✔ Cara Menciptakan Daftar Pustaka Dengan Cepat Dengan Aplikasi Mendelay
MEMPERSIAPKAN DATABASE REFERENSI PADA MENDELEY DESKTOP
Pada seri kedua dari penggunaan perangkat lunak Mendeley untuk administrasi acuan ini akan membahas mempersiapkan database acuan pada Mendeley desktop, memasukkan dokumen ke dalam database secara manual maupun secara otomatis, melaksanakan impor acuan dari suatu situs web, serta melaksanakan sinkronisasi data.
Memulai Mendeley
Sebelum sanggup memakai aplikasi Mendeley Desktop, hal yang harus dilakukan ialah melaksanakan pendaftaran sebagai pengguna Mendeley. Registrasi sanggup dilakukan secara gratis. Untuk melaksanakan registrasi, buka alamat https://www.mendeley.com/ pada browser kemudian klik icon Create free account. Calon pengguna hanya perlu memasukkan gosip nama, alamat email, dan password saja, menyerupai diperlihatkan pada Gambar 1.
1
Atau Silahkan Registrasi Di Website Mendelay
Gambar 1. Registrasi pengguna Mendeley
Setelah pengguna melaksanakan pendaftaran maka aplikasi Mendeley Dekstop siap untuk digunakan. Gambar 2 memperlihatkan tampilan awal sesudah aplikasi Mendeley Desktop pertama kali dibuka. Pengguna tinggal memasukkan alamat email dan password yang dipakai pada ketika melaksanakan registrasi. Dialog tersebut hanya akan muncul sekali apabila pilihan Stay signed in diaktifkan
2
Gambar 2. Dialog sign in
Mempersiapkan database referensi
Langkah berikutnya yang perlu dilakukan sebelum mengelola acuan memakai Mendeley Desktop ialah mempersiapkan database referensi. Berikut aktifitas yang kita lakukan ketika mempersiapkan database referensi:
Menambahkan dokumen ke dalam database secara otomatis maupun manual
Mengimpor acuan dari format lain
Mengimpor acuan dari web
Melakukan sinkronisasi data
Menambahkan dokumen ke dalam database
Mendeley menyediakan beberapa cara untuk menambahkan dokumen atau acuan ke dalam database-nya, baik secara otomatis maupun manual. Sebelum menambahkan dokumen, supaya pengelolaan acuan sanggup dilakukan secara lebih terstruktur maka disarankan untuk menciptakan folder untuk menampung dokumen menurut pengelompokan tertentu. Folder gres sanggup dibentuk melalui sajian File – Add Folder atau melalui icon pada toolbar menyerupai digambarkan pada Gambar 3.
3
Gambar 3. Icon add forlder pada toolbar
Untuk menambahkan dokumen secara otomatis sanggup dilakukan dengan salah satu dari beberapa cara berikut:
Melalui sajian File – Add Files. Dokumen yang ditambahkan memakai pendekatan ini akan dimasukkan pada folder yang sedang aktif. Gambar 4 memperlihatkan sebuah dokumen sudah ditambahkan pada folder aktif, yaitu PKM PGRI. Pilih folder tujuan apabila dokumen akan ditambahkan ke folder tertentu.
4
Tanda Kotak Merah Adalah folder aktif yang berisi makalah word atau pdf
Gambar 4. Sebuah dokumen telah ditambahkan pada folder aktif
Melalui sajian File – Add Folder. Pada prinsipnya fungsi Add Folder serupa dengan Add Files, letak perbedaanya pada Add Folder akan dipilih folder yang berisi dokumen yang akan diimpor. Semua dokumen yang ada dalam folder yang ditentukan akan diimpor ke dalam database referensi.
Menggunakan teknik Drag and drop. Untuk memakai teknik ini pastikan folder tujuan sudah dipilih sebelum dokumen ditambahkan. Drag dokumen yang akan ditambahkan dari Explorer (pada Microsoft Windows) atau Finder (pada Apple MacOS) kemudian drop dokumen tersebut pada bab reference list.
Memanfaatkan fungsi Watch Folder. Mendeley sanggup dikonfigurasi untuk selalu memonitor dokumen yang tersimpan pada folder tertentu pada harddisk. Setiap ada dokumen gres yang ditambahkan pada folder tersebut secara otomatis akan Mendeley akan menambahkannya ke dalam database referensi. Fungsi Watch Folder sanggup diaktifkan dengan menentukan sajian File – Watch Folder.
.
Memanfaatkan Mendeley Research Catalog. Katalog Riset Mendeley menyediakan koleksi acuan yang sangat besar, sebagian darinya merupakan open access articles sehingga dokumen yang diacu oleh acuan tersebut sanggup diunduh. Katalog ini sanggup diakses pada alamat https://www.mendeley.com/research-papers/. Pengguna sanggup mencari dokumen memakai kata kunci tertentu, selanjutnya klik icon Save reference to library atau Save PDF to library menyerupai diperlihatkan pada Gambar 5.
5
Gambar 5. Menambahkan dokumen dari Mendeley Research Catalog
Selain menambahkan dokumen secara otomatis, Mendeley juga menyediakan fungsi untuk menambahkan acuan secara manual. Fungsi ini diharapkan pada ketika acuan yang akan ditambahkan tidak tersedia dalam bentuk softcopy atau tidak informasinya tidak sanggup ditemukan di internet, sehingga tidak dimungkinkan melaksanakan impor data. Untuk masalah menyerupai itu, pengguna sanggup mengakses sajian File – Add Entry Manually kemudian memasukkan gosip terkait acuan tersebut satu demi satu menyerupai ditunjukkan pada gambar 6.
6
Kotak Merah besar menunjukan bahwa jurnal atau makalah yang kita upload , sanggup di edit keyword eksklusif dalam mendelay
Gambar 6. Memasukkan acuan secara manual
Mengimpor acuan dari format lain
Bagi pengguna yang sebelumnya pernah memakai perangkat lunak acuan administrasi selain Mendeley, data acuan yang sudah tersimpan sebelumnya sanggup diimpor ke dalam Mendeley dengan mudah. Mendeley mendukung beberapa format standar, yaitu BibTex, EndNote, RIS, atau Zotero. Fungsi impor juga bermanfaat apabila terdapat sebuah acuan di internet yang hanya menyediakan salah satu dari keempat format tersebut. Sebagai contoh, terdapat sebuah buku teks berjudul “Information systems development: methodologies, techniques and tools” yang akan dimasukkan ke dalam database Mendeley. Hasil pencarian di Google scholar memberikan gosip lengkap dari buku teks tersebut, menyerupai terlihat pada gambar 7. Untuk mengimpor acuan tersebut, sanggup dilakukan dengan meng-klik mouse pada Tanda "" di sebelah bintang, kemudian lakukan klik kiri pada mouse kemudian akan muncul link BibTex dan menentukan Save link as pada sajian yang tersedia. Simpan dengan format .bib kemudian lakukan impor terhadap file tersebut dengan menentukan sajian File – import – BibTex (*.bib) pada Mendeley. Semua gosip mengenai buku tersebut secara otomatis ditambahkan ke dalam database referensi.
7
Gambar 7. Mengimpor acuan dari format BibTex atau EndNote
Mengimpor acuan dari web
Seringkali dalam mempersiapkan sebuah publikasi ilmiah dipakai acuan yang hanya tersedia pada website tertentu di internet, contohnya menyerupai technical report. Mendeley menyediakan fungsi untuk melaksanakan impor dari acuan di web ke dalam database referensi. Sebelum memakai fungsi ini, terdapat sebuah plugin yang harus di-install. Proses instalasi plugin ini sanggup dilakukan dengan menentukan sajian Tools – Install web importer. Setelah instalasi berhasil dilakukan akan terdapat sebuah bookmark gres pada browser internet yang berfungsi untuk mengimpor acuan dari web ke dalam Mendeley, menyerupai diperlihatkan pada gambar 8. Misalkan terdapat sebuah technical report berjudul “Lossles Compression of ECG signals: Performance Analysis in a Wireless Network” yang terdapat pada url http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:235955/FULLTEXT01.pdf. Setelah membuka url tersebut pada browser internet, pengguna sanggup men-klik sajian Save to Mendeley, selanjutnya akan muncul sajian untuk melaksanakan login ke situs Mendeley. Setelah melaksanakan login, pengguna sanggup menambahkan gosip sesuai dengan kebutuhan contohnya tag atau keywords, menyerupai diperlihatkan pada gambar 8. Apabila semua gosip sudah dimasukkan, langkah terakhir ialah tinggal meng-klik tombol save.
8
Kemudian Aktifkan Extension Mendeley
Gambar 8. Mengimpor acuan dari web
Melakukan sinkronisasi data
Selain menyimpan semua gosip yang terdapat pada database acuan pada harddisk lokal, mendeley juga menyimpan salinan dari gosip tersebut di penyimpanan online. Fasilitas ini memudahkan susukan ke database acuan pada ketika pengguna bekerja dengan komputer yang bukan miliknya. Proses sinkronisasi akan mensinkronkan database acuan lokal dengan yang tersimpan di penyimpanan online. Proses sinkronisasi dilakukan secara kondusif alasannya ialah semua komunikasi antara komputer lokal dengan server Mendeley dilakukan secara terenkripsi. Sinkronisasi juga memungkinkan Mendeley untuk memperlihatkan update terkait dengan acuan terkini sesuai dengan isi database acuan pengguna. Proses sinkronisasi dilakukan dengan cara meng-klik icon Sync pada toolbar, menyerupai ditunjukkan pada gambar 9.
9
Gambar 9. Sinkronisasi dengan server Mendeley
Sumber http://vindiadiguna.blogspot.com
0 Response to "✔ Cara Menciptakan Daftar Pustaka Dengan Cepat Dengan Aplikasi Mendelay"
Posting Komentar