  Copywriter harus mempunyai imajinasi tinggi biar pendengar bisa terbawa dan berimajinasi ihwal kejadian sebenarnya.

4. Below The Line
Ø  Aktifitas promo dengan memakai media lini untuk menjelaskan sebuah wangsit atau konsep.
Ø  Media ini menawarkan kesempatan audiens untuk berinteraksi pribadi referensi : event  + ponit of sale.

5. Advertorial
Ø  Penyajian bentuk iklan, copywriter menciptakan iklan dengan bahasa jurnalistik yang menyajikan bahan secara persuasif. Bahasa jurnalistik mencakup Judul, Batang badan karangan, Penutup, Stuktur penulisan.

6. Brosur, Leaflet dan Sejenisnya
Ø  Brosur atau pamflet merupakan kategori copywriting dengan gambaran mengenai produk atau jasa. Dalam brosur atau pamflet akan menjelaskan ihwal kualitas serta aksara produk / jasa.

Jenis Copywriting

Dalam copywriting tentunya seorang copywriter harus mempunyai rancangan serta gaya penyampaian dalam hasil karyanya, untuk itu beberapa hal harus diperhatikan, beberapa jenis kata copywriting antara lain :

1. Eksploratif dan informative
Mengulas atau menawarkan informasi produk / jasa dengan penekanan, memakai kata-kata akurat. Kata dihentikan bermakna ganda, menguatkan gambaran dan memperlihatkan fakta sebenarnya.

2. Naratif
Berbentuk dongeng narasi, mengulas produk atau jasa dengan bercerita. Gunakan bahasa semenarik mungkin yang sanggup dipahami audiens. Pilihlah kata dengan kandungan unsur imajinasi sehingga sanggup menciptakan audiens tertarik dengan tetap mengutamakan kebenaran dan fakta.

3. Argumentatif
Menggunakan pendapat yang sanggup mensugesti audiens secara alami, terang & nyata. Gaya atau jenis kata memperlihatkan kelebihan dari produk  biar audiens terpengaruh kemudian membenarkan informasi yang disampaikan.

4. Retoris
Menggunakan kata yang mengungkapkan kebenaran ihwal produk atau jasa tanpa mengharapkan komentar. Penyampaian pesan ini sanggup disampaikan dengan cara : animation, humor, testimonial scile of life.



Sekian pembahasan kali ini tentang Copywriting yang Profesional. Semoga artikel yang sedikit ini menawarkan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jikalau berkenan mau menambahi atau ingin mengembangkan dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.^…^

Sumber http://nindraa.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Berguru Copywriting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel